POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ThyssenKrupp dan Galangan Kapal Mazagon Dock menandatangani Nota Kesepahaman untuk Kapal Selam India

ThyssenKrupp dan Galangan Kapal Mazagon Dock menandatangani Nota Kesepahaman untuk Kapal Selam India

Sistem Kelautan ThyssenKrupppenyedia kapal selam non-nuklir, bermitra dengan Mazagon Dock Shipbuilders Limited Untuk memasuki pasar India.

Sebuah Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangani, menandai awal dari kolaborasi potensial untuk membangun kapal selam propulsi independen udara konvensional di India. Kandungan lokal yang signifikan diharapkan untuk dimasukkan dalam proses konstruksi.

Konfirmasi ulang kehadiran di India

Dikenal karena arsitektur dan desain kapal selamnya, ThyssenKrupp Marine Systems telah bersiap untuk menegaskan kembali kehadirannya di pasar India.

Perusahaan telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan pembuat kapal Mazagon Dock Shipbuilders Limited, untuk menjajaki pembangunan kapal selam propulsi independen udara konvensional. Upacara yang berlangsung pada 7 Juni 2023 di Mumbai itu dihadiri oleh Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius.

ThyssenKrupp Marine Systems AG memasok kapal laut, kapal dagang khusus, dan yacht di Eropa. Ini beroperasi dalam empat divisi bisnis: Kapal Selam, Kapal Permukaan, Kapal Kustom, dan Layanan Lepas Pantai, menurut laporan GlobalData tentang “Pasar Sistem Peperangan Bawah Laut Global 2018-2028.

Khususnya, perusahaan sebelumnya telah bekerja sama dalam membangun empat kapal selam HDW Class 209 pada 1980-an. Dua yang pertama dibangun oleh ThyssenKrupp Marine Systems (kemudian dikenal sebagai HDW di Kiel), sedangkan dua sisanya dibangun oleh Mazagon Dock Shipbuilders Limited of Mumbai.

Oliver Burkhard, CEO ThyssenKrupp Marine Systems, mengungkapkan antusiasmenya tentang kemitraan ini: “Kami telah menikmati kemitraan berbasis kepercayaan dengan India selama lebih dari satu dekade.

Kapal selam yang kami buat pada 1980-an masih beroperasi hingga sekarang, dan kami sangat bangga akan hal itu. Kami sangat menantikan kesempatan untuk sekali lagi berkontribusi pada keamanan nasional India. Ketika India memanggil, kami siap.”

READ  China mengatakan telah menandatangani perjanjian keamanan dengan Kepulauan Solomon

Baru-baru ini pada tahun 2018, Pembuat Kapal Mazagon Dock memberikan kontrak kepada Thyssenkrupp Marine Systems yang berbasis di Jerman untuk perbaikan dan modernisasi kapal selam kelas Shishumar Angkatan Laut India INS Shishumar.

Konsisten di pasar kapal selam

Thyssenkrupp telah menerima pesanan kapal selam besar dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, ThyssenKrupp Marine Systems telah ditugaskan untuk membangun enam kapal selam Type 212 Common Design baru untuk angkatan laut Norwegia dan Jerman.

Kontrak bernilai sekitar €5,5 miliar ($5,8 miliar), dan termasuk pengiriman dua kapal selam 212CD ke Jerman dan empat sisanya ke Norwegia.

Awal tahun lalu, Kementerian Pertahanan Israel setuju untuk membeli tiga kapal selam kelas Dakar baru dari Sistem Kelautan ThyssenKrupp Jerman dalam kesepakatan senilai $3,4 miliar.

Dengan India menjadi mitra strategis Jerman, Sistem Kelautan ThyssenKrupp bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan berkontribusi pada kerja sama strategis Jerman dengan India.

Tushar Sudesh Manjoor, Analis Penerbangan, Pertahanan dan Keamanan di GlobalData menyimpulkan, “MoU Magazon Dock – ThyssenKrupp memiliki kepentingan strategis yang sangat besar karena kedua negara mempertimbangkan untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama pertahanan.

Ini juga membuka kemungkinan kerja sama di masa depan di bidang-bidang seperti industrialisasi dan teknologi tinggi. Kemitraan pertahanan yang berkembang antara kedua negara juga dapat memberikan peluang besar bagi perusahaan sektor publik dan swasta India untuk menjadi bagian dari rantai pasokan manufaktur pertahanan Jerman.”