POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

UI perluas kerja sama riset dengan dua universitas Amerika

UI perluas kerja sama riset dengan dua universitas Amerika

Jakarta (Antara) – Universitas Indonesia (UI) memperluas kerjasama akademik dan penelitian dengan University of California, Berkeley (UCP) dan University of California, Davis (UCD), kata wakil rektor.

Usai kerja sama ini, perwakilan UI mengunjungi kedua universitas dalam kunjungan resmi ke Amerika Serikat pada 27 November hingga 2 Desember 2023, kata Teddy Briadi, Wakil Rektor UI Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset.

Kunjungan ini melanjutkan kerja sama selama setahun dengan UCB dalam Program Keterlibatan Ilmiah Fakultas Teknik UI untuk Riset dan Inovasi Sumber Daya Alam.

Skema bersama ini sepenuhnya didanai oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), katanya kepada wartawan setempat, Selasa.

Di UCB, perwakilan UI mengunjungi akselerator dan inkubator teknologi universitas, Berkeley SkyTech, untuk menentukan benchmark kegiatan terkait Science Techno Park, ujarnya.

Mereka juga mengunjungi Sudarja Center for Entrepreneurship and Technology (SCET).

Pusat akademik di Fakultas Teknik UCB adalah tempat bagi para insinyur dan ilmuwan untuk menciptakan, memproduksi dan mengkomersialkan kreasi inovatif, kata Briadi.

Sementara itu, di UCD, perwakilan UI dan rekan-rekan UCD mendiskusikan kemungkinan kolaborasi program gelar ganda bagi mahasiswa teknik UI di tingkat sarjana dan pascasarjana.

Mereka juga membahas penempatan profesor tamu UCD di UI dan pengawasan bersama terhadap mahasiswa PhD, katanya.

Sedangkan untuk proyek penelitian bersama, UCD telah meminta UI mengirimkan tiga peneliti terbaiknya untuk melakukan proyek penelitian bersama dengan rekan-rekan UCD, tambahnya.

Sebelumnya diberitakan ANTARA, UI yang berlokasi di Tebok, Jawa Barat terpilih sebagai universitas terbaik Tanah Air.

Dalam pemeringkatan tahunan universitas global yang diterbitkan Webometrics pada Januari 2023, UI dinobatkan sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Dalam keterangannya baru-baru ini, Rektor UI Ari Kunkoro mengatakan universitas tetap berkomitmen untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, dan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia.

READ  Ledakan mematikan di Indonesia membuat ambisi logam baterai menjadi sorotan menjelang pemilihan presiden

Salah satu upayanya untuk mengglobalisasikan pendidikan dan penelitiannya adalah dengan menjalin kerjasama dengan universitas-universitas ternama di luar negeri.

Misalnya, Fakultas Teknik UI berkolaborasi dengan Osaka University untuk mendukung proyek penelitian yang mengarah pada penemuan dan solusi baru untuk mengatasi tantangan global.

Berita Terkait: ANTARA meraih penghargaan Mitra Terbaik di Digital Media Award oleh UI
Berita terkait: UI dan universitas di Inggris akan berkolaborasi dalam penelitian perubahan iklim