POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

'Watch for Severe Geomagnetic Storms' Dirilis untuk Pertama Kalinya dalam Hampir 20 Tahun – NBC Chicago

'Watch for Severe Geomagnetic Storms' Dirilis untuk Pertama Kalinya dalam Hampir 20 Tahun – NBC Chicago

Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa (SWPC) dari Layanan Cuaca Nasional telah mengeluarkan “Pengawasan Badai Geomagnetik Parah”. Jam tangan pertama dirilis hampir 20 tahun yang lalu.

Menurut SWPC, ini adalah pengawasan pertama yang dikeluarkan departemen tersebut sejak Januari 2005. Pengawasan tersebut dilakukan setelah para peramal cuaca melihat beberapa lontaran koronal (CME) ke Bumi pada minggu ini.

Setidaknya lima CME telah diamati dalam beberapa hari terakhir, dan partikel-partikelnya mungkin mulai mencapai Bumi pada Jumat sore, menurut para pejabat. Chicago Mercantile Exchange diperkirakan akan terus tiba hingga hari Minggu, menunjukkan adanya “peristiwa yang tidak biasa”.

Hanya tiga badai geomagnetik “parah” yang telah diamati sejak dimulainya siklus matahari saat ini pada bulan Desember 2019. Badai G4 terakhir menghantam Bumi pada bulan Maret, dan badai G5 terakhir melanda pada bulan Oktober 2003, menyebabkan pemadaman listrik di Swedia, menurut SWPC . .

CME adalah pelepasan plasma dalam jumlah besar dan partikel magnet dari korona Matahari,” menurut SWPC. Proyektil ini dapat membesar ukurannya saat mendekati Bumi, dan dapat menyebabkan badai geomagnetik saat tiba.

Pada badai geomagnetik, partikel yang dikeluarkan Matahari menyebabkan gangguan pada magnetosfer bumi. Badai yang sangat kuat dapat mempengaruhi ionosfer bumi, menambah energi dalam bentuk panas yang dapat “meningkatkan kepadatan dan distribusi kepadatan di bagian atas atmosfer, menyebabkan hambatan tambahan pada satelit di orbit rendah Bumi.” Menurut SWPC.

Akibatnya, gangguan terhadap sistem navigasi, komunikasi radio, dan jaringan listrik mungkin saja terjadi, meskipun tidak jelas apakah badai yang mendekat akan cukup kuat untuk menimbulkan dampak tersebut.

Dampak lain yang mungkin terjadi adalah penampakan aurora borealis yang lebih jelas, yang dapat terlihat hingga ke selatan hingga Tennessee atau bahkan Alabama pada Jumat malam hingga Sabtu. Menurut para pejabat.

Sayangnya bagi penduduk Illinois, hujan diperkirakan akan berdampak pada wilayah Chicago pada Jumat malam hingga Sabtu, dan berpotensi merusak pertunjukan malam itu.

Selain itu, prakiraan cuaca luar angkasa dapat berubah secara dramatis dalam beberapa jam, dan para pejabat akan memberikan informasi terkini menjelang akhir pekan.

READ  Jadwal peluncuran Falcon 9 dengan Turksat 5B - Spaceflight Now