POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wamendag meminta perekonomian Indonesia jangan pernah stabil di bawah 4 persen

Wamendag meminta perekonomian Indonesia jangan pernah stabil di bawah 4 persen

JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamandag) Gerry Sambuaga mengapresiasi pencapaian pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang diraih Indonesia di kisaran 5 persen dalam beberapa tahun terakhir. Jerry menilai hal tersebut dapat dicapai melalui kerja sama bersama.

“Kita sedang menghadapi tahun-tahun di mana kita harus lebih antusias. Saya berbicara tentang pertumbuhan ekonomi kita yang stabil di kisaran 5 persen, dan kita tidak pernah berada di bawah 4 persen. Ini adalah hal yang menguntungkan, baik, stabil dan yang paling penting adalah konsisten.” ujarnya saat menyampaikan pidato pada acara Inabuyer B2B2G Expo 2024 di Gedung Smisco, Jakarta, Rabu, 15 Mei.

Selain itu, Giri juga menyebut saat ini neraca perdagangan Indonesia masih surplus dengan rata-rata US$2 miliar.

“Sampai Maret (2024), kita sudah mengumpulkan sekitar 7 miliar dolar AS. Hal ini tentunya didukung semua pihak, tidak hanya Kementerian Perdagangan, tapi juga para pelakunya,” ujarnya.

Ia menambahkan, tingkat inflasi RI juga tetap stabil, kurang dari 3 persen. Hal ini juga menunjukkan bahwa inflasi di Indonesia masih tergolong baik dibandingkan negara lain di dunia.

“Inflasinya bagus. Makanya kita ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang bekerja sama. Kita berada di bawah 3 persen, itu sangat rendah, karena negara-negara lain di dunia sedang mengalami inflasi yang tinggi,” ujarnya.

Menurut Jerry, ketiga hal tersebut tercapai berkat koordinasi yang baik antar kementerian/lembaga, baik Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Pemerintah Daerah (BIMDA).

Karena kalau kita bicara itu penting karena kalau kita bicara banyak produk yang ada di daerah. Dan di daerah kita bersinergi dengan pemerintah trans daerah. Ini yang kita punya. untuk menanamkan dan mengingat bahwa pengembangan produk harus membutuhkan banyak koordinasi dan sinergi.”

READ  Mengurangi limbah dan mempercepat ekonomi sirkular untuk memerangi sampah laut - perusahaan

Tag: Giri Sambuja Wamindag Giri Sambuja Ekonomi Keuangan Indonesia