POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

3 berita teratas minggu ini: Ekonom melihat Indonesia jatuh ke dalam perangkap utang China, kereta cepat Jakarta-Bandung resmi diluncurkan dengan suara ‘whoosh’

Tempo.co, JakartaTempo Bahasa Inggris Dari Senin, 17 September 2023 hingga Minggu, 23 September 2023, platform ini telah mengumpulkan 3 berita teratas minggu ini. Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Diluncurkan, Kata Ekonom dari Indonesia, yang terjebak dalam jebakan utang China. ‘Whoosh’, dan menyepakati konsorsium pengoperasian dan pemeliharaan KCJB Indonesia-China.

Berikut daftar tiga berita teratas yang dimuat Tempo English pekan ini:

1. Ekonom melihat Indonesia terjerumus ke dalam perangkap utang Tiongkok

Ekonom dan Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono, Peraturan Menteri Keuangan No. 89 Ia menilai Indonesia telah terjerumus ke dalam perangkap utang Tiongkok setelah dikeluarkannya jaminan pemerintah untuk mempercepat 89 Prasarana dan fasilitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

“Ini mewajibkan pemerintah untuk menuruti segala keinginan pihak China agar proyek itu selesai dan tidak mangkrak,” ujarnya kepada Tempo melalui obrolan WhatsApp, Rabu, 20 September 2023.

Ia berdalih proyek kereta peluru itu jauh dari rencana. Awalnya diharapkan menguntungkan Indonesia dan beroperasi dengan skema business-to-business, namun kini berubah 180 derajat.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

2. Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi diluncurkan dengan nama ‘Whoosh’

Pemerintah resmi memperkenalkan nama baru kereta cepat Jakarta-Bandung dengan nama ‘WHOOSH’. Trayvon Munaf, Ketua Panitia Kompetisi Merek Kereta Api Cepat, mewakili Kementerian BUMN dalam jumpa pers yang digelar pada Kamis, 21 September 2023.

Hoosh merupakan singkatan dari Waqtu Hemat, Operasi Optimum, System Handel yang artinya Hemat Waktu, Pengoperasian Optimal, Sistem yang Andal.

Menurut Triwan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumathi biasa mengucapkan ‘whoosh’ saat mencoba kereta peluru yang dalam bahasa Inggris artinya quick move.

READ  Top 3 Berita Hari Ini: 7 Jenis Wisatawan Asing Dibebaskan Pajak Pariwisata Baru Bali

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

3. Perjanjian Kerja Sama Operasi dan Pemeliharaan KCJB Indonesia-China

General Manager PT KCIC Iwa Syrunisa menjelaskan, pemerintah Indonesia dan China telah menyepakati Konsorsium Operasi dan Pemeliharaan (OMC) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Menurut Eva, pengoperasian kereta berkecepatan tinggi memerlukan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan khusus.

Terkait hal itu, Indonesia dan China sepakat bahwa tahap awal pemeliharaan dan pengoperasian KCJB akan dilakukan oleh konsorsium perusahaan kedua negara, China Railway Engineering Corporation dan PT KAI. Sedangkan anggaran KCJB untuk OMC setiap tahunnya tidak lebih dari Rp1 triliun, kata Eva melalui pesan singkat, Jumat, 15 September 2023.

Namun saat ini PT KCIC sedang mempersiapkan 1.100 personel lokal dengan kualifikasi khusus dan pengalaman di industri perkeretaapian untuk melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan KCJB pada Desember 2023. Tenaga kerja akan menjalani beberapa tahap pelatihan terlebih dahulu.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News