POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

5 planet akan berbaris di langit awal bulan ini

Dimulai pada dini hari Jumat, 3 Juni, lima planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan sejajar dalam urutan planet.

Fenomena langka ini belum terjadi sejak Desember 2004, dan tahun ini jarak antara Merkurius dan Saturnus akan semakin kecil, Menurut Sky & Telescope.

Majalah luar angkasa mengatakan para pengamat bintang akan membutuhkan teropong mereka bersama dengan pandangan yang jelas ke ufuk timur untuk melihat Merkurius di dekat awal bulan. Saat bulan Juni berlangsung, Merkurius akan menjadi lebih terang dan lebih mudah dilihat, menurut Diana Henekainen, Observing Editor di Sky & Telescope.

Dia menambahkan bahwa sisa planet harus selalu terlihat dengan mata telanjang.

Dia mengatakan waktu terbaik untuk melihat lima planet adalah 30 menit sebelum matahari terbit. Malam sebelum Anda berencana untuk melihat keselarasan, periksa Saat matahari terbit di daerah Anda.

Beberapa pengamat bintang sangat antusias dengan peristiwa langit, termasuk Hanekainen. Dia melakukan perjalanan dari rumahnya di barat Boston ke kota tepi laut di sepanjang Samudra Atlantik untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna dari keselarasan.

“Saya akan berada di sana dengan teropong saya, melihat ke timur dan tenggara dan memotong semua jari tangan dan kaki saya sampai bersih,” kata Henekäinen.

Anda tidak perlu melakukan perjalanan untuk melihat acara tersebut karena acara tersebut akan terlihat oleh orang-orang di seluruh dunia.

Pengamat bintang di belahan bumi utara dapat melihat planet-planet dari ufuk timur hingga ufuk tenggara sedangkan yang berada di belahan bumi selatan harus melihat di sepanjang ufuk timur hingga ufuk timur laut. Satu-satunya persyaratan adalah langit yang cerah di arah alinyemen.

Jika Anda bangun dan cuaca menghalangi langit, Anda tidak perlu khawatir, kata Hannekainen.

READ  Seorang kru NASA memulai misi simulasi ke Mars untuk mempelajari isolasi dan pengurungan

“Teruslah melihat-lihat sepanjang bulan Juni dan begitu Anda memiliki pagi yang cerah, keluarlah dan nikmati pemandangan ini,” katanya.

Bulan bergabung dengan pesta

Selain kelima planet tersebut, bulan sabit juga akan sejajar antara Venus dan Mars pada 24 Juni mendatang.

Gunung berapi purba mungkin telah menciptakan sumber daya langka bagi penjelajah bulan

Henekäinen mengatakan bahwa tidak seperti hari-hari sebelumnya, penyelarasan langit khusus ini dapat dilihat pada jam sebelum matahari terbit.

Pada hari berikutnya, bulan akan melanjutkan orbitnya mengelilingi Bumi, membuatnya tidak sejajar dengan planet-planet, katanya.

Jika Anda melewatkan penyelarasan lima planet secara berurutan, yang berikutnya akan terjadi pada tahun 2040, menurut Sky & Telescope.

Akan ada tujuh bulan purnama lagi pada tahun 2022, menurut kalender petani kuno:
  • 14 Juni: Bulan Stroberi
  • 13 Juli: Pak Mun
  • 11 Agustus: Sturgeon Moon
  • 10 September: Harvest Moon
  • 9 Oktober: Bulan Pemburu
  • 8 November: Bulan Berang-berang
  • 7 Desember: Bulan Dingin
Ini adalah nama-nama umum yang terkait dengan bulan purnama bulanan, tetapi signifikansi dari masing-masing bulan mungkin juga Ini bervariasi menurut suku asli Amerika.

Gerhana bulan dan matahari

Akan ada lagi gerhana bulan total dan gerhana matahari sebagian pada tahun 2022, menurut dia Kalender petani tua.
Panduan Pemula untuk Bintang (CNN Digarisbawahi)

Gerhana matahari sebagian terjadi ketika bulan melintas di depan matahari tetapi hanya menghalangi sebagian cahayanya. Pastikan untuk memakai kacamata gerhana yang sesuai untuk melihat gerhana matahari dengan aman, karena sinar matahari dapat merusak mata.

Gerhana matahari sebagian pada tanggal 25 Oktober akan terlihat oleh orang-orang di Greenland, Islandia, Eropa, Afrika timur laut, Timur Tengah, Asia Barat, India, dan Cina Barat. Tak satu pun dari gerhana matahari parsial akan terlihat dari Amerika Utara.

Gerhana bulan total juga akan terlihat oleh mereka yang berada di Asia, Australia, Pasifik, Amerika Selatan, dan Amerika Utara pada 8 November antara pukul 3:01 pagi ET dan 8:58 pagi ET — tetapi bulan akan terbenam untuk mereka yang berada di timur. wilayah Amerika Utara.

READ  Ketekunan Rover NASA Mengamati Gerhana Bulan "Kentang" di Mars

hujan meteor

Lihat sisa 11 Mandi yang akan mencapai klimaks Pada tahun 2022:
  • Konstelasi Delta Selatan: 29-30 Juli
  • Capricorn Alpha: 30 hingga 31 Juli
  • Perseid: 11-12 Agustus
  • Orionid: dari 20 hingga 21 Oktober
  • Torres Selatan: 4-5 November
  • Torres Utara: 11-12 November
  • Leonid: 17-18 November
  • Geminids: Dari 13 hingga 14 Desember
  • Ursid: dari 21 hingga 22 Desember

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda mungkin ingin berkendara ke suatu tempat di mana lampu-lampu kota tidak tersebar untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

Carilah area terbuka dengan pemandangan langit yang luas. Pastikan Anda memiliki kursi atau selimut agar Anda bisa terlihat lurus. Berikan mata Anda sekitar 20 hingga 30 menit – tanpa melihat ponsel atau perangkat elektronik lainnya – untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan sehingga meteor lebih mudah dikenali.