POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tebak saham teknologi ASX mana yang akan jatuh setelah penjualan  juta oleh pendirinya

Tebak saham teknologi ASX mana yang akan jatuh setelah penjualan $45 juta oleh pendirinya

Sumber gambar: Getty Images

Sejauh ini merupakan awal yang sulit untuk minggu perdagangan saham ASX pada hari Senin. Pada saat penulisan laporan ini, memang demikian Indeks Standard & Poor's/ASX 200 (ASX: XJO) turun 0,35% dan kembali ke kisaran 7.740 poin. Tapi mari kita bicara tentang salah satu saham teknologi ASX yang dihukum lebih berat saat ini.

Stok teknologi di ASX hanya itu Bijaksana Tech International Limited (ASX: WTC). Perusahaan logistik ini ditutup pada $100,30 per saham minggu lalu. Namun pagi ini, saham yang sama dibuka pada $98,54. Sejak itu, harganya turun 4,33% menjadi $96,07 per saham.

Ini merupakan penurunan besar bagi mantan bintang WAAAX itu. Saham Wisetech telah menunjukkan performa yang luar biasa selama tahun 2024 sejauh ini. Bahkan setelah penurunan hari ini, harga saham Wisetech masih naik sekitar 26% pada tahun 2024 sejauh ini. Perusahaan juga naik 23,9% selama 12 bulan terakhir.

Namun apa yang terjadi pada hari Senin yang menyebabkan penurunan mengejutkan ini?

Sepertinya pengajuan ASX baru yang dirilis Jumat lalu setelah pasar tutup mungkin bertanggung jawab atas hal tersebut.

Pendiri Wisetech Richard White dan Mary Isaacs telah mendivestasikan sebagian besar saham teknologi mereka di ASX, menurut pengajuan ASX.

Haruskah investor saham teknologi ASX khawatir dengan aksi jual besar-besaran para pendirinya?

Ya, formulir tersebut mengungkapkan bahwa White dan Isaacs, melalui perusahaan induk RealWise Holdings Pty Ltd, menjual 478,415 saham Wisetech antara 21 Juni dan 28 Juni dalam serangkaian perdagangan pasar. Realwise menerima harga jual rata-rata $95,19 per saham untuk penjualan ini, yang berarti perusahaan induk menerima $45,54 juta untuk upaya ini.

READ  Minggu ini di Michigan Tech Esports

CEO Wisetech Richard White memiliki 91,83% RealWise Holdings, sementara Isaacs memiliki 8,17% sisanya. Ini berarti White mendapat untung sebesar $41,82 juta dari penjualan ini, sementara Isaac menerima $3,72 juta.

Haruskah investor khawatir terhadap aksi jual pendiri Wisetech?

Ya, itu terserah mereka. Tidak ada investor yang suka melihat tim manajemen di perusahaannya menjual sahamnya di bisnis yang mereka jalankan dengan gaji yang besar. Pada akhirnya, hal ini mengurangi keselarasan keuangan antara manajemen dan pemegang saham.

Namun pendiri perusahaan, eksekutif, dan anggota manajemen memiliki kewajiban keuangan mereka sendiri yang harus diurus. Mungkin mereka harus membayar tagihan pajak yang besar atau membeli rumah baru. Mungkin mereka hanya ingin mendiversifikasi kekayaan mereka dari satu investasi saja.

Bahkan setelah penjualan besar ini, White dan Isaacs tetap memiliki saham besar di Wisetech. White secara tidak langsung masih memiliki 117,837,565 lembar saham teknologi ASX, senilai $11,32 miliar dengan harga saat ini. Jadi penjualan ini bagaikan setetes air di lautan baginya.

Sementara itu, Isaac memegang 10,479,200 saham, bernilai lebih dari $1 miliar.

Jadi sekali lagi, investor Wisetech harus memutuskan apakah mereka menyetujui atau tidak menyetujui langkah terbaru White dan Isaacs terkait saham teknologi ASX ini. Namun jika dilihat dari aksi jual yang terlihat pada harga saham saat ini, hal ini setidaknya telah membuat beberapa investor kebingungan.