POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

World Rugby untuk menguji coba teknologi bola pintar di Piala Dunia U-20

World Rugby untuk menguji coba teknologi bola pintar di Piala Dunia U-20

World Rugby akan menguji teknologi smart-ball di Kejuaraan Dunia U-20 di Afrika Selatan bulan depan, membantu ofisial mendapatkan lebih presisi tentang kemungkinan garis depan dan operan dan apakah bola melewati garis percobaan.

Uji coba tersebut dilakukan setelah ofisial pertandingan menyatakan minatnya untuk mengeksplorasi inovasi guna mendukung pengambilan keputusan yang akurat dan cepat.

Tidak ada rencana untuk mengimplementasikan teknologi tersebut di Piala Dunia Rugby di Prancis pada bulan September dan Oktober, tetapi ini dapat memberikan gambaran sekilas tentang masa depan permainan tersebut.

Smart Ball akan dilacak dalam 3D dan dalam waktu nyata, dengan suar di sekitar lapangan untuk menunjukkan dengan tepat lokasi bola hingga 20 kali per detik dan memberikan umpan balik instan pada setiap tendangan, umpan, dan lemparan ke dalam.

Teknologi ini akan memastikan garis diambil dari titik di mana bola meninggalkan lapangan permainan dan akan memberikan umpan balik segera apakah lemparan garis lurus dengan mengukur sudut dari peluncuran hingga saat disentuh oleh pelompat garis.

Ini akan mengukur kecepatan bola relatif terhadap pemain di mana dia meninggalkan tangannya untuk membantu keputusan passing ke depan, apakah bola telah “disentuh dengan cepat” – seperti pukulan – dan posisi langsung bola untuk menilai apakah itu telah mencapai garis percobaan.

Umpan resmi pertandingan yang disiarkan langsung di televisi (TMO) akan disediakan, yang akan memberikan umpan balik kepada wasit.

Direktur World Rugby Phil Davies mengatakan teknologi tersebut “memiliki potensi untuk membantu aliran permainan, mengurangi waktu henti dan mempercepat proses pengambilan keputusan resmi untuk sebuah pertandingan.”

READ  Ingin mengupgrade laptop Anda? Consumer Reports menawarkan tips tentang belanja teknologi

Wasit Rugby mungkin adalah pekerjaan yang paling sulit dalam olahraga, kata Davies.

“Ada banyak keputusan atau tidak ada keputusan yang dibuat pada satu saat, dan kemajuan penyiaran dan media sosial berarti bahwa keputusan seperti itu terus mengalir lama setelah acara tersebut.”

“Pengembangan teknologi smart ball membuka pintu untuk membantu ofisial pertandingan mencapai keputusan yang akurat lebih cepat, menghilangkan subjektivitas dan mengurangi kemungkinan kesalahan.”