POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wang Yi menghadiri upacara pembukaan Kedutaan Besar Kepulauan Solomon di Tiongkok

Pada 11 Juli 2023, Wang Yi, anggota Politbiro Komite Sentral CPC dan Direktur Kantor Komite Pusat Urusan Luar Negeri di Beijing, menghadiri upacara pembukaan Kedutaan Besar Kepulauan Solomon di Tiongkok, dan bersama-sama meluncurkan lukisan. Kedutaan berada di Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare.

Wang Yi, atas nama China, menyampaikan ucapan selamat yang hangat atas pembukaan kedutaan Kepulauan Solomon di China, dengan mengatakan bahwa Kepulauan Solomon, dengan membuat keputusan politik untuk menjalin hubungan diplomatik dengan China, telah membela keadilan internasional, di pihak yang benar. . Dari sisi sejarah, maupun aspek perkembangan masa depan Kepulauan Solomon dan masyarakatnya. Sejak terjalinnya hubungan diplomatik, pertukaran antara Tiongkok dan Kepulauan Solomon telah berkembang dalam segala aspek, dengan penuh semangat mendorong pembangunan Kepulauan Solomon, dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat Kepulauan Solomon. China senang melihat terobosan bersejarah dalam hubungan China-Kepulauan Sulaiman.

Wang Yi mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Manaseh Sogavare pada hari Senin mengumumkan pembentukan kemitraan strategis komprehensif yang menampilkan rasa saling menghormati dan pembangunan bersama untuk era baru, membuka babak baru dalam sejarah kerja sama bilateral dan memetakan arah pembangunan dari hubungan bilateral. Pembukaan resmi Kedutaan Besar Kepulauan Solomon di Tiongkok merupakan tonggak sejarah lainnya dalam perkembangan hubungan Tiongkok-Kepulauan Solomon. Wang Yi menyatakan keyakinannya bahwa kedutaan akan menjadi penghubung antara kedua bangsa dan jembatan hubungan antara China dan Kepulauan Solomon. Tiongkok siap bekerja sama dengan Kepulauan Solomon untuk mengimplementasikan pemahaman bersama yang penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara dengan benar, dan bersama-sama menetapkan standar untuk rasa saling percaya tingkat tinggi dan kerja sama berkualitas tinggi antara Tiongkok dan negara-negara kepulauan Pasifik.

READ  Jepang bergabung dengan Garuda Shield untuk pertama kalinya

Manaseh Sogavare mengatakan bahwa sejak terjalinnya hubungan diplomatik hampir empat tahun lalu, hubungan bilateral tampak lebih matang, dan kerjasama bilateral telah berkembang luas dan mendalam. Kepulauan Solomon telah secara aktif berpartisipasi dalam kerja sama Sabuk dan Jalan, dan China telah menjadi mitra dagang terbesar Kepulauan Solomon, memberikan bantuan tanpa pamrih kepada Kepulauan Solomon dalam perjuangannya melawan epidemi. Kepulauan Solomon dengan teguh akan mengembangkan hubungannya dengan China, dengan teguh berpegang pada prinsip satu-China, dan percaya bahwa Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China.