POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASEAN dan Amerika Serikat sepakat untuk mengintensifkan kerja sama dalam mitigasi perubahan iklim

Amerika Serikat mendukung ASEAN untuk memperkuat kapasitas infrastrukturnya secara berkelanjutan untuk produk medis penting dan penelitian bersama.

Jakarta (Andara) – KTT Khusus ASEAN-AS merilis Laporan Visi Bersama ASEAN-AS yang menekankan komitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang strategis, termasuk upaya pemulihan epidemiologi dan mitigasi perubahan iklim.

“Sebagai koordinator, Indonesia melakukan pembicaraan tentang pernyataan visi bersama,” kata Menteri Luar Negeri Redno Marsudi dalam rilis berita yang dikeluarkan online, Sabtu.

Di bawah upaya bersama untuk pemulihan epidemi dan regresi kesehatan regional, KTT menyetujui Inisiatif Kesehatan ASEAN-AS.

“Amerika Serikat mendukung ASEAN untuk memperkuat kemampuan infrastrukturnya secara berkelanjutan untuk produk medis penting dan penelitian kolaboratif,” katanya.

Untuk tujuan ini, kerjasama dan keterkaitan ekonomi telah ditingkatkan untuk memperkuat rantai pasokan peralatan medis, obat-obatan, vaksin dan produk pertanian serta untuk memperkuat konektivitas regional.

Untuk memitigasi perubahan iklim, kedua belah pihak akan mengalokasikan dana melalui Masa Depan Iklim AS-ASEAN untuk mendukung kontribusi yang ditentukan secara nasional (NDC) kepada negara-negara anggota ASEAN.

Selain itu, kemitraan antara sektor publik dan swasta didorong untuk mempercepat transisi ke energi bersih melalui pembiayaan, pembiayaan campuran, dan transfer teknologi.

ASEAN dan Amerika Serikat sepakat untuk meningkatkan kerjasama pendidikan, termasuk kerjasama antara universitas dan institusi, melalui program Billion Futures, yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan, pelatihan guru dan pengarusutamaan gender.

Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama maritim dengan memperkuat koordinasi antara lembaga penegak hukum di bidang maritim field awareness (MDA), pencarian dan penyelamatan (SAR), keamanan maritim dan illegal, unregulated, unregulated (IUU) fishing.

Dalam pertemuan tersebut, dicapai kesepakatan kebijakan untuk mempromosikan kemitraan ASEAN-AS mulai dari kemitraan strategis hingga kemitraan strategis yang komprehensif.

READ  Para pemimpin keuangan G20 tertarik untuk memutuskan dukungan untuk epidemi

KTT Khusus ASEAN-AS mempertemukan para pemimpin ASEAN, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Presiden Joko Widodo.

“Kehadiran Bapak Presiden (Djokovic) pada KTT ASEAN-AS akan memperkuat kerja sama yang kuat antara ASEAN dan Amerika Serikat untuk memastikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik,” kata Mersudi.

Berita Terkait: Djokovic mempromosikan kerja sama ASEAN-AS dalam mitigasi perubahan iklim
Berita Terkait: Djokovic memberi pengarahan kepada CEO AS tentang potensi ekonomi digital Indonesia
Berita Terkait: CEO AS perlu membangun kerja sama yang solid dengan G20: Djokovic