POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

William Anders, astronot Apollo 8 yang mengambil gambar Earthrise, tewas dalam kecelakaan pesawat

William Anders, astronot Apollo 8 yang mengambil gambar Earthrise, tewas dalam kecelakaan pesawat

SEATTLE (AP) — William Anders, eks Apollo 8 Astronot yang mengambil foto terkenal “Earthrise” yang menunjukkan planet ini sebagai marmer biru dari luar angkasa pada tahun 1968 tewas pada hari Jumat ketika pesawat yang dikemudikannya sendirian jatuh ke perairan Kepulauan San Juan di negara bagian Washington. Dia berumur 90 tahun.

Putranya, pensiunan Letkol Angkatan Udara Greg Anders, mengonfirmasi kematian tersebut kepada The Associated Press.

“Keluarganya hancur,” katanya. “Dia adalah pilot yang hebat dan akan sangat dirindukan.”

William Anders, pensiunan mayor jenderal, mengatakan foto itu adalah kontribusinya yang paling penting terhadap program luar angkasa sekaligus memastikan modul komando dan modul layanan Apollo 8 berfungsi.

Gambar ini, gambar berwarna pertama Bumi dari luar angkasa, adalah salah satu gambar terpenting dalam sejarah modern karena mengubah cara pandang manusia terhadap planet ini. Gambar ini dianggap telah memicu gerakan lingkungan global untuk menunjukkan betapa rapuh dan terisolasinya bumi jika dilihat dari luar angkasa.

Administrator NASA dan mantan Senator Bill Nelson mengatakan Anders mewujudkan pelajaran dan tujuan eksplorasi.

“Dia melakukan perjalanan ke ambang bulan dan membantu kita semua melihat sesuatu yang lain: diri kita sendiri,” tulis Nelson di platform media sosial X.

Anders mengambil foto tersebut saat kru mengorbit keempat mengelilingi Bulan, dengan panik beralih dari film hitam-putih ke film berwarna.

“Ya Tuhan, lihat gambar di sana!” kata Anders. “Inilah Bumi. Wow, indah sekali!”

itu Misi Apollo 8 Pada bulan Desember 1968, ini adalah penerbangan luar angkasa berawak pertama yang meninggalkan orbit rendah Bumi dan melakukan perjalanan bolak-balik ke Bulan. Itu adalah penerbangan NASA yang paling berani dan mungkin paling berisiko hingga saat ini dan membuka jalan bagi pendaratan Apollo di bulan tujuh bulan kemudian.

READ  SpaceX Falcon 9 akan menerangi langit Jumat malam di atas Space Coast

“Bill Anders selamanya mengubah pandangan kita terhadap planet kita dan diri kita sendiri dengan gambar Bumi terbit yang terkenal di atas kapal Apollo 8,” Senator Arizona Mark Kelly, juga pensiunan astronot NASA, menulis di X. Dia menambahkan: “Dia menginspirasi saya dan generasi astronot dan penjelajah.

Sebuah laporan muncul sekitar pukul 11:40 bahwa sebuah pesawat model lama jatuh ke air dan tenggelam di dekat ujung utara Pulau Jones, kata Sheriff San Juan County Eric Peter. Greg Anders mengonfirmasi kepada KING-TV bahwa jenazah ayahnya ditemukan pada Jumat sore.

Hanya pilot yang berada di pesawat Beech A45 pada saat itu, menurut FAA.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dan Administrasi Penerbangan Federal sedang menyelidiki kecelakaan tersebut.

William Anders berkata pada tahun 1997 Sejarah Lisan NASA Dia mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak percaya misi Apollo 8 tanpa risiko tetapi ada alasan penting secara nasional, nasional, dan eksplorasi untuk bergerak maju. Dia memperkirakan ada sekitar satu dari tiga kemungkinan awak kapal tidak akan kembali, kemungkinan yang sama bahwa misi akan berhasil, dan kemungkinan yang sama bahwa misi tidak akan dimulai dari awal. Dia mengatakan dia menduga Christopher Columbus berlayar dengan kemungkinan yang lebih buruk.

Dia menceritakan bagaimana tanah itu tampak rapuh dan tidak berarti, padahal itu adalah rumahnya.

“Kami berjalan mundur dan terbalik, tidak benar-benar melihat Bumi atau matahari, ketika kami berbalik dan melihat Bumi terbit yang pertama,” katanya. “Sejauh ini, ini merupakan hal yang paling mengesankan. Melihat bola halus berwarna-warni yang menurut saya tampak seperti hiasan pohon Natal muncul di atas lanskap bulan yang sangat jelek dan jelek ini, sungguh mengejutkan.”

READ  SpaceX dan NASA menunda kembalinya astronot Crew-6 Dragon ke Bumi karena cuaca buruk

Anders kemudian mengatakan dia berharap dia mengambil lebih banyak foto, tetapi komandan misi Frank Borman khawatir tentang apakah semua orang merasa nyaman dan memaksa Anders dan pilot modul komando James A. Lovell Jr. untuk tidur, “yang mungkin masuk akal.”

Dia menjabat sebagai kru cadangan untuk Apollo 11 dan Gemini 11 pada tahun 1966, tetapi Apollo 8 adalah satu-satunya saat dia terbang ke luar angkasa.

Anders lahir pada 17 Oktober 1933 di Hong Kong. Pada saat itu, ayahnya adalah seorang letnan Angkatan Laut di USS Panai, sebuah kapal perang Amerika di Sungai Yangtze Tiongkok.

Anders dan istrinya, Valerie, mendirikan Heritage Aviation Museum di negara bagian Washington pada tahun 1996. Museum ini sekarang berbasis di bandara regional di Burlington, dan mencakup 15 pesawat, beberapa kendaraan militer antik, perpustakaan, dan banyak artefak yang disumbangkan oleh para veteran, menurut untuk apa yang dilaporkan situs web “NB” buruk”. Situs web museum. Dua putranya membantunya mengelolanya.

Pasangan itu pindah ke Pulau Orcas, di Kepulauan San Juan, pada tahun 1993, dan memiliki rumah kedua di kampung halaman mereka di San Diego, menurut biografi yang diposting di situs museum. Mereka memiliki enam anak dan 13 cucu. Rumah mereka saat ini di Washington berada di Anacortes.

Anders lulus dari Akademi Angkatan Laut pada tahun 1955 dan menjabat sebagai pilot pesawat tempur di Angkatan Udara.

Ia kemudian bertugas di Komisi Energi Atom, sebagai Ketua Program Pertukaran Teknologi Bersama AS-Soviet untuk Energi Fisi Nuklir dan Fusi Nuklir, dan sebagai Duta Besar untuk Norwegia. Dia kemudian bekerja untuk General Electric dan General Dynamics, menurutnya biografi NASA.

READ  Anak-anak autis 'melihat' ilusi optik ini dengan cara yang unik, menurut temuan eksperimen: ScienceAlert

___

Penulis Associated Press Lisa Bowman berkontribusi pada laporan ini.