POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ada pertarungan kepemimpinan yang sedang terjadi di dalam badan pengawas pertambangan laut dalam

Ada pertarungan kepemimpinan yang sedang terjadi di dalam badan pengawas pertambangan laut dalam

Pemilihan Sekretaris Jenderal berikutnya dapat menimbulkan konsekuensi ekonomi dan lingkungan yang besar bagi pertambangan laut dalam, jika peraturan tersebut akhirnya disetujui. Piagam ISA memberi orang yang memegang peran ini wewenang atas operasi badan administratif organisasi tersebut dan Sekretaris Jenderal menegosiasikan kontrak dengan perusahaan pertambangan.

Pencalonan Lodge muncul pada hari Minggu dalam sebuah catatan diplomatik dari Kiribati, negara anggota Aliansi Internasional untuk Asia dan Pasifik, sebuah negara kepulauan kecil di Pasifik Selatan, yang mengumumkan akan mensponsori pencalonan Lodge.

Kandidat Sekretaris Jenderal biasanya disponsori oleh negara kebangsaan mereka: Inggris mensponsori masa jabatan pertama Lodge sebagai Sekretaris Jenderal (walaupun pemilihannya untuk masa jabatan kedua, yang terjadi di bawah “prosedur diam-diam” selama pandemi Covid-19, adalah jelas kurang signifikan). Delegasi Brasil juga mengajukan proposal serupa kepada Carvalho, pejabat UNEP di Nairobi, pada bulan Maret.

Masa jabatan empat tahun kedua Lodge dijadwalkan berakhir pada bulan Desember. Juru bicara ISA menolak mengonfirmasi bahwa Lodge mencalonkan diri kembali. Pejabat dari Kiribati tidak menanggapi permintaan komentar.

“Kiribati menganggap Michael Lodge berada di posisi yang tepat untuk melanjutkan pekerjaan luar biasa yang telah dia lakukan hingga saat ini,” menurut nota diplomatik yang dikirimkan negara tersebut ke negara-negara anggota PBB, yang diperoleh oleh Kiribati. Bloomberg Hijau. Kiribati menguasai konsesi pertambangan, yang berarti mereka akan menerima royalti dan pembayaran lainnya jika hasil penambangan dasar laut terus berlanjut.

Jika Carvalho terpilih pada bulan Juli, kemungkinan besar hal ini akan mewakili perubahan nyata dari pemerintahan Lodge, yang meremehkan penolakan lingkungan terhadap penambangan logam mulia di ekosistem laut dalam dan menuai kritik karena kedekatannya dengan kontraktor penambangan yang diatur oleh ISA.

READ  Armada Bayangan menghadapi jalan yang sulit untuk mencapai Api Penghancur

Inggris pada bulan Oktober menyerukan pelarangan penambangan laut dalam, bergabung dengan dua lusin negara anggota Aliansi Pertambangan Internasional lainnya, yang mendukung pelarangan atau jeda sampai dampaknya terhadap lingkungan dapat dipahami.

(Ditulis oleh Todd Woody)