POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wabah adalah salah satu infeksi bakteri paling berbahaya dalam sejarah manusia.  Kasusnya masih terjadi hingga saat ini.

Wabah adalah salah satu infeksi bakteri paling berbahaya dalam sejarah manusia. Kasusnya masih terjadi hingga saat ini.



CNN

Wabah ini, salah satu penyakit bakteri paling mematikan dalam sejarah manusia, menewaskan sekitar 50 juta orang di Eropa pada Abad Pertengahan yang dikenal dengan nama Black Death.

Meskipun penyakit ini jarang terjadi, penyakit ini masih ada sampai sekarang, dan seorang pria di New Mexico tertular. Kematian akibat wabah pada bulan Maret Setelah dirawat di rumah sakit karena sakit dan melukai satu orang di Oregon Dia didiagnosis menderita penyakit pes pada bulan Februari setelah mereka kemungkinan tertular infeksi dari kucing peliharaannya.

Penyakit ini ditularkan melalui kutu yang hidup pada hewan pengerat. Gejala biasanya muncul dalam satu hingga tujuh hari setelah infeksi, dan termasuk pembengkakan kelenjar getah bening yang menyakitkan, yang disebut bubo, di daerah selangkangan, ketiak atau leher, serta demam, menggigil dan batuk.

Wabah mempengaruhi manusia dan mamalia lainnya.

Biasanya, orang tertular wabah setelah menggigit kutu hewan pengerat yang membawa Yersinia pestis, bakteri penyebab penyakit, atau saat memegang hewan yang terinfeksi, menurut Departemen Kesehatan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Kucing, yang tertular penyakit ini sendiri, dapat menulari manusia secara langsung, sementara anjing yang lebih kuat dapat menularkan kutu tersebut kepada pemiliknya. Manusia juga dapat tertular penyakit ini dengan menghirup tetesan batuk orang atau hewan yang terinfeksi.

Bakteri ini bertahan karena tingkat penyebarannya yang rendah di antara populasi hewan pengerat tertentu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Hewan yang terinfeksi dan kutunya bertindak sebagai reservoir bakteri jangka panjang.

“Alasan mengapa penyakit ini belum bisa dihilangkan adalah karena masih terdapat reservoir hewan,” kata Dr. Dan Baruch, direktur Pusat Penelitian Virus dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center. Dia berkata pada bulan Februari“Bakteri ini dapat menginfeksi hewan, dan karena kita tidak dapat mengobati semua hewan di alam liar, bakteri ini tetap ada di alam dan terkadang menyebabkan sejumlah kasus pada manusia.”

READ  Pejabat NASA: Astronot akan hidup dan bekerja di Bulan pada tahun 2030 | NASA

Wabah ini terjadi secara alami di daerah pedesaan di Amerika Serikat bagian barat, khususnya di Arizona, California, Colorado, dan New Mexico. Di wilayah ini, rata-rata tujuh kasus wabah pada manusia dilaporkan setiap tahunnya ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Namun ada lebih banyak kasus yang terjadi di beberapa bagian Afrika dan Asia.

Dari tahun 2010 hingga 2015, 3.248 kasus dilaporkan di seluruh dunia, termasuk 584 kematian, menurut Organisasi Kesehatan Global. Ia mengatakan, tiga negara dengan wabah penyakit terbanyak adalah Republik Demokratik Kongo, Madagaskar, dan Peru.

Ada tiga jenis wabah – wabah pes, wabah septikemia, dan wabah pneumonia. Dengan wabah pneumonia – yaitu penyakit yang menyerang paru-paru – terdapat risiko penularan langsung dari manusia ke manusia. Inilah yang terjadi Dalam wabah besar di Madagaskar pada tahun 2017Jumlah kasus terkonfirmasi, probable, dan suspek mencapai 2.348 kasus dan kematian 202 orang.

Epidemi wabah perkotaan terakhir di Amerika Serikat terjadi di Los Angeles dari tahun 1924 hingga 1925, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Antibiotik modern—streptomisin adalah pengobatan awal yang biasa dilakukan—dapat mencegah komplikasi dan kematian jika diberikan segera setelah gejala muncul. Pengobatan ini digunakan untuk mengobati dua jenis wabah yang paling umum: wabah pes dan wabah pneumonia.

“Alasan mengapa penyakit ini menyebabkan begitu banyak kematian dan kehancuran pada Abad Pertengahan adalah karena kita tidak memiliki antibiotik pada saat itu,” kata Baruch. Dia berkata pada bulan Februari Tentang wabah.

“Walaupun wabah bisa menjadi penyakit yang serius, penyakit ini biasanya mudah diobati dengan antibiotik asalkan diketahui sejak dini. Jadi penyakit ini sekarang menjadi penyakit yang mudah diobati Kematian Hitam, katanya. “Jika seseorang mengalami gejala yang mirip dengan wabah – biasanya gejala awalnya adalah demam, menggigil, dan pembengkakan kelenjar getah bening – mereka harus mencari perawatan medis, karena pada tahap awal, wabah dapat dengan mudah diobati dengan antibiotik.”

READ  SpaceX menantikan peluncuran roket Falcon 9 berikutnya pada Sabtu malam dari Cape

Wabah pes memiliki angka kematian sebesar 30% hingga 60% jika tidak diobati, sedangkan wabah pneumonia, jika tidak diobati, hampir selalu berakibat fatal. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Namun, jenis penyakit pes dengan Resistensi tingkat tinggi terhadap streptomisin Itu telah terlihat di Madagaskar.

Lebih dari 80% kasus wabah di Amerika Serikat adalah penyakit pes, yang merupakan bentuk infeksi paling umum. Wabah pes yang tidak diobati dapat berubah menjadi wabah pneumonia yang lebih serius, yang menyebabkan pneumonia yang berkembang pesat setelah bakteri menyebar ke paru-paru.

di sana Vaksin Yersinia pestisTapi itu hanya direkomendasikan untuk orang-orang berisiko tinggi seperti ilmuwan yang bekerja langsung dengan bakteri, kata Dr. Harish Moorjani, spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Phelps di New York, bagian dari Northwell Health. Dia berkata pada bulan Februari.

“Kebanyakan orang tidak memerlukan vaksin,” kata Moorjani.

A ulasan tahun 2019 Penelitian mengenai vaksin wabah eksperimental menunjukkan bahwa para peneliti sedang menjajaki berbagai pendekatan untuk mengembangkan vaksin yang efektif melawan wabah.

Karena desain vaksin yang berbeda memicu mekanisme kekebalan yang berbeda, penulis menyimpulkan bahwa kombinasi berbagai jenis vaksin dapat mengatasi keterbatasan masing-masing vaksin dan secara efektif mencegah potensi wabah wabah.

Bagaimana cara melindungi diri sendiri dan keluarga Anda?

Dapatkan buletin mingguan CNN Health

Langkah-langkah penting untuk pencegahan wabah termasuk menghilangkan tempat bersarang hewan pengerat di sekitar rumah, lumbung, garasi, dan area hiburan dengan membuang semak, tumpukan batu, sampah, dan sisa kayu bakar.

Melaporkan hewan yang sakit atau mati kepada penegak hukum atau pejabat kesehatan setempat; Jangan mengambilnya atau menyentuhnya sendiri. Jika Anda harus menangani hewan yang sakit atau mati, kenakan sarung tangan.

Jika Anda tinggal di daerah yang terkena dampak, Ambil tindakan pencegahan ekstraGunakan obat nyamuk yang mengandung DEET untuk mencegah gigitan kutu dan obati kutu pada anjing dan kucing secara teratur. Jangan tidur dengan hewan peliharaan Anda karena hal ini meningkatkan risiko tertular wabah. Terakhir, hewan peliharaan Anda tidak boleh berburu atau berkeliaran di habitat hewan pengerat, seperti koloni anjing padang rumput.

Jacqueline Howard dan Mira Cheng dari CNN berkontribusi pada laporan ini.