POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amerika Serikat dan Prancis sedang mempersiapkan panggilan telepon antara Biden dan Macron – Psaki – Dunia

Washington, 21 September. Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pada briefing reguler Selasa bahwa Amerika Serikat dan Prancis sedang dalam tahap akhir konsultasi untuk panggilan telepon antara Presiden Joe Biden dan Emmanuel Macron.

“Dia. Dia [conversation] Ini akan segera terjadi. Kami sedang berhubungan dengan tim Macron mengenai finalisasi detail dan timeline untuk ini. Presiden berharap dapat berbicara dengannya untuk menegaskan kembali komitmen kami terhadap kemitraan dan aliansi jangka panjang dan untuk terus bekerja sama dalam berbagai masalah penting, termasuk keamanan di Indo-Pasifik.”

Biden dan Macron diperkirakan akan mengadakan pembicaraan untuk membahas keluhan Prancis tentang AUKUS, pakta keamanan baru yang ditandatangani oleh Australia, Inggris, dan Amerika Serikat. Perjanjian tersebut menetapkan bahwa Australia akan menggunakan teknologi AS dan Inggris untuk membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir, yang pertama diharapkan siap pada tahun 2036, sementara angkatan bersenjatanya akan menerima rudal jelajah AS.

Langkah ini mendorong Canberra untuk membatalkan kontrak pertahanan utama dengan Prancis, menyebabkan kemarahan di Paris. Kemudian Prancis memanggil duta besarnya untuk Amerika Serikat dan Australia untuk berkonsultasi. Pihak Prancis menggambarkan tindakan London sebagai “perwujudan oportunisme”.

Sementara itu, China telah memperingatkan bahwa Universitas Amerika Kosovo akan memperburuk perlombaan senjata baru, dan telah meminta anggota aliansi untuk menolak mentalitas Perang Dingin dan keputusan geopolitik yang berpikiran sempit.

READ  Airbnb untuk sementara akan menampung 20.000 pengungsi Afghanistan