POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Analisis baru mengenai Mekanisme Antikythera menantang asumsi yang telah berusia seabad

Analisis baru mengenai Mekanisme Antikythera menantang asumsi yang telah berusia seabad

Perbesar / Bagian dari Mekanisme Antikythera, yang berasal dari sekitar tahun 205 SM, disimpan dalam koleksi Museum Arkeologi Nasional di Athena.

Gambar Seni Rupa/Gambar Warisan/Gambar Getty

Inspirasi perangkat dengan nama yang sama ini adalah film yang dirilis tahun lalu. Indiana Jones dan Cakram TakdirItu adalah artefak yang sebenarnya: Mekanisme Antikythera, yaitu komputer mekanik perunggu berusia 2.200 tahun. Dia tidak memiliki kekuatan penjelajah waktu yang misterius, tetapi perangkatnya memilikinya dia punya Astronomi telah menjadi subjek penelitian ilmiah yang ketat selama beberapa dekade dan diyakini telah digunakan untuk memprediksi gerhana dan menghitung posisi planet.

A Kertas baru Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Horological Journal menemukan bukti bahwa mekanisme cincin kalender dirancang untuk melacak kalender lunar berdasarkan teknik statistik yang berasal dari fisika, khususnya studi tentang gelombang gravitasi. Hal ini bertentangan dengan asumsi selama satu abad di kalangan mekanik bahwa cincin kalender memiliki 365 lubang dan karenanya mengikuti kalender matahari, namun sejalan dengan kesimpulan analisis tahun 2020.

“Ini adalah simetri yang elegan sehingga kami mengadaptasi teknik yang kami gunakan untuk mempelajari alam semesta saat ini untuk memahami lebih banyak tentang mekanisme yang membantu manusia melacak langit hampir dua milenium lalu.” kata rekan penulis Graham Wan“Kami berharap temuan kami tentang Mekanisme Antikythera, meskipun kurang mengesankan dibandingkan temuan Indiana Jones, akan membantu kami memperdalam pemahaman kami tentang bagaimana perangkat luar biasa ini dibuat dan digunakan oleh orang Yunani.”

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang penyelam spons asal Yunani bernama Elias Stadiatis menemukan bangkai kapal kargo kuno pada tahun 1900 di lepas pantai pulau Antikythera di Yunani. Dia dan penyelam lainnya telah menemukan semua jenis artefak dari kapal. Setahun kemudian, seorang arkeolog bernama Valerius Stadiatis sedang mempelajari apa yang dia pikir adalah sepotong batu yang ditemukan dari kapal karam ketika dia melihat roda gigi terkubur di dalamnya. Ternyata itu adalah alat mekanis kuno. Mekanisme Antikythera Sekarang terletak di Museum Arkeologi Nasional di Athena.

READ  NASA dan SpaceX menghentikan peluncuran Dragon untuk mempelajari masalah hidrazin

Pada tahun 1951, seorang sejarawan sains Inggris bernama Derek J. D. Soula Price mulai menyelidiki mekanisme teoritis perangkat tersebut. Berdasarkan gambar sinar-X dan sinar gamma dari fragmen tersebut, Price dan fisikawan Charalambos Karakalos menerbitkan makalah tersebut Kertas 70 halaman Pada tahun 1959 di Transaksi American Philosophical Society. Berdasarkan gambar-gambar tersebut, mereka berhipotesis bahwa mekanisme ini telah digunakan untuk menghitung pergerakan bintang dan planet, menjadikannya komputer analog pertama yang diketahui.

Mekanisme Antikythera menginspirasi judul tersebut
Perbesar / Mekanisme Antikythera menginspirasi “Disc of Destiny” di film Indiana Jones tahun 2023.

Disney/Lucasfilm

Michael Wright, Kurator Teknik Mesin di Science Museum di London, Itu menjadi berita utama Pada tahun 2002, Wright memperoleh gambar sinar-X baru yang lebih detail dari perangkat tersebut, yang diambil dengan tomografi garis. Analisis Wright yang cermat mengungkapkan adanya roda gigi pusat tetap di roda utama mekanisme tersebut, di mana roda gigi bergerak lainnya dapat berputar. Dia menyimpulkan bahwa perangkat tersebut dirancang khusus untuk memodelkan gerakan “melingkar”, sesuai dengan gagasan Yunani kuno bahwa benda langit bergerak dalam pola melingkar yang disebut sikloid. (Ini terjadi sebelum Copernicus, jadi titik tetap di mana ia bergerak diperkirakan adalah Bumi.)

Pada tahun 2021, tim interdisipliner di University College London (UCL) yang dipimpin oleh insinyur mesin Tony Frith, Profesor Emeritus di UCL, mempresentasikan model komputasi baru, yang mengungkapkan Tampilan yang mengesankan Dari alam semesta Yunani kuno. Upaya tim dibangun berdasarkan pekerjaan Wright sebagai bagian dari proyek yang sedang berjalan Proyek penelitian tentang Mekanisme Antikytherayang melakukan pencitraan sinar-X 3D tercanggih dengan bantuan X-Tek Systems dari Inggris dan Hewlett-Packard, di antara perusahaan lainnya. Gambar terungkap Versi asli Yunani ini menegaskan bahwa itu adalah komputer astronomi yang digunakan untuk memprediksi posisi benda langit di langit. Kemungkinan besar mekanisme Antikythera pernah berisi 37 roda gigi, 30 di antaranya masih tersisa, dan bagian depannya berisi gradasi yang menunjukkan siklus matahari dan zodiak, serta indikator yang menunjukkan posisi matahari dan bulan.

READ  Kesadaran Kanker Payudara: Kylie McEnany, Jerry Willis dan Jackie DeAngeles, Fox News, pelajari kebenaran tentang diagnosis