POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang perlu diketahui tentang Varian Covid baru yang dijuluki ‘Eris’

Apa yang perlu diketahui tentang Varian Covid baru yang dijuluki ‘Eris’

  • Varian EG.5, yang dijuluki “iris,” adalah jenis baru COVID-19 yang dominan di Amerika Serikat, menurut Center for Disease Control.
  • per a Center for Disease Control Per laporan, peningkatan kasus COVID baru-baru ini sebagian besar disebabkan oleh varian yang lebih baru ini.
  • Para ahli menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang gelombang terbaru COVID.

Sayangnya, para ahli mengatakan COVID tidak akan hilang dalam waktu dekat. baru alternatif Yang mengkhawatirkan, varian EG.5 tidak resmi yang disebut “Eris,” dapat bertanggung jawab atas peningkatan kasus baru-baru ini di seluruh negeri. Tetapi hanya karena jenis baru ini mendapatkan momentumnya, yakinlah itu tidak berarti itu akan menyebabkan infeksi yang lebih buruk, katanya. David Sinimo, MDseorang ahli penyakit menular dan profesor kedokteran dan pediatri di Rutgers New Jersey Medical College.

Varian ke-5, varian Omicron, menyumbang proporsi terbesar infeksi COVID-19 baru secara nasional, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), karena beberapa bagian negara melaporkan gelombang pertama virus mereka dalam beberapa bulan. Secara keseluruhan, pada minggu lalu, EG.5 diharapkan mencapai 17,3% kasus COVID-19 secara nasional — lebih banyak daripada varian atau variabel lainnya — naik dari 7,5% selama minggu pertama bulan Juli.

EG.5 menyertakan strain dengan subset varian yang ditetapkan sebagai EG.5.1, yang secara informal bernama “Eris”. Para ahli mengatakan EG.5 adalah salah satu sub-varian yang tumbuh paling cepat di seluruh dunia (kemungkinan besar karena mutasi yang berpotensi lebih menular) dengan cepat menyebabkan lebih banyak infeksi daripada varian dan sub-varian lainnya.

Apa itu EG.5, atau varian “Eris”?

EG.5 adalah varian dari virus SARS CoV-2 yang sekarang tampaknya mulai mengendalikan infeksi AS dengan COVID-19, kata Dr. Sinimo. keturunan EG.5 Strain XBB yang merupakan keturunan Omicron”kata Dr. Sinimo Singkatnya, virus terus berevolusi, dan EG.5 adalah mutasi terbaru.

READ  Jumlah infeksi menular seksual di Amerika Serikat melonjak ke rekor tertinggi pada tahun 2020 | berita AS

Seberapa menular EG.5?

Dilihat dari tingkat orang yang lebih tinggi dengan varian ini, mungkin sedikit lebih menular daripada jenis sebelumnya, dia berspekulasi. Sharon Nachman, MD, Kepala Penyakit Menular Anak di Rumah Sakit Anak Stony Brook. “Namun, sulit untuk mengatakan secara pasti karena kami benar-benar tidak memiliki persentase dari setiap varian di seluruh negeri. Ini sangat penting karena kami tidak menguji semua pasien, sehingga lebih banyak orang mungkin memiliki varian lain, tetapi kami tidak menghitungnya atau kita tidak menyadarinya.”. Setiap wilayah di Amerika Serikat memilikinya Tarif berbeda untuk setiap variandan menambahkan.

Haruskah saya khawatir tentang EG.5?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja menamai EG.5 a variabel bunga. Namun, Dr. Sinimo mengatakan varian EG.5 tidak terlihat jauh berbeda dengan varian yang beredar saat ini. Artinya, kami belum melihat peningkatan keparahan infeksi, dan tampaknya tidak lebih menular. Dia menambahkan bahwa jika jenis ini menjadi lazim, itu juga tidak berarti akan menyebabkan infeksi yang lebih buruk.

Bagaimana cara membedakan EG.5 dengan varian lain?

Jawaban singkatnya adalah EG.5 secara klinis tidak dapat dibedakan dari bentuk SARS-CoV-2 lainnya, katanya. Amish A. Adalja, MD, seorang rekan senior di Johns Hopkins Center for Health Security. Artinya, strain ini terlihat dan terasa sangat mirip dengan infeksi subvarian Omicron dan Omicron lainnya.

Gejala EG.5 tampaknya sama dengan jenis sebelumnya, kata Dr. Sinimo, “dan Anda memerlukan laboratorium penelitian untuk membedakan bentuk ini dari infeksi COVID lainnya; tes standar kami akan tetap positif dengan varian apa pun. .”

Apa saja gejala varian EG.5?

Saat ini, gejala varian EG.5 sepertinya tidak berbeda dengan strain sebelumnya, kata Dr. Nachman. Ini termasuk sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan URI [upper respiratory infection] gejala, dan demam ringan.”

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb baru saja mengukur laju perluasan alam semesta. Para astronom bingung. Peringatan sains

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, lebih lanjut Gejala umum COVID-19tetap:

  • demam atau menggigil;
  • batuk
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • kelelahan
  • Nyeri otot atau tubuh
  • sakit kepala
  • Kehilangan rasa atau bau baru
  • sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Mual atau muntah
  • Diare

Apakah ada vaksin untuk melawan EG.5?

itu Vaksin yang akan digunakan musim gugur ini Termasuk semua varian XBB, kata Dr. Nachman. 5 atau Eris adalah salah satu dari beberapa varian sub-Omicron yang terkait erat yang bersaing untuk mendapatkan dominasi dalam beberapa bulan terakhir dan merupakan keturunan dari garis keturunan XBB.

Meskipun tidak ada vaksin khusus yang menargetkan varian ini, vaksin saat ini masih akan mencegah penyakit parah apa pun, kata Dr. Adalja.

Apakah EG.5 meningkatkan risiko COVID yang berkepanjangan?

Kami tidak memiliki data spesifik tentang orang atau variabel yang mungkin terkait dengan Anda COVID panjangkata Dr. Nachman. “Mengaitkan risiko COVID yang panjang dengan tekanan yang beredar saat ini adalah kerangka waktu yang sangat singkat pada saat ini.” Namun, yang kami miliki adalah data menarik yang menunjukkan bahwa vaksinasi mengurangi risiko tertular COVID untuk waktu yang lama, bahkan di antara mereka yang tertular virus setelah vaksinasi, catatnya.

garis bawah

Varian baru akan terus bermunculan — begitulah cara kerja evolusi virus — tetapi kemungkinan tidak menyebabkan masalah sebesar varian sebelumnya karena tingkat kekebalan populasi yang melindungi dari penyakit parah, kata Dr. Adalja. Selain antivirus seperti Paxlovid Ini bekerja dengan sangat baik terlepas dari variabelnya, seperti yang disebutkan.

Seperti semua jenis COVID lainnya, penyakit ini sangat menular, kata Dr. Nachman. “Jadi jika Anda dapat dites dan Anda terkena COVID, tolong hentikan penularan virus ini dengan tidak pergi bekerja atau sekolah. Jika Anda tidak dapat tinggal di rumah dan Anda memiliki COVID, harap pertimbangkan masker ketika kamu keluar dari rumah.”

READ  Gejala variabel Omicron: Bagaimana Anda tertular COVID?

Artikel ini akurat pada saat publikasi. Namun, dengan pesatnya perkembangan pandemi COVID-19 dan pemahaman komunitas ilmiah tentang virus corona, beberapa informasi mungkin telah berubah sejak terakhir kali diperbarui. Meskipun kami bertujuan untuk selalu memperbarui semua cerita kami, silakan kunjungi sumber daya online yang disediakannya Center for Disease ControlDan daridan milikmu Dinas kesehatan masyarakat setempat Untuk tetap mendapat informasi tentang berita terbaru. Selalu berbicara dengan dokter Anda untuk saran medis profesional.

buatan, perlindunganAsisten Editor, Sejarah penulisan kesehatannya berasal dari pengalamannya sebagai asisten editorial di WebMD, dan dari penelitian pribadinya di universitas. Dia lulus dari University of Michigan dengan gelar di bidang biopsikologi, kognisi, dan ilmu saraf – dan membantu menyusun strategi untuk sukses secara keseluruhan perlindunganPlatform media sosial untuk.