POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Travel Bites: Nasi Campur, sepiring camilan Bali terbaik dalam sekali duduk

Travel Bites: Nasi Campur, sepiring camilan Bali terbaik dalam sekali duduk

Bayangkan (karena alasan yang tragis) Anda hanya berada di Bali untuk satu malam, namun Anda berharap bisa mendapatkan makanan lokal sebanyak mungkin.

Nah, Anda telah mendapatkan jackpot pecinta kuliner di ‘Pulau Dewata’, karena ini adalah kuliner terbaik kedua yang pernah menyantap Indonesia sekaligus.

Makanan

Sekilas Nasi Campur mungkin tampak seperti racikan yang diciptakan untuk menyenangkan wisatawan, namun dengan menyajikan beragam makanan lokal dalam sekali makan, nasi campur sebenarnya adalah hidangan asli Indonesia yang bisa dinikmati baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Makanan ini tidak memiliki asal usul sejarah tertentu atau aturan mutlak: pada dasarnya, ini adalah nasi biasa yang disajikan dengan berbagai hidangan daging dan sayuran, dan dapat ditemukan di mana-mana mulai dari warung pinggir jalan hingga kelas atas. Restoran.

Nasi Kamper dapat ditemukan dimana-mana mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran kelas atas.

Bukeja Susu/Zat

Nasi Kamper dapat ditemukan dimana-mana mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran kelas atas.

Disebut Nasi Bangkus di warung pinggir jalan, disajikan dengan dibungkus kertas coklat atau dilipat menjadi kerucut di dalam daun pisang. Beberapa pedagang menyiapkan meja atau etalase dengan berbagai macam makanan untuk dipilih – yang lain menumpuk makanan di atas daun pisang.

Di warung (restoran), nasi campur cenderung mengikuti set menu, namun hidangan yang disajikan akan berubah berdasarkan musim dan geografis.

Coba di luar negeri

Saya menemukan Lilla Warung pada perjalanan pertama saya ke Sanur di Bali – yang penduduk setempat bercanda menyebutnya “mendengkur” karena ini adalah bagian terdingin di pulau itu – pada tahun 2016.

Kembali pada tahun 2023, saya berharap warung ini selamat dari masa-masa sulit yang dibawa oleh Covid ke wilayah tersebut, dan menyusuri Jalan Bhumi Ayu, Sanur ke lokasinya, di mana, yang membuat saya senang, pintu-pintunya menyambut baik.

READ  PPKM Darurat saat Aadhaar

Setelah duduk, saya tidak perlu waktu memikirkan pesanan saya – selalu Nasi Kamper. Ingatan saya tentang betapa nikmatnya tahun 2016 begitu kuat sehingga cukup untuk membawa saya ke sini sebagai destinasi kuliner pertama saya kali ini.

Itu tampak semudah ingatanku tentangnya. Di piring saji besar tersebar tujuh atau lebih masakan Bali yang berbeda di sekitar nasi puti.

Warung Lilla, Sanur, Bali.

Bukeja Susu/Zat

Warung Lilla, Sanur, Bali.

Cara terbaik untuk menikmati Nasi Campur adalah dengan memakannya secara berurutan, sehingga Anda dapat mencicipi setiap hidangan beberapa kali sebelum melanjutkan ke hidangan berikutnya.

Kali ini, hidangannya antara lain: tahu keras yang dilumuri kari kental yang lembut, sayur urab (sayuran tumis ringan dan rebung), baby kekab (daging babi dengan kuah yang sedikit asam dan kental), ayam sisit (ayam Bali yang disuwir), sayur nanga (direbus dengan api kecil). dalam kuah kaldu yang ringan), nangka), sambal telur (telur rebus dengan saus tomat abu-abu pedas), tempe goreng (renyah dan rapuh) – dan, tentu saja, sata ayam standar.

Makanannya ditemani kerupuk (kripuk), timun, dan kacang-kacangan buatan sendiri.

Ditambah lagi, tentu saja, Nasi Budih, yang merupakan kunci dari pengalaman keseluruhan, karena nasi merupakan cara sempurna untuk menghilangkan saus dan sisa makanan dari piring, sehingga Anda dapat menikmati rasanya lebih lama.

Di akhir makan, piring saya sudah kosong, perut kenyang, dan pecinta kuliner di dalam diri saya benar-benar puas.

Cobalah di sini

Jika Anda mencari hidangan lokal Indonesia atau Bali di Auckland, pergilah ke Bali Nights yang penuh warna di Ponsonby.

Restoran kasual ini tidak hanya menawarkan masakan Bali dalam suasana menyenangkan dengan harga terjangkau, Anda juga bisa mencoba Nasi Kamper versi mereka sendiri. Melihat: Balinights.co

READ  3 Berita Teratas: Walhi mengecam pidato Jokowi di KTT WWF tentang infrastruktur air dan diplomasi air