POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

'Anda sedang bersemangat': Gautam Adani memuji R Prajanananda karena mengalahkan peringkat 2 dunia Fabiano Caruana

'Anda sedang bersemangat': Gautam Adani memuji R Prajanananda karena mengalahkan peringkat 2 dunia Fabiano Caruana

R Praggnanandhaa dengan Gautam Adani© X (Twitter)




Ketua Grup Adani Gautam Adani pada hari Minggu memuji pemain catur remaja India R Praggnanandhaa setelah kemenangan menakjubkannya atas peringkat satu dunia Magnus Carlsen dan peringkat dua dunia Fabiano Caruana dalam kompetisi catur Norwegia yang sedang berlangsung. Bintang catur remaja India R Pragananadhaa melanjutkan dominasinya dalam kompetisi catur Norwegia yang sedang berlangsung dengan mengalahkan peringkat dua dunia Fabiano Caruana di ronde kelima dalam pertandingan catur klasik pada Sabtu malam. Dengan kemenangan ini, ia mengalahkan peringkat satu dunia Magnus Carlsen dari Norwegia dan peringkat dua dunia Caruana dalam catur klasik untuk pertama kalinya.

“Prajnananda sungguh luar biasa! Mengalahkan peringkat 1 dunia Magnus Carlsen dan peringkat 2 dunia Fabiano Caruana dalam Catur Klasik di #NorwayChess sungguh luar biasa. Anda telah mencapai kesuksesan besar dan Anda baru berusia 18 tahun! Jaga agar triwarna tetap terbang tinggi . Semoga yang terbaik untukmu, @”rpraggnachess!”, kata Adani di akun X resminya.

Turnamennya dalam kompetisi berkelanjutan juga menempatkannya di sepuluh besar peringkat dunia FIDE.

Pemain berusia 18 tahun itu mengalahkan Carlsen di ronde ketiga. Dengan menggunakan bidak putih, runner-up Piala Dunia Catur tahun lalu berkompetisi dengan beberapa gerakan cerdas melawan Carlsen untuk meraih kemenangan.

Di awal karirnya, Praganandha meraih beberapa kemenangan atas Carlsen dalam pertandingan catur cepat dan kilat.

Hanya sehari setelah mencatat kemenangan Klasik pertamanya atas juara dunia lima kali Magnus Carlsen, pemain ajaib India Pragnananda R kalah dari petenis Amerika Hikaru Nakamura pada putaran keempat Kejuaraan Catur Norwegia 2024 di SpareBank 1 SR-Bank pada hari Kamis.

Nakamura menunjukkan persiapan yang luar biasa melawan Pragnananda, yang mengorbankan seorang ksatria dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan pertandingan. Nakamura yang sudah menduga pengorbanan diri tersebut, bermain sempurna dan meraih kemenangan meyakinkan hingga naik ke puncak klasemen keseluruhan.

READ  Jordan Paul mendukung Therese Halliburton sebagai Pemain Terbaik NBA

Di sisi lain, adik Praha, Vaishali, melanjutkan penampilan dominannya dengan mengalahkan Pia Crumling yang legendaris, meningkatkan keunggulannya menjadi total 8,5 poin.

Grandmaster catur India Hampi mengalami kekalahan pada pertandingan klasik melawan Anna Muzychuk di babak keempat. Dalam pertandingan menarik lainnya dari Kejuaraan Catur Wanita Norwegia, Gu Wenjun mengalahkan rekan senegaranya Li Tingjie di tie-break Armageddon keempat turnamen tersebut.

Juara lokal Carlsen mengalahkan Fabiano Caruana dengan tipis di acara utama catur Norwegia untuk meraih tiga poin. Caruana mempunyai peluang emas untuk memperkecil jarak antara dirinya dan Carlsen menjadi hanya empat poin, namun pertandingan yang awalnya tenang, berubah drastis di penghujung pertandingan. Carlsen memanfaatkan keunggulan kecil, akhirnya mengklaim kemenangan ketika Caruana melakukan pelanggaran hanya dengan beberapa detik tersisa.

Sementara itu, Alireza Firouzja mengejutkan juara dunia Ding Liren dengan meraih tiga poin penting sebelum hari istirahat.

Kejuaraan Catur Norwegia 2024 dimulai dengan awal yang dinamis, mempertemukan para pecatur elit dunia dalam turnamen berkualitas tinggi dalam kompetisi yang dimulai pada 27 Mei dan akan berlangsung hingga 7 Juni di SpareBank 1 SR-Bank.

Tahun ini, turnamen ini tidak hanya mencakup Kejuaraan Catur Norwegia yang terkenal, tetapi juga Kejuaraan Catur Wanita Norwegia, sebuah turnamen khusus wanita yang menampilkan pemain wanita terbaik dunia. Kedua turnamen mengikuti sistem liga ganda 6 pemain dengan hadiah uang yang sama, menggarisbawahi komitmen terhadap kesetaraan gender dalam catur, menurut siaran pers dari Catur Norwegia.

(Cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan dibuat secara otomatis dari feed sindikasi.)