POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Angkatan Laut Kontroversial Maserati, Papua Nugini, dibeli seharga $ 6 juta, ditawarkan untuk dijual dengan diskon


Angkatan Laut Maserati Quattroportez Dibeli oleh pemerintah Papua Nugini dan ditawarkan untuk dijual dengan diskon besar. Sebuah armada 40 sedan mewah Italia diimpor untuk membawa pejabat ke KTT Forum Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2018.

Setiap mobil berharga lebih dari K500.000 ($ 142.000), dengan total K20m ($ 5,7 juta). NS BBCLaporan pada saat itu mencatat bahwa Papua Nugini adalah salah satu negara termiskin di APEC, dengan kurang dari 40 persen penduduknya hidup dengan kurang dari $1 per hari, menurut PBB.

Namun, tidak hanya biaya pembelian yang tinggi bagi pemerintah, hal itu juga menimbulkan pertanyaan. Pilihan kendaraan terutama membuat alis terangkat karena Pulau Maserati tidak disebutkan secara resmi di tanah air.

Pembela Informasi bahwa Maserati dibeli dari dealer Srilanka Dan diterbangkan ke Tanah Air via jumbo jet. Selain 40 Maserati, tiga taji terbang Bentley juga dibeli.

Terkait: Entah bagaimana Papua Nugini kehilangan 300 mobil mewah setelah KTT APEC

Pada tahun 2015, BMW mensponsori lebih dari 200 kendaraan untuk KTT di Filipina, setelah mobil tersebut dijual ke publik. Tetapi dengan tidak adanya dealer Maserati di Papua Nugini, pengaturan sponsor serupa tidak mungkin dilakukan. Para menteri mengatakan mobil-mobil itu akan “dijual seperti kue panas”, tetapi, tiga tahun kemudian, hanya dua yang terjual.

Setahun setelah KTT, ada kekhawatiran bahwa pemerintah telah kehilangan mobil, yang menyebabkan menteri keuangan dan sekarang perdana menteri untuk menunjukkan semua 40 mobil kepada wartawan. Namun, 300 mobil lagi Toyota Land Cruiser, Ford, Mastas dan Mitsubishi Pajeros yang diimpor untuk KTT “hilang”.

“Kalau kita punya visi, Maserati tidak akan dibeli sejak awal,” kata Menteri Keuangan John Bandari. “Kami melakukan kesalahan besar. Jika Anda tidak memiliki dealer Maserati di PNG, tidak ada alasan untuk membeli Maserati,” katanya.

READ  Ribuan rumah masih terendam di provinsi Jawa Timur, Indonesia

Bandari mengumumkan bahwa mobil-mobil ini akan ditawarkan kepada publik dengan harga diskon K400.000 ($114.000).

Foto AirBridgeCargo Airlines