POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

University of California berkolaborasi dengan QAI, meningkatkan sektor teknologi kuantum di Alberta

University of California berkolaborasi dengan QAI, meningkatkan sektor teknologi kuantum di Alberta

University of Calgary telah bermitra dengan perusahaan modal ventura QAI Ventures yang berbasis di Swiss

Konten artikel

Menggambarkannya sebagai langkah penting dalam bidang pengembangan teknologi kuantum yang sedang berkembang, pejabat dari Universitas Calgary mengumumkan kemitraan baru dengan perusahaan modal ventura QAI Ventures yang berbasis di Swiss pada hari Rabu.

Perusahaan Swiss ini akan berkolaborasi dengan Quantum City – pusat penelitian sains kuantum dan pengembangan teknologi di Universitas California – dalam program akselerator baru, yang menyediakan pendanaan ventura untuk perusahaan rintisan teknologi kuantum dan wirausahawan tahap awal.

Iklan 2

Konten artikel

Konten artikel

Mengingat tidak banyak pusat inovasi kuantum di seluruh dunia, Megan Lee, direktur pelaksana Quantum City, mengatakan kolaborasi ini akan memperluas pengaruh internasional Calgary di sektor yang sedang berkembang dengan menarik perusahaan rintisan untuk berpartisipasi dalam program akselerator.

“Hal ini memperluas jangkauan kami secara global, meningkatkan akses kami terhadap peluang investasi, dan mempercepat pengembangan solusi kuantum kami yang berpotensi mentransformasi banyak industri yang berbeda,” katanya.

Sederhananya, ilmu kuantum adalah studi tentang bagaimana materi dan energi berperilaku pada tingkat subatom, kata Lee.

“Pada tingkat itu, segala sesuatunya mulai berjalan dengan sangat aneh,” katanya. “Dengan memanfaatkan keanehan ini, kita mendapatkan teknologi kuantum.”

Evolusi teknologi kuantum dapat bervariasi dari komputasi kuantum hingga penginderaan kuantum dan komunikasi kuantum.

Lee mengakui bahwa bidang ini masih sangat muda sehingga sulit untuk menggambarkan sejauh mana teknologi kuantum akan berdampak pada masyarakat dalam waktu dekat.

Namun, ia mencatat bahwa penerapan praktisnya dapat berkisar dari skenario optimasi hingga simulasi untuk berbagai industri, termasuk energi, pertanian, atau sektor lainnya.

Konten artikel

Iklan 3

Konten artikel

“Hal yang harus kita ingat adalah bahwa teknologi kuantum akan berdampak pada kita, bahkan rata-rata warga Calgaria, baik mereka bekerja di bidang teknologi atau tidak,” katanya.

“Kita perlu mulai bereksperimen dan kita perlu mulai berpikir tentang bagaimana kita dapat mengadaptasi teknologi kuantum ketika teknologi tersebut sudah ada.”

“Kami ingin menjadi bagian dari ekonomi baru”

QAI Ventures didirikan pada tahun 2022 di Basel, Swiss, sebagai perusahaan modal ventura dan akselerator yang berfokus pada teknologi kuantum. Menurut situs web perusahaan, QAI Ventures mendukung startup saat mereka membawa proyek dari laboratorium ke pasar, hingga meluncurkan IPO.

Apa yang menarik QAI Ventures ke University of Calgary adalah fokus besar Quantum City dalam hal inovasi kuantum, kata Alexandra Pekstein, CEO dan salah satu pendiri perusahaan.

“Dibutuhkan banyak komitmen dari seluruh pemain secara bersama-sama, dan itulah yang kami temukan di sini dengan cara yang sangat terfokus,” katanya. “Itulah mengapa Universitas Calgary menarik kami. Kami tidak ragu sedikit pun ketika mereka meminta kami untuk bekerja sama.”

Dia mengakui bahwa berinvestasi pada teknologi kuantum melibatkan risiko finansial dan membutuhkan kesabaran jangka panjang, namun perusahaannya percaya akan manfaat masa depan dari teknologi ini.

Iklan 4

Konten artikel

“Kami tidak datang dengan tujuan menghasilkan uang dengan cepat, seperti kebanyakan pemodal ventura,” katanya, sambil mencatat bahwa QAI Ventures adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang secara khusus berfokus pada investasi dalam teknologi kuantum.

READ  Preview: No. 7 Red Raiders di The Prestige

“Kami ingin membangun ekosistem dan membentuk perekonomian berdasarkan teknologi ini. Kami ingin menjadi bagian dari perekonomian baru. Itulah tujuan kami, itulah sebabnya kami melakukan hal ini. Itulah sebabnya kami berinvestasi dalam teknologi ini.”

Menteri Teknologi dan Inovasi Alberta Nate Globish
Nate Globish, Menteri Teknologi dan Inovasi Alberta, menyebut kemitraan ini sebagai “pengubah permainan”. Brent Culver/Postmedia

“Ini akan menjadi pengubah permainan.”

Turut hadir pada pengumuman hari Rabu itu adalah Nate Globish, Menteri Teknologi dan Inovasi Alberta.

Dia membandingkan inovasi dalam ilmu kuantum dengan perkembangan terkini dalam kecerdasan buatan, dan menyatakan bahwa ini adalah “waktu yang menyenangkan untuk berada di bidang teknologi.”

“Saya pikir kuantum akan melakukan hal yang sama dalam lima hingga 10 tahun ke depan untuk segala hal yang berkaitan dengan teknologi seperti yang dilakukan kecerdasan buatan untuk segala hal yang berkaitan dengan teknologi dalam lima tahun terakhir,” katanya. “Itulah mengapa sangat penting bagi kami untuk berinvestasi dalam membangun penelitian dan keahlian kuantum di Universitas Calgary.”

Globish menambahkan bahwa kemitraan UCLA dengan QAI Ventures akan membantu menarik inovator teknologi kuantum ke Calgary, di mana mereka akan mengembangkan ide-ide mereka menjadi “teknologi praktis yang sangat menarik” dengan potensi untuk mengubah dunia.

“Ini akan menjadi pengubah permainan,” tambahnya.

Konten artikel