POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tingkat inflasi rata-rata Indonesia selama pemerintahan Jokowi kurang dari 4%: Luhut

TEMPO.CODan JakartaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjitan mengungkapkan rata-rata laju inflasi selama masa jabatan Presiden Joko Widodo atau pemerintahan Jokowi selalu di bawah 4 persen.

Pernyataan itu disampaikan Luhut di Instagram @luhut.pandjaitan pada Kamis, 20 Juli 2023. “Ini salah satu manfaat dari Program manufaktur Indonesia yang berkontribusi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Mengutip Edelman Trust Barometer 2023, Luhut menyebut Indonesia berada di peringkat kedua daftar negara dengan tingkat optimisme ekonomi tinggi, mengungguli Amerika Serikat di peringkat ke-14.

“Kami ingin negara maju memahami satu hal penting: larangan ekspor nikel yang kami putuskan secara tidak langsung memudahkan Amerika Serikat dan negara lain untuk mengakses bahan baterai lithium-nickel,” jelas Luhut.

Ia menegaskan, Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menerapkan teknologi filtrasi asam tekanan tinggi (HPAL) untuk mengolah nikel kadar rendah menjadi bahan baterai litium.

Luhut mengaku sangat sedikit orang yang tahu apa yang dilakukan Indonesia. Karena itu, dia menilai banyak tantangan kebijakan hilirisasi.

“Multiplier effect yang ditimbulkan dari kebijakan hilirisasi ini tidak hanya sebagai penyemangat bagi kita untuk melindungi hak pengelolaan sumber daya alam negara kita secara mandiri, tetapi juga pertanda baik untuk mewujudkan visi bangsa menjadi negara maju pada tahun 2045,” kata Luhut.

Amelia Rahimah Sari

Pilihan Editor: BPS: Seluruh kota setelah inflasi Maret 2023

klik disini Untuk update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  Protes pro-demokrasi meningkat ketika Eswatini melarang internet