POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

AS memberi sinyal kemajuan, namun tidak ada kesepakatan, dalam perundingan ekonomi Indo-Pasifik

Negosiasi mengenai pengaturan kerangka ekonomi Indo-Pasifik pemerintahan Biden di Kuala Lumpur selama 10 hari terakhir telah mencapai kemajuan di bidang perdagangan, energi bersih, dan anti-korupsi, kata Departemen Perdagangan AS dan Kantor Perwakilan Dagang AS pada hari ini. Rabu.

Namun pernyataan bersama mereka yang dikeluarkan setelah perundingan putaran 15-24 Oktober tidak merinci kesepakatan apa pun yang dicapai antara negara-negara peserta, dan hanya merujuk pada “kemajuan yang dicapai dalam negosiasi menuju hasil tingkat tinggi.”

Perundingan IPEF adalah fokus dari upaya Presiden AS Joe Biden untuk meningkatkan keterlibatan ekonomi dengan Asia untuk bersaing dengan Tiongkok setelah pendahulunya Donald Trump menarik diri dari perjanjian perdagangan pan-Pasifik pada tahun 2017. Namun negosiasi tersebut tidak memiliki pemotongan tarif. dan ketentuan akses pasar AS yang diinginkan banyak negara Asia.

Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong mengatakan awal bulan ini bahwa ia berharap perundingan tersebut akan menghasilkan pengumuman mengenai beberapa “pilar Forum Internasional untuk Lingkungan Hidup dan Pasifik” pada saat Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik yang diselenggarakan oleh AS (Asia-Pacific Economic Cooperation) ( KTT para pemimpin APEC) diadakan di San Francisco. 11-17 November.

Sumber yang mengetahui perundingan tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa kesepakatan mengenai pilar perdagangan terbatas kemungkinan tidak akan selesai pada pertemuan puncak tersebut, namun mungkin ada kesepakatan mengenai bahasa yang disertakan dalam pilar energi bersih, dekarbonisasi, dan anti-korupsi.

Pernyataan Perwakilan Dagang dan Perdagangan AS pada hari Rabu tidak menunjukkan apakah pengumuman akan dibuat pada KTT APEC, namun mengatakan bahwa Amerika Serikat “akan terus bekerja dengan mitra IPEF dan berpartisipasi dalam putaran perundingan tatap muka tambahan pada tahun 2023.”

READ  Mag yang kuat gempa bumi 6.2 - Laut Banda, 38 km timur laut Lospalos, MUNICIPIO de Lautem, Timor Leste, pada hari Jumat 27 Mei 2022 pukul 11:36 (GMT +9)

Dia menambahkan bahwa rincian perundingan putaran berikutnya akan diumumkan kemudian.
Sumber: Reuters (Laporan oleh David Lowder, Disunting oleh Toby Chopra dan Chizuo Nomiyama)