POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ANTARA Heritage Center diresmikan oleh Menteri BUMN Dohir

ANTARA Heritage Center diresmikan oleh Menteri BUMN Dohir

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir pada Selasa (14 Mei) meresmikan kompleks ANTARA Heritage Center (AHC) di Jakarta Pusat yang berfungsi sebagai kantor pusat Kantor Berita ANTARA dan museum jurnalistik.

Menyadari peran ANTARA dalam ekosistem jurnalisme nasional, Dohir berharap kantor berita tersebut dapat beradaptasi dengan tuntutan industri jurnalisme modern dan menciptakan tonggak sejarah baru bagi jurnalisme Indonesia.

“Saya yakin AHC tidak akan sekedar mengulang sejarah, tapi menciptakan sejarah baru melalui kolaborasi dan inovasi. Hal ini akan kita bangun dengan komitmen kita untuk terus berbenah dan berinovasi guna memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat,” kata Menkeu di sini.

Dia mengatakan salah satu tantangan utama dalam industri jurnalisme adalah memberikan pemberitaan yang akurat, penyampaian yang cepat, dan klarifikasi informasi yang salah, yang harus dilakukan ANTARA.

Menkeu juga menegaskan, kebebasan pers sangat penting dalam memajukan persatuan bangsa Indonesia.

Dohir berharap AHC dapat menjadi lembaran baru dalam sejarah, destinasi wisata pers di Jakarta, dan media edukasi, pencerahan, pemberdayaan, dan penyampaian pesan-pesan nasionalis kepada negara ANTARA.

ANTARA juga harus menjadi hub strategis bagi pemangku kepentingan terkait dalam mengembangkan keterampilan jurnalistik, terutama ketika kantor berita tersebut mengoperasikan Sekolah Jurnalistik ANTARA, ujarnya.

BERITA TERKAIT: ANTARA Mendukung Politik Nasionalis dalam Distribusi Berita

Sementara itu, Direktur Utama Kantor Berita ANTARA Ahmet Munir mengatakan AHC akan meningkatkan jumlah destinasi wisata terkait pers di Indonesia.

“Kami berharap AHC dapat menjadi inspirasi dan menjadi media nasional pertama yang menjadikan ANTARA sebagai destinasi wisata di Indonesia,” kata Munir.

ANTARA Heritage Center, kompleks bangunan bersejarah bersertifikasi kelas A berusia 107 tahun di Pasar Baru, Jakarta Pusat, baru-baru ini direvitalisasi untuk memenuhi permintaan lapangan kerja saat ini dan statusnya sebagai kantor berita Indonesia. AHC terdiri dari Griya Aneta, Graha ANTARA dan kantor penghubung.

READ  Sorotan Strategi: Masyarakat Konservasi Taronga

Sejarah kompleks ini dapat dilihat di sayap barat AHC, Gedung Aneta — yang dibangun oleh maestro media Hindia Belanda Dominique Willem Baretti pada tahun 1917 sebagai markas kantor berita Aneta.

Kompleks ini mempunyai peranan penting dalam sejarah Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan pertama kali disiarkan ke dunia dari gedung Graha Antara saat ini.

Kompleks ini berada di bawah kepemilikan ANTARA sejak tahun 1962, ketika Presiden Soekarno memerintahkan penyerahan gedung bekas Kantor Berita Aneta dan Kantor Berita Domei Kekaisaran Jepang kepada ANTARA.

Berita terkait: Menteri mendesak ANTARA beradaptasi dengan dinamika industri jurnalisme