POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Uni Eropa ingin memiliki kehadiran angkatan laut di Laut Cina Selatan – dunia

Diane Sabtiari (Jakarta Post)

luar biasa

Jakarta
Rabu 9 Juni 2021

Diplomat top Uni Eropa baru-baru ini mengatakan bahwa UE bermaksud untuk memiliki kehadiran angkatan laut yang lebih kuat di Laut Cina Selatan karena telah berusaha untuk menyusun strateginya sendiri antara Indo-Pasifik.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan Uni Eropa sedang membahas kemungkinan terlibat dalam latihan bersama di Laut Cina Selatan, sementara pada saat yang sama menawarkan negara-negara ASEAN, terutama Indonesia, untuk berpartisipasi dalam pengembangan kompas strategis Uni Eropa.

Dia mengatakan angkatan laut Eropa tidak terlalu banyak hadir di Laut Cina Selatan, lebih fokus pada Mediterania, Teluk Persia dan pantai Afrika.

“Tetapi semakin banyak kami akan mulai menunjukkan kehadiran yang lebih kuat karena 40 persen perdagangan kami melewati goes [South China] Laut adalah semacam urat nadi bagi kita. Jadi Anda akan melihat semakin banyak kehadiran angkatan laut Eropa yang berkembang…

Untuk membaca cerita selengkapnya

berlangganan sekarang

Mulai dari Rp 55.000/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten kami di web dan aplikasi
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • Bonus berlangganan untuk berbagi
  • Bookmark dan fungsi mode malam di aplikasi
  • Berlangganan buletin kami

READ  Para ilmuwan telah menemukan bahwa hobbit dan manusia purba lainnya bukanlah "agen perusak" dari kepunahan