POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASEAN dan Tiongkok memperkuat hubungan melalui budaya Hainan

Tempo.co, Jakarta – Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Tiongkok berupaya meningkatkan hubungan melalui budaya Hainan serta pelabuhan yang saat ini sedang dibangun di provinsi tersebut.

Secara geografis, Hainan berbatasan dengannya [to Southeast Asia]Ada banyak warga Hainan yang mengunjungi Asia Tenggara dan bahkan berdomisili di wilayah tersebut. [Hainan and Southeast Asia] Sekretaris Jenderal Pusat ASEAN-Tiongkok Shi Zhongjun mengatakan bahwa Hainan memiliki sejarah budaya yang panjang, yang menjadikan Hainan sebagai pelabuhan bebas bagi Tiongkok dan mungkin merupakan pelabuhan eksperimental untuk menghubungkan kedua wilayah. Antara Di Beijing pada Minggu malam, 27 Agustus 2023.

Shi Zhongjun menyampaikan informasi antara “Grab Gigitan dari Pelabuhan Perdagangan Bebas – Acara Pertukaran Pangan dan Budaya Hainan Dan ASEAN. Melalui acara tersebut, anggota ASEAN dan masyarakat Hainan bertukar makanan, termasuk sate ayam Indonesia, dan pameran “Lee Brocade”, tekstil tradisional masyarakat Li, kelompok etnis minoritas Hainan.

Hainan adalah pulau tropis seluas 33.210 kilometer persegi yang terletak di bagian paling selatan Tiongkok, dan berbatasan dengan Vietnam.

Menurut Zhong Jun, hubungan antara ASEAN dan Tiongkok telah meningkat selama beberapa dekade terakhir.

Awal tahun ini, kita menyaksikan pencapaian lain [ASEAN-China] Hubungan. Selama tujuh bulan pertama, total nilai perdagangan bilateral mencapai 519 miliar dolar AS dan diperkirakan akan mencapai 1 triliun dolar AS sepanjang tahun ini, berkat penerapan penuh Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional dan percepatan pembangunan. FTA Tiongkok-ASEAN 3.0. kata Zhong Jun.

Zhongjun juga menyebutkan bahwa program pendidikan, acara kebudayaan, dan inisiatif pariwisata mengalami pemulihan yang pesat setelah epidemi, sehingga mendorong pemahaman, apresiasi, dan persahabatan antara ASEAN dan Tiongkok.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Fungsi Politik KBRI Beijing Erwansyah Mukhlis mengatakan ASEAN akan terus berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui kepresidenan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023.

READ  “Keputusan belum tiba…”: Menteri Luar Negeri Vinay Quatra tentang aplikasi Mesir untuk keanggotaan BRICS | berita India

“Karena pelabuhan memainkan peran penting dalam perdagangan global, kita perlu mendorong lebih banyak diskusi dan pertukaran praktis antar pelabuhan perdagangan bebas di kawasan. Selain itu, peningkatan konektivitas antar pelabuhan juga penting untuk pengembangan perdagangan bebas di kawasan,” Irwansyah berkata. .

Antara

klik disini Untuk update berita terkini dari Tempo di Google News