POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

10 tren teknologi yang akan mengubah dunia kita

Apa yang membuat Revolusi Industri Keempat Jauh berbeda dari revolusi industri sebelumnya adalah konvergensi dan interaksi beberapa tren teknologi secara bersamaan. Dalam artikel ini, saya mencantumkan sepuluh tren teknologi utama yang mendorong Revolusi Industri Keempat – tren yang saya yakini akan selamanya mengubah cara kita berbisnis dan menjalani hidup.

Tren 1: komputasi di mana-mana

Saat ini, komputer ada di sekitar kita: di saku kita, di pergelangan tangan kita, di mobil kita, bahkan di peralatan rumah tangga kita…

Ketika kekuatan pemrosesan meningkat dan ukuran mikrochip komputer menyusut, kita dengan cepat terbiasa dengan komputer dan perangkat yang menjadi lebih kecil, lebih ringan, lebih murah, lebih kuat, dan lebih umum. (Misalnya, rata-rata smartphone saat ini lebih bertenaga daripada superkomputer 10 tahun lalu.) Melihat ke masa depan, mungkin lompatan besar berikutnya dalam kekuatan komputasi akan datang dari Komputer kuantum Komputer yang sangat cepat dan kuat, yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan yang tidak dapat dilakukan oleh komputer tradisional.

Tren 2: Semuanya terhubung dan cerdas

Tidak diragukan lagi Anda sudah familiar dengan file Internet of Things (IoT) Dari perangkat seperti smart TV, jam tangan pintar, dan termostat pintar. Internet of Things mengacu pada peningkatan jumlah perangkat pintar dan terhubung serta hal-hal yang mampu mengumpulkan dan mengirimkan data.

Di masa depan, itu akan menjadi apa pun yang dapat dihubungkan. Tidak hanya dalam hal perangkat dan produk – meskipun ini jelas merupakan pertimbangan utama untuk bisnis – tetapi juga dalam hal ruang tempat kita tinggal dan bekerja. Dari pabrik dan kantor yang cerdas dan terhubung hingga seluruh kota cerdas, ruang di sekitar kita akan semakin dilengkapi dengan kemampuan untuk memantau apa yang terjadi dan bertindak sesuai dengan itu.

Tren 3: Mengubah data menjadi dunia kita

Komputasi di mana-mana dan Internet of Things adalah kontributor besar untuk volume besar data yang dihasilkan setiap hari. Tapi selain data yang dihasilkan mesin ini, kita manusia juga menghasilkan data dalam jumlah besar melalui aktivitas kita sehari-hari, dan itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Kabar baiknya adalah bahwa perusahaan dapat menggunakan data ini untuk merancang produk dan layanan yang lebih baik, meningkatkan proses bisnis, meningkatkan pengambilan keputusan, dan bahkan menciptakan aliran pendapatan baru. Namun perusahaan juga harus mewaspadai risiko yang ditimbulkan oleh data, terutama dalam hal privasi dan keamanan data.

Tren 4: Kecerdasan Buatan (AI)

Semua data yang dihasilkan ini merupakan pendukung mendasar dari kecerdasan buatan, yang telah membuat lompatan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam hal “berbicara AI.” Di tahun 2020 saja, smart speaker menjawab 100 miliar perintah suara – 75% lebih banyak dari tahun 2019 – semua berkat kecerdasan buatan.

Ide siap-bisnis adalah bahwa ketika interaksi kita dengan mesin menjadi lebih cerdas, pelanggan mengharapkan semua jenis produk dan layanan untuk menampilkan beberapa jenis kemampuan AI.

Tren 5: Realitas Diperluas (XR)

XR adalah istilah umum yang mewakili sekelompok teknologi imersif: realitas virtual, realitas tertambah, dan realitas campuran.

XR terutama dikenal karena permainannya yang imersif, tetapi saat ini, XR diluncurkan di berbagai industri, di mana ia digunakan untuk menciptakan pengalaman yang imersif dan personal bagi pelanggan dan karyawan. Misalnya, pelanggan kini dapat merasakan produk secara virtual—seperti menempatkan sofa baru secara digital di ruang tamu mereka untuk melihat tampilannya—dan karyawan dapat belajar dengan cara baru, imersif, dan menarik.

Di masa depan, saya percaya pengalaman kita tentang dunia akan semakin banyak terjadi di ruang buram antara dunia nyata dan dunia digital, dan XR hanya akan mempercepat transformasi itu. Jadi perusahaan perlu mulai memikirkan bagaimana mereka dapat mengakomodasi ini, dan menciptakan pengalaman yang mendalam bagi pelanggan dan karyawan mereka.

Tren 6: Kepercayaan Digital

Kepercayaan digital pada dasarnya adalah kepercayaan yang ditempatkan pengguna dalam organisasi untuk membangun dunia digital yang aman, di mana transaksi dan interaksi dapat berlangsung dengan aman, selamat, dan mudah.

Banyak yang percaya – termasuk saya – Teknologi Blockchain dan Buku Besar Terdistribusi Anda akan memainkan peran sentral dalam meningkatkan kepercayaan digital dan membuat interaksi lebih aman. Namun, teknologi memiliki beberapa cara sebelum benar-benar tersedia untuk semua jenis organisasi. Bagi banyak perusahaan, jawabannya mungkin terletak pada kemitraan dengan banyak inovator dan pengusaha baru yang membuat kemajuan nyata dalam ruang blockchain.

Tren 7: Pencetakan 3D

Saat ini, bahan untuk pencetakan 3D bisa berupa apa saja: plastik, logam, bubuk, beton, cairan, dan bahkan cokelat. Seluruh rumah sekarang dapat dicetak 3D.

Ini memiliki potensi untuk mengubah manufaktur. Singkatnya, pencetakan 3D memberi produsen kemampuan untuk membuat hal-hal yang tidak dapat dengan mudah diproduksi dengan metode tradisional, untuk menyederhanakan proses manufaktur, dan untuk menciptakan produk yang sangat disesuaikan (bahkan untuk produk sekali pakai yang benar-benar unik), sambil menghilangkan pemborosan dan mengurangi biaya .

Tren 8: Penyuntingan Gen dan Biologi Sintetis

Pengeditan gen dapat memiliki keuntungan khusus ketika mendeteksi gen “buruk” – gen yang dapat membahayakan kesehatan suatu organisme atau keturunannya. Terima kasih untuk Teknologi pengeditan gen baruSecara teori, itu bisa mengubah sifat berbahaya ini. Dengan cara ini, penyuntingan gen dapat membuat lompatan besar ke depan dalam memerangi penyakit – pada manusia, hewan, dan tanaman.

Sementara alat pengeditan gen dapat digunakan untuk membuat Kecil Perubahan DNA, biologi sintetik dapat melibatkan pengikatan untaian panjang DNA bersama-sama dan memasukkannya ke dalam suatu organisme. Akibatnya, organisme dapat berperilaku berbeda atau memiliki kemampuan yang sama sekali baru.

Apa hubungannya ini dengan bisnis? Saya pikir biologi sintetik dan penyuntingan gen secara mendasar dapat mengubah cara kita memproduksi produk. Pikirkan produk baru yang menarik seperti daging budidaya, dan mudah untuk melihat betapa transformatifnya teknik ini.

Tren 9: Nanoteknologi dan Ilmu Material

Ilmu material (disiplin mempelajari dan memproses bahan) dan nanoteknologi (ilmu mengendalikan materi dalam skala kecil, pada tingkat atom dan molekul) telah memberi kita beberapa kemajuan luar biasa, dari chip komputer kecil, layar smartphone, dan lithium- baterai ion ke kain tahan noda.

Melihat ke masa depan, tren ini dapat membawa terobosan besar dalam baterai mobil listrik, membuat energi surya terjangkau, dan menawarkan kemajuan lain yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Tren 10: Solusi Energi Baru

Fusi nuklir sering disebut-sebut sebagai solusi energi yang bersih dan tidak habis-habisnya untuk masa depan, tetapi ada masalah – mempertahankan reaksi fusi membutuhkan lebih banyak energi daripada yang dihasilkannya! Tapi sekarang, berkat kemajuan teknologi magnet, kita mungkin melihat reaktor fusi nuklir menghasilkan energi bersih pada tahun 2035.

Solusi energi bebas karbon yang menarik lainnya adalah hidrogen hijau (yang berbeda dari produksi “hidrogen abu-abu” tradisional). Dengan hidrogen hijau, air dipecah menjadi hidrogen dan air, tanpa membentuk produk sampingan, melalui proses elektrolisis. Secara historis, proses ini membutuhkan banyak listrik; Hidrogen hijau pada dasarnya tidak mungkin. Tetapi sumber listrik terbarukan dapat mengubah ini. Misalnya, dengan kelebihan listrik terbarukan yang tersedia di jaringan, kelebihan energi ini secara teoritis dapat digunakan untuk menggerakkan elektrolisis air.

Pelajaran utama dari semua tren ini adalah bahwa kita memasuki era perkembangan yang berkelanjutan dan pesat, di mana berbagai tren teknologi bergabung dan saling memelihara untuk menciptakan perubahan besar. Bagi perusahaan, ini berarti bahwa hari-hari peningkatan teknologi inkremental hilang selamanya. Perubahan terus-menerus adalah jalan menuju masa depan.

Baca lebih lanjut tentang ini dan tren masa depan lainnya di buku baru saya, Tren bisnis dalam praktik: 25+ tren yang mendefinisikan ulang organisasi. Dikemas dengan contoh-contoh dari dunia nyata, ini memotong hype untuk menyajikan tren utama yang akan membentuk bisnis masa depan.

READ  Nord Security baru saja menjadi badak teknologi kedua di Lituania