POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wapres mengatakan BSI akan membuka pasar produk halal di Indonesia

Wapres mengatakan BSI akan membuka pasar produk halal di Indonesia

JAKARTA (ANTARA) – Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Pameran Internasional Bank Syariah Indonesia (BSI) 2024 dapat memberikan nilai tambah nyata bagi perekonomian nasional dan membuka pasar produk halal Indonesia.

“BSI tidak hanya sekedar ajang pamer, tapi juga menciptakan nilai tambah nyata bagi perekonomian nasional dan membuka pasar produk-produk halal Indonesia yang berkualitas,” ujarnya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan pameran ini akan menjadi platform untuk menjajaki peluang investasi dan kerja sama bisnis internasional dengan pemain global di industri halal.

“Pameran ini juga harus memfasilitasi pertemuan bisnis yang mengarah pada kesepakatan konkrit antara pemain lokal dan internasional,” tambah Amin.

Ia juga menyerukan peningkatan dukungan terhadap pengembangan sektor-sektor produktif yang menjadi pemimpin dalam rantai nilai halal, serta meningkatkan pembiayaan dan bantuan kepada perusahaan.

“Pengembangan dan pembiayaan BSI harus diarahkan kepada perusahaan-perusahaan dan wirausahawan yang patuh syariah di sektor-sektor utama rantai nilai halal, seperti pertanian dan makanan dan minuman,” katanya.

Dia menunjukkan bahwa sektor-sektor unggulan dalam rantai nilai halal berkisar dari pariwisata ramah Muslim, fesyen dan kosmetik hingga layanan umrah dan haji.

Dikatakannya, BSI International 2024 dapat dijadikan sebagai motor penggerak peningkatan pembiayaan dan bantuan kepada usaha kecil, menengah, dan mikro di sektor halal.

Sekda juga mendorong pendanaan bagi pelaku usaha halal untuk mendorong pertumbuhan industri halal, merangsang ekspansi dan memasukkan pembiayaan syariah dan dana sosial.

Ia menambahkan, acara ini juga dapat mendukung upaya penguatan ekosistem forensik dan infrastruktur perekonomian yang berkelanjutan.

Berita terkait: Manfaat ekonomi Islam tidak hanya dinikmati umat Islam: Wakil Presiden Marouf Amin
Berita Terkait: Indonesia dan Uruguay menjajaki kerja sama untuk meningkatkan produk halal

READ  Penduduk lokal dan LSM menuduh Bank Dunia mendukung perluasan pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia