POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

10 cedera serius yang mempengaruhi Final NBA

10 cedera serius yang mempengaruhi Final NBA

Kevin Durant tertolong keluar lapangan setelah tendon Achillesnya robek di Game 5 Final NBA 2019.

Unduh aplikasi NBA

Dallas — Cedera mendominasi offseason hari Selasa di Final NBA 2024, dengan Celtics dan Mavericks menjadi berita utama karena penyakit para pemain bintang.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah cedera itu atau yang lainnya akan mendominasi seri kejuaraan itu sendiri.

Luka Doncic dari Dallas dilaporkan menerima suntikan pereda nyeri yang memungkinkannya bermain di Game 2 pada hari Minggu meskipun ada masalah dada, lutut, dan pergelangan kaki. Dibalut perban dan kompres panas dan dingin, playmaker bintang Mavs itu tampak seperti mumi sesaat sebelum pertandingan. Tercatat bahwa Doncic mungkin membutuhkan kesempatan lain untuk bermain di Game 3 pada hari Rabu (08:30 WIB, ABC).

Sementara itu, Kristaps Porzingis dari Boston menghadapi tantangan fisik yang lebih besar. Celtics merilis pernyataan yang menjelaskan bahwa center mereka yang berukuran 7 kaki 2 inci mengalami robekan pada retinakulum medial di kaki kirinya, sehingga tendon tibialis posterior mengalami dislokasi pada kuarter ketiga Game 2.

Meski tidak terkait dengan cedera betis kanan yang membuat Porzingis harus menjalani 10 pertandingan playoff, termasuk seri Cleveland dan Indiana, tim menggambarkan cedera itu sebagai “jarang terjadi”. Kehadirannya pada hari Rabu dan seterusnya dianggap hari demi hari.

“Saya tidak tahu detailnya,” kata Porzingis. “Tetapi itu adalah sesuatu yang akan saya serahkan kepada staf medis untuk menentukan apakah saya bisa pergi atau tidak. Tapi bagi saya… tidak ada yang akan menghentikan saya kecuali saya bisa melakukannya. Saya diberitahu bahwa saya tidak diperbolehkan bermain.”

Ada kemungkinan bahwa Doncic akan bermain melalui berbagai penyakitnya dan kaki kiri Porzingis tidak akan mengesampingkannya seperti yang dilakukan kaki kanannya. Namun, ada sejarah panjang dan berliku di Final mengenai cedera yang memainkan peran penting dan penting. Berikut 10 di antaranya:


Pergelangan kaki Bill Russell, 1958

luka: Russell, MVP NBA Boston, pergelangan kakinya terkilir saat Game 3 melawan St. Louis Hawks.

pengaruh: Boston sudah unggul 1-2 dengan Russell di tiga game pertama. Dia menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di game pertama yang dia lewatkan, kemudian kalah di game kelima hanya dengan selisih dua poin. Pada penentu Game 6, Russell hanya bertahan selama 20 menit, mencetak delapan poin dan delapan rebound dalam kekalahan 110-109.

warisan: Celtics gagal dalam upayanya mempertahankan kejuaraan 1956-57, tetapi mereka bangkit untuk memenangkan delapan pertandingan berikutnya berturut-turut dan 10 dari 11 pertandingan berikutnya. Hall of Famer Bob Pettitte mencetak 50 poin legendaris dan 19 rebound di Game 6 tetapi prestasinya dianggap tidak adil oleh beberapa orang karena cedera Russell.

READ  Pelatih Barcelona Xavi mengatakan Barcelona tidak boleh melakukan kesalahan lagi

Hamstring Jerry West dan lutut Wilt Chamberlain, 1969

Cedera: West mengalami cedera hamstring untuk membantu Lakers mencapai Game 7 melawan Boston, bermain dengan paha kiri yang terkilir parah. Malamnya, Chamberlain terjatuh dengan canggung saat melakukan rebound dan keluar dengan lutut memar.

pengaruh: Hanya sedikit pemain dalam sejarah liga yang menderita lebih banyak cedera daripada Jerry West; Logo NBA yang dirancang berdasarkan namanya kemungkinan besar akan menyertakan balutan Ace. Dia mencetak 42 poin dengan 13 rebound dan 12 assist dalam kekalahan tersebut dan rata-rata mencetak 37,9 poin dan 7,4 assist dalam seri tersebut. Lutut Chamberlain menyerah dan dia ingin kembali dengan dua menit tersisa, tetapi pelatih Butch van Breda Kolff dengan terkenal mengatakan kepadanya: “Kami baik-baik saja tanpamu.”

warisan: West dinobatkan sebagai MVP Final, yang pertama memenangkan penghargaan baru dan sejauh ini satu-satunya pemenang dari tim yang kalah. Namun dia dan Chamberlain menanggung beban pertandingan ketujuh (penampilan dan gelar terakhir Russell) hingga mereka menang bersama pada tahun 1972.


Paha Willis Reed, 1970

luka: Reed, seorang center dan kapten New York Knicks, mengalami cedera otot paha depan kanannya di Game 5 melawan Lakers dan tidak bermain di Game 6.

pengaruh: Knicks mengubah hal negatif yang buruk menjadi hal yang sangat positif saat Reid tertatih-tatih melewati terowongan di Madison Square Garden sebelum Game 7. Dia menerima suntikan pereda nyeri, yang memungkinkan dia menarik kakinya ke atas dan ke bawah cukup lama untuk mencetak empat poin. Kemudian guard Walt Frazier mengambil alih dengan 36 poin dan 19 assist untuk mengalahkan Los Angeles dalam perebutan gelar.

warisan: Warga New York masih memberi tahu cucu-cucu mereka di mana mereka berada ketika mereka melihat atau mendengar tentang langkah kuat Reid. Dengan kejuaraan tersebut, ia menambahkan MVP Final ke penghargaan All-Star dan MVP musim regulernya. Dia berbicara mewakili banyak pemain ketika dia berkata: “Saya tidak ingin melihat diri saya sendiri di cermin dalam 20 tahun dan mengatakan saya berharap saya mencoba bermain.”


Pergelangan kaki Kareem Abdul-Jabbar, 1980

luka: Center Lakers dan MVP NBA Abdul-Jabbar menginjak kaki guard Sixers Lionel Hollins pada kuarter ketiga Game 5.

pengaruh: Lakers menahan pemain besar mereka dari perjalanan ke Philadelphia untuk Game 6, berharap dapat mengulur waktu jika seri tersebut kembali ke Los Angeles. Namun hal itu tidak terjadi – pemain baru Magic Johnson melompat ke tengah saat Abdul-Jabbar absen dan mencetak 42 poin, 15 rebound, dan tujuh assist yang menjadi penentu.

warisan: Hanya sedikit yang ingat bahwa Abdul-Jabbar kembali ke Game 5 di kuarter keempat dan mencetak 14 dari 40 poinnya saat bermain sambil menderita sakit di pergelangan kakinya yang terjepit parah. Dia mencetak rata-rata 33,4 poin, 13,6 rebound, dan 4,6 blok, tetapi penampilan Johnson di Game 6 menjadikannya satu-satunya rookie yang memenangkan penghargaan MVP Final.

READ  Laporan Pertandingan Terbaru - Wrestlers vs Delhi Bulls Final 2021/22

Pergelangan kaki Isiah Thomas, 1988

luka: Thomas, penjaga Detroit, cedera pergelangan kaki kanannya pada kuarter ketiga Game 6.

pengaruh: Thomas sebenarnya mencetak 14 poin pada kuarter ketiga untuk mendorong Pistons lebih dekat ke gelar NBA pertama grup mereka. Setelah terluka dan pergi sebentar, ia kembali mencetak 11 dari 15 poin terakhir Detroit pada kuarter tersebut untuk memimpin 81-79. Namun menerjang dengan satu kaki terbukti bukan strategi kemenangan. Lakers menang dengan satu poin, kemudian memenangkan Game 7 melawan Thomas yang terbatas.

warisan: Detroit's Bad Boys mungkin meraih tiga gelar pada tahun 1988 sebelum dua gelar yang mereka menangkan pada tahun 1989 dan 1990.


Paha belakang Byron Scott dan Magic Johnson, 1989

Cedera: Scott mengalami cedera hamstring saat latihan Lakers sebelum Final. Johnson mengalami cedera hamstring kirinya pada kuarter ketiga Game 2.

pengaruh: Scott tidak pernah berkompetisi di final dan Johnson mencoba di game ketiga tetapi hanya bertahan lima menit.

warisan: Final ini berlalu, dan sebagian besar rutin dengan penyisiran oleh Detroit. Abdul-Jabbar kemudian pensiun. Dan ternyata, kru “Showtime” Johnson dan Lakers akhirnya memenangkan cincin tersebut. Versi yang lebih rendah kembali ke Final pada tahun 1991, tetapi kalah dalam lima pertandingan dari Michael Jordan dan Chicago Bulls.


Achilles karya Patrick Ewing, 1999

luka: Ewing mengalami cedera tendon Achilles kirinya di Final Wilayah Timur melawan Indiana.

pengaruh: Knicks bertahan melawan Pacers tetapi dikalahkan di Final melawan tim San Antonio yang dipimpin oleh David Robinson dan Tim Duncan. Spurs memenangkan lima pertandingan di kejuaraan NBA pertama mereka, dengan Duncan dinobatkan sebagai MVP Final.

warisan: Segala sesuatu tentang musim 50 pertandingan ini, yang dipersingkat karena penutupan bisnis, terasa terburu-buru. Kecuali kecepatannya – dalam lima pertandingan terakhir, Spurs hanya mencetak sebanyak 90 poin, dan mereka hanya melakukannya sekali. Ewing, seorang Hall of Famer, pensiun tanpa cincin.


Lutut Kendrick Perkins, 2010

luka: Center Celtics terjatuh dengan canggung di kuarter pertama Game 6, karena lutut kanannya terkilir.

pengaruh: Tes lebih lanjut mengungkapkan bahwa Perkins mengalami keseleo pada ligamen kolateral medial dan ligamen krusiatum posterior. Harapan baginya untuk bermain di Game 7 menguap, dan Boston terpaksa menggunakan pemain cadangan berusia 35 tahun Rasheed Wallace selama sekitar 36 menit. Dia memimpin tiga poin pada kuarter keempat sebelum Kobe Bryant dan Pau Gasol menggabungkan 19 poin pada kuarter keempat dan Celtics mengumpulkan 22 poin.

READ  Tampilan pertama: American Express

warisan: Bryant dinobatkan sebagai MVP Final untuk tahun kedua berturut-turut, saat Lakers mempertahankan gelar mereka pada tahun 2009. Pelatih Boston Doc Rivers masih memuji timnya, mencatat bahwa Celtics tidak pernah tersingkir dengan sisa lima pemain awal mereka (Paul Pierce, Kevin Garnett, Ray Allen, Rajon Rondo, dan Perkins) adalah sama.


Lutut Kyrie Irving, 2015

Cedera: Irving mengalami patah tempurung lutut pada Game 1 melawan Golden State di Oakland.

pengaruh: Kehilangan Kevin Love karena dislokasi bahu di ronde pertama sudah cukup berat bagi Cavaliers. Namun setelah postseason Irving berakhir di pertandingan pembuka Final, LeBron meninggalkan James untuk mengandalkan guard Matthew Dellavedova dan center Timofey Mozgov sebagai asisten utamanya. Warriors mengalahkan mereka dalam enam pertandingan.

warisan: Masih memerlukan penyesuaian strategis — memasukkan Andre Iguodala ke dalam starting lineup untuk tiga pertandingan terakhir — agar Golden State bisa menang. Iguodala terpilih sebagai MVP Final, namun James tampil impresif dalam kekalahan tersebut, dengan rata-rata mencetak 35,8 poin, 13,3 rebound, dan 8,8 assist.


Tendon Achilles Kevin Durant dan lutut Klay Thompson, 2019

Cedera: Durant bertahan selama 12 menit pada Game 5 di Toronto sebelum merasakan cedera pada tendon Achilles-nya pada kuarter kedua saat mencoba melakukan gerakan crossover. Thompson melakukan dunk di Game 6, menerima kontak dari Danny Green dan mengalami robekan ACL.

pengaruh: Tidak seorang pun boleh menodai kejuaraan Raptors, tetapi banyak penggemar Warriors percaya tim mereka akan memenangkan gelar ketiga berturut-turut jika bukan karena kehilangan dua superstar. Durant memulai seri ini dengan absen karena cedera betis, dan pecahnya tendon Achilles yang kemudian dideritanya adalah salah satu alasan tim NBA sekarang sangat berhati-hati dengan cedera betis. Thompson dikeluarkan dari Game 3 karena tendonitis hamstring.

warisan: Baik Durant maupun Thompson tidak bermain sama sekali pada musim 2019-20, dan keduanya membutuhkan rehabilitasi yang lama. Kawhi Leonard dari Toronto menjadi pemain ketiga yang dinobatkan sebagai MVP Final dengan banyak tim, bergabung dengan Abdul-Jabbar dan James. Sementara itu, pelatih Warriors Steve Kerr bertanya-tanya apakah timnya telah membayar terlalu mahal untuk kesuksesan pascamusim mereka. “Saya tidak tahu apakah ini ada hubungannya dengan lima musim berturut-turut bermain lebih dari seratus pertandingan dan semua keausan itu, tapi ini sangat menghancurkan,” kata Kerr.

* * *

Steve Ashburner telah menulis tentang NBA sejak 1980. Anda dapat mengirim email kepadanya di sini, temukan arsipnya di sini dan Ikuti dia di X.

Pendapat yang diungkapkan di halaman ini tidak mencerminkan pendapat NBA, klub-klubnya, atau Warner Bros. Penemuan.