POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ahli saraf mengatakan: “Sindrom Ramsay Hunt dapat diobati, tetapi temui dokter cukup dini.”

Beberapa hari setelah membatalkan tiga pertunjukan di tur dunianya, penyanyi pop Kanada Justin Bieber Diumumkan pada hari Sabtu (11 Juni) bahwa Dia mengalami kelumpuhan wajah sementara. Dia mengatakan dia harus membatalkan tanggal turnya karena dia “secara fisik, jelas tidak bisa datang.”

Dalam sebuah video Instagram, Bieber mengungkapkan bahwa ia memiliki kondisi yang disebut ‘Sindrom Ramsay HuntYang kiri sisi kanan wajahnya lumpuh total. “Anda lihat, mata ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya ini … jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya ini,” katanya.

Apa itu sindrom Ramsay Hunt?

Sindrom Ramsay Hunt, atau herpes zoster auricular, adalah gangguan neurologis langka yang biasanya menyebabkan kelumpuhan saraf wajah dan ruam yang umumnya mempengaruhi telinga atau mulut. Kadang-kadang menyebabkan telinga berdenging atau tinitus dan gangguan pendengaran.

Premium Ekspres terbaik
bagus sekali
Penjelasan: Apa itu indeks lingkungan, dan mengapa India mempertanyakannya?bagus sekali
Apa yang harus dilakukan India untuk melindungi hubungannya dengan dunia Islam?bagus sekali
Apa yang Ditawarkan IPEF India: Peluang, Negosiasi Sulitbagus sekali

Kondisi ini disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster pada orang dewasa – virus varicella-zoster. Ini umumnya terjadi ketika penyebaran herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat telinga Anda. Sindrom ini diketahui meninggalkan ruam yang menyakitkan, dan juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran pada kasus yang lebih serius.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah pos dibagikan oleh Justin Bieber (@justinbieber)

Vivek Kumar, Direktur Senior Neurologi, Max Super Specialty Hospital, Patparganj mengatakan, “Sindrom Ramsay Hunt tidak jarang terjadi di India karena sebagian besar dari kita pernah menderita cacar air di beberapa titik dalam hidup kita. Apa yang terjadi adalah penyakitnya kambuh tetapi itu virus tidak hilang populasi yang lebih tua berisiko tetapi dapat muncul Gejalanya juga pada anak-anak.”

READ  Shefali Shah tentang pengalamannya tentang seksisme yang melekat pada mertua: "Ketika Vipul pergi untuk pemotretan, tidak ada yang bertanya ..."

Apa saja gejala sindrom Ramsay Hunt?

Ini dimulai dengan bintik merah yang dapat menyebabkan ruam terus-menerus, kata Dr. Kumar. Terkadang ruam mencapai gendang telinga, saluran telinga, daun telinga, lidah, dan atap mulut di sisi saraf yang terkena. Saat kondisi berlanjut, ada air mata di mata, kelemahan wajah, penyimpangan dari saraf (Anda mungkin tidak dapat menutup salah satu mata atau mulut Anda dengan makanan yang menetes dari samping), sakit telinga, dan gangguan pendengaran. Anda juga pusing.

Apakah sindrom Ramsay Hunt menular? Apa alasan untuk itu?

Tidak, tetapi reaktivasi virus dapat menyebabkan serangan cacar air pada orang yang belum pernah menderita penyakit ini atau telah divaksinasi. “Kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini, tetapi pemicu paling umum untuk sindrom ini adalah stres dan kekebalan yang rendah,” kata Dr. Kumar.

Bisakah sindrom Ramsay Hunt diobati?

“Ini sangat dapat diobati dan pemulihan dapat memakan waktu dua hingga tiga minggu. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter dalam waktu tiga hari sejak timbulnya gejala, jika tidak, kelemahan yang tersisa dapat mengganggu Anda untuk jangka waktu yang lebih lama,” tambah Dr. Kumar. Orang dengan Ramsay Hunt biasanya diresepkan obat antivirus dan dalam kasus yang lebih serius, steroid. Dalam sebuah postingan Instagram, Bieber mengatakan telah melakukan latihan wajah agar bisa pulih lebih cepat.

Apa yang Anda lakukan jika kondisi tersebut berlangsung lama?

Dr. Kumar menyarankan agar kita menghindari penundaan. Dan hanya dalam kasus ketika kondisinya sangat beragam, pasien diminta untuk memperhatikan tanda-tanda tertentu. “Dalam kasus yang rumit, satu mata mungkin tidak menutup dengan benar. Oleh karena itu, Anda harus menghindari cedera pada kornea dan menjaga mata yang terkena dilumasi. Yang terbaik adalah memakai penutup mata jika memungkinkan. Terkadang, mata dapat terpengaruh sedemikian rupa. sehingga tampak seolah-olah mengedipkan mata saat melakukan fungsi tertentu. Wajah seperti makan. Terkadang pasien mengeluh gangguan pendengaran sementara. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati kondisi ini sesegera mungkin. Jika tidak, akan berdampak pada diri orang tersebut. -kepercayaan diri.

READ  Buku Bayangan dan Tulang vs Seri Netflix | Apa yang telah mereka ubah?