POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Angkatan Laut sedang mempersiapkan 12 kapal perang untuk keamanan KTT G20

Jakarta (Antara) – TNI AL telah melengkapi 12 kapal perang untuk mengamankan KTT G20 yang dijadwalkan digelar di Bali pada November 2022.

“Sementara ini kita siapkan 12 kapal perang, dan setelah itu kita akan tunjuk Panglima Armada II Laksamana TSNB Hutabarat sebagai Pangdam untuk pengamanan laut,” kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono. , kata setelah serah terima jabatan. Upacara Komandan Armada dari Wakil Laksamana Abdul Rashid kepada Laksamana Muda Pahlawan Cosmanto di Komando Armada Pertama di sini Selasa.

Menurut Margono, rencana pengamanan KTT G20 masih dibahas Panglima TNI Jenderal Andika Percasa.

Margono mengatakan, kepemimpinannya telah membahas beberapa kapal perang yang akan dikirim untuk rencana keamanan KTT G20.

Dia juga mengisyaratkan kemungkinan keamanan dari kapal perang negara lain yang delegasinya berpartisipasi dalam KTT G-20.

“(Ini) karena ini wilayah Indonesia, dan tentu akan kita kuasai. Di sektor maritim ini, kita akan mengatur posisi kapal perang asing, dan posisi kapal perang (kita) yang berpatroli,” ujarnya. dicatat.

Ia mencontohkan, ini sudah menjadi kesepakatan internasional, di mana negara tuan rumah memiliki kapal-kapal dari negara lain yang menjaga kepala negaranya di wilayah negara tuan rumah, kemudian negara tuan rumah mengatur patroli.

KTT G-20 ke-17 akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022. KTT tersebut akan menjadi puncak dari proses dan upaya intensif selama kerja G-20 pertemuan tingkat menteri, kelompok kerja dan kelompok keterlibatan di seluruh Indonesia sepanjang tahun. kepresidenan.

Tema Indonesia untuk Kepresidenan G20 2022 adalah “Recovering Together, Recovering Stronger”, yang merupakan seruan pemerintah kepada dunia untuk bahu membahu, saling mendukung untuk pulih bersama, dan tumbuh lebih kuat secara berkelanjutan.

READ  Pentingnya Merancang Kebijakan Transisi Energi End-to-End - Sabtu, 16 Juli 2022

Berita Terkait: Pemerintah Bali memberi pengarahan kepada delegasi India tentang persiapan KTT G20

Tiga isu prioritas utama yang diangkat dalam pertemuan tersebut adalah infrastruktur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital dan ekonomi.

G20 merupakan forum kerjasama multilateral yang melibatkan 19 negara besar dan Uni Eropa. G-20 menyumbang lebih dari 60 persen populasi dunia, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen produk domestik bruto dunia.

Anggotanya termasuk Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, Cina, Turki, dan Uni Eropa.

Berita Terkait: Raja Salman menghadiri KTT G20 Bali: Menteri Perdagangan Saudi