POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Studio XR APU memperkenalkan ekosistem teknologi imersif yang canggih

Studio XR APU memperkenalkan ekosistem teknologi imersif yang canggih

Dalam bidang pendidikan yang terus berkembang, Universitas Teknologi dan Inovasi Asia Pasifik (APU) memimpin dengan XR Studio yang canggih, sebuah pusat transformatif yang mendefinisikan ulang lanskap teknologi yang mendalam di Malaysia dan sekitarnya. .

Profesor Fenech (kiri) memimpin pembuatan fasilitas teknologi tinggi di Studio XR APU. Kit Pelatihan Bersepeda VR (di atas) adalah salah satu fasilitas tersebut.

Di bawah kepemimpinan visioner dari Kepala Inovasi dan Perusahaan APU, Profesor Dr Vinesh Thiruchelvam, fasilitas canggih ini mewakili investasi besar sebesar RM2,25 juta, menjadikan APU pemimpin dalam pendidikan teknologi komprehensif di Malaysia dan sekitarnya.

Inisiatif ini mempelopori fasilitas komputasi spasial khusus untuk teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR), dan bukan hanya yang pertama di Malaysia, namun juga menetapkan standar baru untuk pendidikan teknologi yang mendalam di Malaysia. institusi pendidikan tinggi. .

XR, kependekan dari Extended Reality, adalah istilah umum yang mencakup semua teknologi augmented reality, virtual reality, dan mixed reality. Pendirian Studio XR menggarisbawahi dedikasi APU untuk mengembangkan bakat dalam sistem realitas virtual, realitas tertambah, dan realitas campuran. Desain XR Studio dianggap yang pertama di luar Amerika Serikat.

Bekerja sama dengan Kementerian XR, yang berspesialisasi dalam antarmuka komputasi spasial, APU bersama-sama mengembangkan skema pendidikan perintis untuk realitas virtual dan realitas tertambah. Kolaborasi ini memastikan bahwa siswa memiliki akses terhadap perangkat keras dan perangkat lunak gelombang baru, memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan teknologi yang mendalam.

Sebagai bagian dari komitmennya untuk tetap menjadi yang terdepan dalam kemajuan teknologi, XR Studio baru-baru ini menginvestasikan tambahan RM150,000 untuk meningkatkan fasilitas perangkat kerasnya. Investasi ini diarahkan untuk memperoleh perangkat XR yang baru dan modern, memfasilitasi pengembangan proyek-proyek inovatif dan memastikan siswa memiliki akses terhadap alat-alat terbaru di bidang XR.

READ  Menjalankan ChatGPT di NAS sebenarnya layak untuk ditelusuri – para penggemar teknologi telah memasang GPU Nvidia RTX ke dalam NAS 12 slot yang ditenagai oleh CPU AMD EPYC, dan hasilnya luar biasa

(Dari kiri) Profesor Fenech, Dr Siti Azrina dan insinyur VR Imran Mahleel terlihat mencoba lengan robot realitas campuran di XR Studio.(Dari kiri) Profesor Fenech, Dr Siti Azrina dan insinyur VR Imran Mahleel terlihat mencoba lengan robot realitas campuran di XR Studio.

Menurut Dosen Creative Interactive Technology (CIT) School of Computing APU, Dr. Siti Azrina Moopen, Stasiun kerja game, kacamata pintar MR. Sumber daya ini memberi siswa platform komprehensif untuk mengeksplorasi dan berinovasi di bidang XR.

Siti Azrina juga menyoroti inisiatif penelitian yang sedang berlangsung di XR Studio, termasuk rangkaian pelatihan bersepeda VR dan chatbot XR Studio yang didukung oleh API GPT-3.5.

XR Aviators menggunakan perangkat keras yang ada di XR Studio, termasuk Chatbot yang didukung oleh API GPT-3.5.XR Aviators menggunakan perangkat keras yang ada di XR Studio, termasuk Chatbot yang didukung oleh API GPT-3.5.

“VR Cycling Training Kit, sebuah proyek penelitian yang didanai oleh hibah internal APU (RDIG), bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelatihan bersepeda dengan mengintegrasikan efek angin, tanjakan menanjak, dan efek kemiringan lereng ke dalam satu produk yang kohesif,” Dr. .Siti., menyoroti upaya pihak studio. Komitmen terhadap penelitian inovatif.

Sedangkan untuk chatbot yang dibuat menggunakan API GPT-3.5, tujuan pengembangannya adalah untuk membantu menampilkan dan memperkenalkan XR Studio kepada pengunjung. Dr. Siti Azrina menjelaskan bahwa chatbot tampil sebagai avatar, memfasilitasi komunikasi dua arah melalui mikrofon, dan terintegrasi ke dalam komputer EDEX untuk ditampilkan pada kaca HoloLens.

Selain itu, kemitraan strategis APU dengan Asosiasi VR/AR (VRARA) memperkuat konektivitas globalnya dalam komunitas XR.

Profesor Fenech menjabat sebagai Presiden VRARA Malaysia Chapter, sementara Dr Siti Azrina menjabat sebagai Sekretarisnya, memberikan mahasiswa dan staf peluang jaringan yang sangat berharga dan akses ke wawasan industri.

Selain keunggulan akademik, Studio XR APU memainkan peran penting dalam mempromosikan kolaborasi interdisipliner. Dengan mendorong mahasiswa dan dosen dari berbagai disiplin ilmu untuk memanfaatkan keahlian mereka dalam ekosistem XR, APU mempromosikan solusi inovatif dengan aplikasi dunia nyata.

READ  India mengumumkan misi kuantum nasional senilai US$740 juta, berencana mendirikan pusat teknologi

Integrasi Meta Quest 3, perangkat keras XR mutakhir yang diperkenalkan Meta pada Oktober 2023, semakin memperkaya kemampuan XR Studio. Perangkat ini memungkinkan pengalaman mixed reality (MR) yang mendalam, memungkinkan siswa menjelajahi batas-batas baru dalam komputasi spasial.

Komitmen APU terhadap transformasi dan inovasi digital tidak hanya mencakup kampus, memperkuat posisinya sebagai Institusi Teknologi Digital (PDTI) terkemuka dari Perusahaan Ekonomi Digital Malaysia (MDEC). Melalui integrasi kurikulum, penelitian dan pengembangan, kemitraan industri, pengembangan bakat, penjangkauan komunitas, dan penawaran proyek XR, APU mendorong perubahan yang berdampak pada lanskap digital di Malaysia.

Salah satu keunggulan Studio XR APU adalah dedikasinya untuk memastikan kelayakan kerja yang tinggi bagi lulusannya. APU telah menjalin kemitraan yang luas dengan perusahaan-perusahaan XR terkemuka, startup dan organisasi industri, mendorong kolaborasi, inovasi dan transfer teknologi dalam ekosistem XR.

XR Studio berfungsi sebagai pusat kreativitas dan inovasi dalam komunitas APU. Hal ini bermanfaat bagi berbagai kalangan, termasuk sekolah, peneliti, mahasiswa non-teknis, mitra industri, profesional, dan lembaga pemerintah. Dengan menyediakan akses terhadap teknologi XR yang canggih, APU memberdayakan pemangku kepentingan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru dan membuat kemajuan berarti di bidangnya masing-masing.

Mengomentari pemikirannya, Profesor Fenech mengatakan: “Studio XR APU bukan hanya sebuah fasilitas tetapi juga katalis untuk pembelajaran transformatif.

“Dengan menetapkan standar baru dalam pembelajaran berdasarkan pengalaman, kolaborasi interdisipliner, dan integrasi industri, kami memberdayakan siswa untuk berhasil dalam lanskap dinamis teknologi yang imersif.

“Tujuan kami adalah untuk menginspirasi inovasi, membina talenta, dan membentuk pemimpin masa depan yang akan mendorong perubahan berdampak dalam ekonomi digital.”

Bergabunglah dengan tim universitas di Studio XR APU dan mulailah perjalanan menuju masa depan pendidikan, tempat inovasi bertemu imajinasi, dan teknologi mengubah pembelajaran. Datang dan temukan apa yang spesial dari APU pada Open Day dari tanggal 1 hingga 2 Juni, di mana Anda dapat merasakan kampus yang dibangun khusus dengan desain ultra-modern yang berlokasi di Technology Park Malaysia, Kuala Lumpur. Untuk mempelajari lebih lanjut dan tetap mendapat informasi, kunjungi https://www.apu.edu.my/.

READ  Virginia Football Club meraih kemenangan konferensi pertamanya pada tahun 2022 di Georgia Tech - The Cavalier Daily