POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Studi: Gaya hidup sehat dapat menambah usia 5 tahun, apa pun gennya

Studi: Gaya hidup sehat dapat menambah usia 5 tahun, apa pun gennya

kesehatan

Berlatih lari dapat mengimbangi penyakit yang menyebar dalam keluarga, menurut sebuah penelitian yang merupakan yang pertama kali dilakukan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan menunjukkan bahwa gaya hidup sehat, yang mencakup olahraga teratur, tidur nyenyak, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan sehat, dapat menambah usia hidup Anda lebih dari lima tahun. Dalam jurnal Pengobatan Berbasis Bukti BMJ.

Gen beberapa orang membuat mereka berisiko mengalami kematian dini, namun penelitian menemukan bahwa gaya hidup sehat dapat melawan genetika seseorang sebesar 62%.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang berisiko mengalami kematian dini karena gen mereka, namun gaya hidup dapat membantu mereka hidup lebih lama. BillionPhotos.com – Stock.adobe.com

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang di Tiongkok dan Universitas Edinburgh di Skotlandia menggunakan data dari lebih dari 353.000 orang. Mereka menganalisis genetika, pendidikan, status sosial ekonomi, gaya hidup, dan riwayat penyakit.

Orang-orang diberi skor poligenik, skor yang digunakan untuk menentukan bagaimana gen tertentu mempengaruhi umur, dan skor untuk menentukan seberapa sehat gaya hidup mereka. Mereka mengikuti peserta rata-rata selama 13 tahun.

Selama ini, terjadi 24.239 kematian.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang menjalani gaya hidup tidak sehat memiliki kemungkinan kematian dini sebesar 78%, terlepas dari risiko genetik mereka.

Orang dengan gaya hidup sehat tidak pernah merokok, makan makanan sehat, berolahraga, dan tidur nyenyak, kata penulis penelitian.
Orang dengan gaya hidup sehat mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, tidur nyenyak, dan tidak pernah merokok, kata penulis penelitian. Sembilantus – Stock.adobe.com

Orang yang menjalankan pola makan sehat, berolahraga cukup teratur, dan tidak pernah merokok memiliki peluang lebih besar untuk hidup lebih sehat dan lebih lama.

“Peserta dengan risiko genetik tinggi dapat memperpanjang harapan hidup sekitar 5,22 tahun pada usia 40 tahun dengan gaya hidup yang sesuai,” tulis para peneliti.

“Faktor genetik dan gaya hidup telah dikaitkan secara independen dengan umur manusia. Kepatuhan terhadap gaya hidup sehat dapat secara signifikan mengurangi risiko genetik berupa pendeknya umur atau kematian dini. Para peneliti menyimpulkan bahwa kombinasi gaya hidup sehat yang optimal dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk umur yang lebih panjang.” terlepas dari latar belakang genetik.

READ  Pemburu asteroid Brasil berusia 8 tahun secara resmi menjadi astronom termuda di dunia

Muat lebih banyak…




https://nypost.com/2024/04/30/lifestyle/healthy-lifestyle-could-add-5-years-to-life-regardless-of-genes-study/?utm_source=url_sitebuttons&utm_medium=site%20buttons&utm_campaign=site tombol 20%.

Salin URL berbagi