POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Webb mengungkap struktur baru yang menakjubkan di dalam supernova yang terkenal

Webb mengungkap struktur baru yang menakjubkan di dalam supernova yang terkenal

Webb NIRCam (Kamera Inframerah Dekat) menangkap gambar detail SN 1987A (Supernova 1987A) dengan kejelasan yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengungkap struktur baru dan memperdalam pemahaman kita tentang peristiwa langit ini. Kredit gambar: NASA, ESA, CSA, Mikako Matsuura (Universitas Cardiff), Richard Arendt (NASA-GSFC, UMBC), Claes Fransson (Universitas Stockholm), Josephine Larsson (KTH), Alyssa Pagan (STScI)

Struktur kecil seperti bulan sabit terlihat jelas.

NASA‘S Teleskop Luar Angkasa James Webb Detail baru tentang supernova 1987A terungkap menggunakan instrumen NIRCam (kamera inframerah dekat). Strukturnya, beberapa di antaranya hanya terlihat pada panjang gelombang inframerah, memberikan petunjuk tentang evolusi supernova dari waktu ke waktu.

Supernova 1987A (gambar kompas Webb NIRCam)

Webb NIRCam (kamera inframerah dekat) menangkap gambar detail SN 1987A (Supernova 1987A), yang telah dianotasi untuk menyorot struktur utama. Di tengahnya, material yang dikeluarkan dari supernova membentuk lubang kunci. Di kiri dan kanannya terdapat bulan sabit samar yang baru ditemukan oleh Webb. Di belakangnya terdapat cincin khatulistiwa, terbuat dari material yang dikeluarkan puluhan ribu tahun sebelum ledakan supernova, yang berisi titik-titik terang. Di luarnya terdapat emisi menyebar dan dua cincin luar yang samar. Dalam gambar ini, warna biru mewakili cahaya pada 1,5 mikron (F150W), cyan 1,64 dan 2,0 mikron (F164N, F200W), kuning 3,23 mikron (F323N), oranye 4,05 mikron (F405N), dan merah 4,44 mikron (F444W).
Kredit gambar: NASA, ESA, CSA, Mikako Matsuura (Universitas Cardiff), Richard Arendt (NASA-GSFC, UMBC), Claes Fransson (Universitas Stockholm), Josephine Larsson (KTH), Alyssa Pagan (STScI)

Teleskop Luar Angkasa Webb mengungkap struktur baru di dalam supernova yang terkenal

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah mulai mempelajari salah satu supernova paling terkenal, SN 1987A (Supernova 1987A). Terletak 168.000 tahun cahaya di Awan Magellan Besar, SN 1987A telah menjadi target pengamatan intensif pada panjang gelombang mulai dari sinar gamma hingga radio selama hampir 40 tahun, sejak penemuannya pada bulan Februari 1987. Kamera inframerah) memberikan bukti penting bagi kita pemahaman tentang bagaimana supernova dari waktu ke waktu membentuk sisa-sisanya.

Fitur pemantauan utama

Gambar ini memperlihatkan struktur pusat seperti lubang kunci. Pusat ini dipenuhi gas dan debu yang dihasilkan oleh ledakan supernova. Debunya sangat padat sehingga bahkan cahaya inframerah-dekat yang terdeteksi oleh Webb tidak dapat menembusnya, membentuk “lubang” gelap di lubang kunci.

Ini adalah kronologi foto yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa HubbleWide Field Planetary Camera 2 dan Advanced Camera for Surveys menunjukkan perubahan pada cincin materi yang mengelilingi ledakan bintang yang disebut Supernova 1987A. Pertunjukan cahaya yang menakjubkan ini adalah puing-puing yang bertabrakan dengan cincin gas yang mengelilingi lokasi ledakan seperti yang terlihat dari 24 September 1994 hingga 28 November 2003. Kredit gambar: NASA dan L. Barranger (STScI); Gambar: NASA, b. Challis, R. Kirshner (Harvard Smithsonian CFA), B. Sugerman (STScI)

Cincin tropis mengilap mengelilingi lubang kunci bagian dalam, membentuk pita di sekeliling pinggang yang menghubungkan dua lengan pucat dari cincin luar berbentuk jam pasir. Cincin khatulistiwa, yang terbentuk dari material yang terlontar puluhan ribu tahun sebelum supernova meledak, berisi titik-titik terang yang muncul saat gelombang kejut supernova menghantam cincin tersebut (lihat video di atas). Kini terdapat titik-titik bahkan di luar ring, dengan emisi tersebar di sekelilingnya. Ini adalah lokasi dampak supernova yang menyerang lebih banyak materi luar.

Wawasan komparatif dan penemuan baru

Meskipun struktur ini telah diamati pada tingkat yang berbeda-beda oleh teleskop luar angkasa Hubble dan Spitzer milik NASA serta Chandra Bulan sabit ini diyakini merupakan bagian dari lapisan luar gas yang dilepaskan dari ledakan supernova. Kecerahannya mungkin merupakan indikasi kecerahan tepi, sebuah fenomena optik yang dihasilkan dari perluasan materi tampilan dalam tiga dimensi. Dengan kata lain, sudut pandang kita membuatnya tampak seolah-olah terdapat lebih banyak materi di kedua bulan sabit ini daripada yang sebenarnya ada.

Tampilan berbagai panjang gelombang Supernova 1987A

Para astronom menggabungkan pengamatan dari tiga observatorium berbeda (Atacama Large Millimeter/submillimeter Array, berwarna merah; Hubble, berwarna hijau; dan Chandra X-ray Observatory, berwarna biru) untuk menghasilkan gambar berwarna multi-panjang gelombang dari sisa-sisa kompleks Supernova 1987A .
Sumber gambar: NASA, ESA, A. Angelich (NRAO, AUI, NSF)
Gambar Hubble: NASA, ESA, R. Kirshner (Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian dan Yayasan Gordon dan Betty Moore)
Gambar Chandra: NASA/CXC/Penn State/K. Frank dkk.
Gambar ALMA: ALMA (ESO/NAOJ/NRAO) dan R. Indebetouw (NRAO/AUI/NSF)

Resolusi tinggi dari gambar-gambar ini juga patut diperhatikan. Sebelum Webb, teleskop Spitzer yang sekarang sudah tidak digunakan lagi mengamati supernova ini dalam cahaya inframerah sepanjang masa hidupnya, dan menghasilkan data penting tentang bagaimana emisinya berevolusi seiring waktu. Namun, dia tidak pernah mampu melakukan hal itu Menonton Supernova dengan sangat jelas dan detail.

Mengungkap misteri dan studi masa depan

Meskipun telah dilakukan penelitian selama puluhan tahun sejak awal penemuan supernova, masih banyak misteri yang masih tersisa, terutama seputar supernova. Bintang neutron Yang seharusnya terbentuk setelah ledakan supernova.

Seperti Spitzer, Webb akan terus memantau supernova dari waktu ke waktu. Instrumen NIRSpec (Spektrometer Inframerah Dekat) dan MIRI (Instrumen Inframerah Inframerah Tengah) akan memberi para astronom kemampuan untuk menangkap data inframerah resolusi tinggi baru dari waktu ke waktu dan mendapatkan wawasan baru tentang struktur bulan sabit yang baru diidentifikasi. Lebih lanjut, Webb akan terus berkolaborasi dengan Hubble, Chandra, dan observatorium lainnya untuk memberikan wawasan baru tentang masa lalu dan masa depan supernova legendaris tersebut.

Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium sains luar angkasa terkemuka di dunia. Webb memecahkan misteri tata surya kita, melihat melampaui dunia jauh di sekitar bintang lain, dan menjelajahi struktur misterius serta asal usul alam semesta dan tempat kita di dalamnya. WEB merupakan program internasional yang dipimpin oleh NASA bersama mitranya Badan Antariksa Eropa (ESA).Badan Antariksa Eropa) dan Badan Antariksa Kanada.

READ  Studi NASA dan SpaceX meningkatkan teleskop Hubble ke orbit yang lebih tinggi