POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Transportasi laut adalah kunci untuk mendorong pembangunan ekonomi di Indonesia: Jokowi

Transportasi laut adalah kunci untuk mendorong pembangunan ekonomi di Indonesia: Jokowi

PALU, Sulawesi Tengah (ANTARAJ) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sektor maritim menjadi kunci bagi perkembangan perekonomian Indonesia karena menjadi sarana transportasi barang dan manusia.

“Untuk menunjang kawasan maritim, diperlukan pelabuhan sebagai tempat transit angkutan laut serta tempat bongkar muat logistik,” kata Jokowi saat kunjungan kerjanya ke Palu, Sulawesi Tengah, Rabu.

Ia menegaskan, mengingat dua pertiga wilayah Indonesia merupakan lautan, maka transportasi laut menjadi kunci peningkatan perekonomian nasional.

Oleh karena itu, pemerintah pusat terus berupaya meningkatkan fasilitas pelabuhan sesuai dengan standar pelayanan, pengelolaan, teknologi dan peralatan dengan pelayanan logistik yang terintegrasi dan konektivitas dengan moda transportasi lain untuk pelayanan yang lebih cepat dan efisien, kata Presiden.

Ia menekankan, “Kita tidak boleh kalah dengan negara lain karena kita mempunyai wilayah maritim yang bagus. Harus dimanfaatkan secara maksimal.”

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi meresmikan dua pelabuhan di Sulawesi Tengah yang telah selesai proses rekonstruksinya sebagai bagian dari upaya pemulihan pasca bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi pada tahun 2018 di wilayah tersebut.

Gempa bumi tahun 2018 melanda Kota Palu dan sekitarnya, antara lain Pelabuhan Bantoloan di Palu dan Pelabuhan Wanni di Kabupaten Donggala, ujarnya.

Menurut Kepala Negara, anggaran pekerjaan rekonstruksi pelabuhan sebesar Rp 233 miliar (14 juta dolar AS) untuk memulihkan fungsi pelabuhan yang terkena bencana dan meningkatkan kapasitas pelayanan pelabuhan sebagai simpul kegiatan logistik. .

Situasi global saat ini merupakan persaingan untuk mendongkrak perekonomian masing-masing negara. Pemenangnya akan memanfaatkan peluang terbesar dalam perekonomian. Indonesia harus ikut memenangkan persaingan ini dengan menyiapkan infrastruktur pendukung yang kuat, sumber daya manusia yang kuat, dan manajemen perekonomian yang kuat, kata Jokowi. .

READ  Kepemimpinan Indonesia di Masa Sulit - Akademisi

Berita terkait: Al-Sammadi menyerukan peningkatan layanan digitalisasi di bidang transportasi laut
Berita Terkait: Pakamla membahas keamanan maritim dengan KBRI ibu kota
Berita Terkait: Indonesia membangun industri pembuatan kapal untuk menumbuhkan ekonomi biru