POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vietnam berjanji untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap hubungan ASEAN-Selandia Baru

Vietnam berjanji untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap hubungan ASEAN-Selandia Baru

Diplomat Vietnam tersebut menyampaikan harapannya agar ASEAN dan Selandia Baru bersama-sama meluncurkan lebih banyak kegiatan praktis sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan institusi mereka agar dapat mengambil manfaat dari peluang kerja sama perdagangan.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Brunei yang telah berhasil menjalankan perannya saat ini sebagai koordinator hubungan ASEAN-Selandia Baru, dan menekankan bahwa pihak Vietnam, sebagai koordinator berikutnya, siap bekerja sama dengan Selandia Baru untuk meningkatkan hubungan bilateral pada kesempatan pertemuan khusus ini. peringatan tahunan. Peringatan 50 tahun terjalinnya hubungan ASEAN dan Selandia Baru pada tahun 2025.

Dalam pertemuan tersebut, ASEAN dan Selandia Baru menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat kemitraan sekaligus memperkuat hubungan, termasuk melalui kelanjutan implementasi Rencana Aksi ASEAN-Selandia Baru pada tahun 2021 hingga 2025.

Blok tersebut menyambut baik dukungan Selandia Baru terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), dan menantikan kegiatan nyata yang berupaya meningkatkan kerja sama praktis sejalan dengan Pernyataan Bersama ASEAN-Selandia Baru tentang Kerjasama mengenai AOEP yang diadopsi pada tahun 2023.

Pada saat yang sama, Selandia Baru berkomitmen untuk mendukung sentralitas ASEAN, khususnya melalui partisipasinya dalam mekanisme yang dipimpin ASEAN dan melaksanakan kegiatan kerja sama berdasarkan empat tema yang diidentifikasi dalam Rencana Aksi untuk Perdamaian, Kemakmuran, Manusia dan Planet tahun 2021 hingga 2025. .

Mengingat tahun 2025 menandai peringatan 50 tahun hubungan dialog ASEAN-Selandia Baru, rencana aksi baru dari tahun 2026 hingga 2030 juga akan diadopsi tahun depan, dengan kedua belah pihak sepakat untuk menjajaki inisiatif dan kegiatan untuk memperingati peristiwa bersejarah ini dan meningkatkan kerja sama. .

Selandia Baru menegaskan kembali niatnya untuk meminta pembentukan kemitraan strategis komprehensif dengan ASEAN bersamaan dengan peringatan lima puluh tahun terjalinnya hubungan tersebut.

READ  Mag yang kuat gempa bumi 6.2 - Laut Banda, 38 km timur laut Lospalos, MUNICIPIO de Lautem, Timor Leste, pada hari Jumat 27 Mei 2022 pukul 11:36 (GMT +9)