POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tahun Baru Islam; Menteri Agama menyerukan perbaikan diri

Tempo.co, Jakarta – Menteri Agama Yakut Solil Kumas mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia memperingati tahun 1446. Tahun Baru Islam Dengan merefleksikan evaluasi diri dan perbaikan diri.

Kalender Islam, dikenal juga dengan kalender Hijriah, ditetapkan pada tahun 622 M untuk memperingati Hijrah – hijrahnya Nabi dan para pengikutnya dari Mekah ke Madinah.

“Di momen yang sangat berharga ini, mari kita sama-sama mempertebal rasa syukur atas nikmat Tuhan yang tak terhitung jumlahnya. Semoga Hijrah terus memberikan kekuatan dan menginspirasi kita untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan agama kita,” kata Kumas dalam keterangannya, Sabtu.

Gomas menegaskan, hijrah tidak boleh dipandang hanya sebagai perpindahan fisik antar kota. Peristiwa penting ini juga mencakup perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh rahmat Tuhan.

Beliau mendorong umat Islam untuk belajar dari kesabaran dan kejujuran Nabi Muhammad SAW yang gigih. Meski menghadapi tantangan dan hambatan yang berat, Nabi berhasil menciptakan masyarakat adil dan makmur di Madinah.

Kumas menyoroti bagaimana kegigihan Nabi Muhammad menginspirasi para ulama Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam perjuangan kemerdekaan dan kemajuan nasional.

Ia mencontohkan Hashim Asyari dan Ahmad Dahlan sebagai ulama yang mengabdikan hidupnya untuk menyebarkan ajaran Islam dan memajukan bangsa.

Meski menghadapi banyak kendala, mereka mampu membawa perubahan signifikan bagi umat Islam dan bangsa Indonesia, berkat tekad dan semangat yang kuat, ujarnya.

Ia berharap Tahun Baru Islam 1446 membawa keberkahan, kedamaian dan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

“Mari kita sambut tahun baru ini dengan semangat baru, harapan baru, dan komitmen kuat untuk menjadi versi terbaik diri kita sendiri,” tegasnya.

Antara

Seleksi Guru: 10 Wanita Muslim Paling Berpengaruh dalam Sejarah Islam

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News

READ  Presiden Jokowi menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat di Jawa Tengah