POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Vaksin Moderna untuk Kapal AS ke Indonesia di Tengah Lonjakan COVID-19 |  Suara Amerika

Vaksin Moderna untuk Kapal AS ke Indonesia di Tengah Lonjakan COVID-19 | Suara Amerika

Gedung Putih – Saat Indonesia menangani peningkatan kasus COVID-19, pemerintahan Biden pada Jumat mengirimkan 3 juta dosis vaksin virus corona Moderna ke negara tersebut.

“Selain vaksin yang juga kami kirimkan, kami sedang bergerak maju dengan rencana untuk meningkatkan bantuan untuk upaya Indonesia yang lebih luas dalam menanggapi COVID-19,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki saat briefing kepada wartawan, Jumat.

“Kami menyadari situasi sulit yang dihadapi Indonesia saat ini dengan peningkatan kasus virus corona. Kami mendukung mereka yang terkena dampak peningkatan ini.”

Indonesia sedang berjuang melawan rekor peningkatan kasus dan kematian baru karena varian delta yang sangat menular.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan kepada VOA bahwa pengiriman itu adalah salah satu yang terbesar yang pernah disumbangkan oleh Amerika Serikat. Secara total, Amerika Serikat telah mengalokasikan 4 juta dosis ke Indonesia, dan 1 juta sisanya akan dikirimkan “segera”.

Pemerintah juga mengirimkan 500.000 dosis vaksin Johnson & Johnson ke Moldova, batch pertama vaksin gabungan AS dengan Eropa. Selain itu, 1,5 juta dosis Johnson & Johnson akan dikirim ke Nepal, dan 500.000 dosis Moderna ke Bhutan.

dasbor indonesia

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, dalam konferensi pers pada hari Jumat, membenarkan pengiriman tersebut.

“Ini merupakan pengiriman pertama melalui mekanisme COVAX,” kata Marsudi merujuk pada Mekanisme Pembagian Vaksin PBB.

Seorang wanita menerima suntikan vaksin Sinovac COVID-19 selama vaksinasi massal di stadion utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Indonesia, 26 Juni 2021.

Indonesia yang populasinya tidak melebihi 5% dari total populasinya, sangat bergantung pada vaksin China. Negara ini telah membeli 108,5 juta dosis vaksin Sinovac, tetapi melihat peningkatan tingkat infeksi di antara pekerja medis yang divaksinasi penuh.

Setelah beberapa pekerja medis yang divaksinasi lengkap meninggal karena COVID-19, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadkin mengatakan pada hari Jumat bahwa pemerintah akan memberi 1,47 juta petugas kesehatan dosis vaksin Moderna.

Pukulan ketiga hanya akan diberikan kepada petugas kesehatan karena petugas kesehatan yang terpapar virus tingkat tinggi setiap hari, katanya dalam konferensi pers. “Mereka harus dilindungi dengan segala cara.”

Pemerintah Indonesia mengizinkan vaksin Moderna untuk penggunaan darurat pekan lalu.

Upaya respons yang lebih luas terhadap COVID-19

Pejabat senior Gedung Putih mengatakan bahwa selain menyediakan vaksin, pemerintah bergerak maju dengan rencana untuk meningkatkan bantuan untuk upaya Indonesia yang lebih luas dalam menanggapi COVID-19.

“Sejauh ini, kami telah memberikan bantuan langsung COVID-19 lebih dari $14,5 juta ke Indonesia, termasuk $3,5 juta untuk membantu memvaksinasi masyarakat Indonesia dengan cepat dan aman,” kata pejabat tersebut.

Orang-orang mengantre untuk mendapatkan vaksin Sinovac COVID-19 selama vaksinasi massal di stadion utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Indonesia, 26 Juni 2021.

Pejabat tersebut menambahkan bahwa dukungan USAID juga telah memberikan pendidikan kesehatan masyarakat kepada Jakarta, pelatihan ribuan tenaga kesehatan, pendanaan untuk situs web informasi COVID-19 nasional yang telah mencapai lebih dari 36 juta orang, peralatan pengujian COVID-19, 1.000 ventilator dan hampir dari 2.000 tempat cuci tangan.

Pengiriman 4 juta dosis vaksin ke Indonesia merupakan bagian dari 80 juta dosis yang telah dialokasikan Amerika Serikat untuk membantu negara-negara yang membutuhkan, selain 500 juta dosis yang telah dilakukan untuk melawan COVAX.

Aktivis mengatakan itu tidak cukup.

Tom Hart, Penjabat CEO dari kampanye tunggalIni adalah kelompok nirlaba yang memerangi kemiskinan dan penyakit di dunia.

untuk saya CDC اات dataSebagian besar negara bagian AS memberikan setidaknya 75% dari dosis vaksin pertama yang diberikan.

Hart mencatat bahwa di beberapa negara, kurang dari 1% orang telah menerima vaksin COVID-19.

“Kami telah mengunci di Amerika Serikat, Kelompok Tujuh dan negara-negara Uni Eropa lainnya pasokan global yang sama untuk mengakhiri pandemi ini,” kata Hart. “Namun, kami tidak berbagi kecepatan atau skala yang kami butuhkan untuk mencapai kekebalan kawanan universal yang akan membuat kita semua aman.”

Menanggapi pertanyaan dari VOA tentang rencana untuk menyumbangkan lebih banyak dosis, sekretaris pers Gedung Putih Psaki mengatakan Amerika Serikat sudah menjadi penyumbang terbesar. Dari satu miliar dosis yang dijanjikan oleh negara-negara kaya G7, sekitar 580 miliar berasal dari Amerika Serikat

“Presiden menjelaskan bahwa kami akan terus membangun dari sini, bekerja pada kapasitas produksi di seluruh dunia dan di Amerika Serikat dan kami akan terus berkontribusi bahkan melebihi satu miliar dosis,” kata Psaki.

Laporan ini disumbangkan oleh Eva Mazrieva, yang mencakup beberapa informasi dari Agence France-Presse dan Reuters.

READ  Melihat lebih dekat: Indonesia, episentrum wabah virus corona COVID-19 di Asia, mempertimbangkan pelonggaran pembatasan