POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Art Robb, pendiri rekaman khusus yang membantu membentuk musik rock, meninggal di 104

Art Rob, pendiri merek R&B terkemuka Catatan Khusus yang merilis klasik awal oleh artis seperti Richard kecilmemasak dan Harga Lloydpada usia 104 tahun.

Yayasan Arthur N. rampok mengumumkan Kematiannya Jumat, menambahkan bahwa Rob meninggal di rumahnya di Santa Barbara, California. Tidak disebutkan penyebab kematiannya.

Sebagai pendiri dan produser di Specialty Records di Los Angeles, Rupe mengawasi sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas lagu-lagu yang menjadi fondasi rock ‘n’ roll: “Tutti Frutti” milik Little Richard, Lawdy Miss Clawdy dari Price, dan Guitar Slim untuk The Things I Used to Do” (Diproduksi dan diaransemen oleh Ray Charles), “Bonnie Moroni” Larry Williams dan “Daisy Miss Lizzie”, The Beatles terkenal karena meliput yang terakhir.

Rob, lahir Arthur Goldberg pada 5 September 1917, dibesarkan di pinggiran kota di luar Pittsburgh. Yayasan tersebut mengatakan, “Rob tumbuh di lingkungan McKeesport yang beragam secara etnis dan ras dan mengembangkan minat yang besar pada musik Rhythm ‘n’ Blues dan Gospel.” “Jadi dia memilih untuk mengkhususkan diri pada apa yang kemudian disebut ‘race record’, musik yang dibuat oleh dan untuk orang Afrika-Amerika.”

Selama Perang Dunia II, Rob bekerja pada kru teknik yang menguji kapal Liberty di Los Angeles. Setelah perang, Robb tinggal di kota mencoba masuk ke Hollywood terlebih dahulu, berdasarkan Washington PostKemudian industri musik. Pada tahun 1944, Rupe mendirikan Juke Box Records—yang merilis single regional Sepia Tones “Boogie #1″—sebelum dia berpisah dari label itu dan menemukan rekamannya sendiri, Special Records, pada tahun 1946.

Setelah pertama kali berfokus pada gospel dan blues—termasuk hit nomor satu Joe Liggins “Pink Champagne” pada tahun 1950—spesialisasi mulai berfokus pada “rekor balapan” yang menarik bagi orang kulit hitam dan kulit putih: Terinspirasi oleh kesuksesan Fats Domino, Rupe melakukan perjalanan ke New Orleans dan Lloyd Price yang berusia 17 tahun ditemukan; Selain lagu-lagunya sendiri di Specialty, Price juga merekomendasikan agar Little Richards mengirim demo ke label, sambil mengizinkan Richard untuk membeli dirinya sendiri dari dekade sebelumnya.

READ  Sinopsis The Real Housewives Of Orange County Season 16 Episode 2

Meskipun beberapa hits nomor satu, Specialty berjuang di pertengahan 1950-an sampai kedatangan “Tutti Frutti,” sebuah kubah rock-and-roll yang — dengan bantuan produser khusus Robert “Bumps” Blackwell — diubah menjadi platinum. smash dan rock ‘n’ roll klasik. Richard juga akan merilis single “Good Golly, Miss Molly” dan “Long Tall Sally” dan debut LP 1957 Ini Richard Kecil pada label khusus.

Rupe menandatangani remaja Sam Cooke to Specialty sebagai anggota grup Injil The Soul Stirrers, yang menjadi hit pada tahun 1950 dengan membawakan lagu “Jesus Gave Me Water,” yang ditambahkan ke National Recording Registry di Library of Congress pada tahun 2020 .

Namun, dalam kesalahan yang jarang terjadi dalam karir legendaris Rob, dia tidak setuju dengan pendekatan Cook terhadap musik sekuler, yang menyebabkan penyanyi meninggalkan label. Cook kemudian menandatangani kontrak dengan Keen Records pada tahun 1957 dan meluncurkan karir solonya dengan serangkaian lagu hit yang dimulai dengan single You Send Me; Menyusul kesuksesan single tersebut, Specialty Rush merilis “I’ll Get Back To You” milik Cooke yang telah direkam tahun sebelumnya untuk Specialty.

Pada awal 1960-an, Rob melewatkan kesempatan serupa untuk mengontrak kuartet muda Inggris yang sedang tur dengan Little Richard di Inggris, The Beatles. Pada saat itu, Rob menjadi kecewa dengan industri musik dan malah fokus pada perusahaan minyak dan gas yang ia dirikan.

Pada tahun 2011, Rupe dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, pemenang Ahmet Ertegun Award, di mana Lloyd Price melantik kepala mereknya ke Cleveland Foundation. “Rock ‘n’ roll seperti yang kita tahu tidak akan ada tanpa Art Rupe,” Rock Hall Dia berkata tentang kehormatans.

READ  Album baru NCT Dream Talk "Hot Sauce" dan Mark's Triumphant Return

“Dia membawa R&B dan Soul ke arus utama dan meluncurkan karir Little Richard. Etika kerja Rob yang menantang dan intuisi musik yang superior membentuk evolusi musik rock.”