POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Startup Indonesia GoTo telah mengumpulkan hampir $1,1 miliar, penawaran umum perdana terbesar kedua sejak Perang Rusia-Ukraina

Startup Indonesia GoTo telah mengumpulkan hampir $1,1 miliar, penawaran umum perdana terbesar kedua sejak Perang Rusia-Ukraina

Gambaran keseluruhan – Kekurangan solar di Eropa mengancam pertumbuhan; Ghana berjanji pemotongan pengeluaran untuk mengatasi defisit

RIYADH: Bank sentral Meksiko dan Norwegia telah memilih untuk menaikkan suku bunga, sementara rekan-rekan mereka di Israel mengharapkan mereka juga mengarah pada kenaikan yang lebih cepat dari perkiraan.

Sementara itu, Bank Sentral Swiss terus menaikkan suku bunga terendah di dunia.

Rubel ditutup pada level tertinggi sejak Februari karena pergerakan penjualan gas

Pada hari Rabu, rubel Rusia ditutup pada level terkuatnya bulan ini terhadap dolar baik di Moskow maupun di valuta asing setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia akan mulai menjual gasnya ke negara-negara “tidak ramah” dalam rubel.

Rubel telah berakhir kurang dari 100 terhadap dolar, dan masih turun lebih dari 22 persen tahun ini karena Rusia menghadapi sanksi keras secara global, yang berasal dari invasinya ke Ukraina akhir bulan lalu.

Rubel naik 6 persen menjadi ditutup pada 97,7375 terhadap dolar di Moskow setelah menyentuh 94,9875, level terkuat sejak 2 Maret. Itu ditutup naik 8,8 persen pada 96,5 pada platform EBS. Kedua harga penutupan tersebut merupakan yang terkuat sejak Februari.

Kekurangan solar di Eropa mengancam akan memperlambat pertumbuhan ekonomi

Ekonomi Eropa berisiko kekurangan solar, bahan bakar pilihan untuk industri berat, karena sanksi terhadap energi Rusia mengancam akan mengganggu impor sementara pasokan dari tempat lain tetap terbatas.

Rusia adalah pemasok diesel dan bahan bakar terkait terbesar di Eropa, mengirimkan lebih dari tiga perempat juta barel per hari untuk digunakan di mesin-mesin berat Eropa, transportasi, pertanian, perikanan, listrik, dan pemanas.

Harga solar yang lebih tinggi di Eropa telah berdampak pada industri dengan meningkatkan biaya bahan bakar dan transportasi, yang diteruskan ke konsumen melalui biaya yang lebih tinggi di seluruh perekonomian.

kata John Cooper, manajer umum Fuels Europe, perusahaan divisi penyulingan minyak Uni Eropa.

READ  Perekonomian Indonesia terus menunjukkan ketahanan yang kuat: Indrawati

Norwegia menaikkan suku bunga, menjadi hawkish karena inflasi naik

Bank sentral Norwegia menaikkan suku bunga acuan pada hari Kamis seperti yang diharapkan, dan mengatakan sekarang berencana untuk menaikkan pada kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya dimaksudkan untuk mengekang inflasi dan ekonomi yang tumbuh cepat.

Komite Kebijakan Moneter Bank Norwegia menaikkan suku bunga giro menjadi 0,75 persen dari 0,50 persen, kenaikan ketiga sejak September, seperti yang diharapkan dengan suara bulat dalam jajak pendapat ekonom Reuters dan sejalan dengan rencana bank sentral.

Sekarang berencana untuk membuat delapan kenaikan suku bunga seperempat persen pada akhir 2023, termasuk langkah Kamis, tiga kali lebih banyak dari perkiraan bank sentral sebelumnya dan lebih dari enam kenaikan yang diperkirakan para ekonom.

Untuk perusahaan dolar, yen menetap di dekat level terendah sejak 2015

Dolar menguat, dengan yen Jepang turun ke level terendah sejak 2015, karena konflik antara Rusia dan Ukraina dan ekspektasi pengetatan bank sentral membuat investor waspada.

Pasar saham bergejolak, dengan saham Eropa meluncur, setelah komentar hawkish dari Federal Reserve AS pada hari Rabu.

Pembuat kebijakan Fed telah mengisyaratkan bahwa mereka mungkin mengambil langkah-langkah yang lebih serius untuk menurunkan inflasi, termasuk kemungkinan kenaikan suku bunga setengah poin persentase pada pertemuan kebijakan berikutnya pada bulan Mei.

Yen Jepang jatuh terhadap dolar AS untuk sesi kelima berturut-turut, mencapai level terendah sejak 2015 karena Bank of Japan diperkirakan akan menunda kebijakan pengetatan oleh bank sentral utama lainnya.

Ghana mengumumkan pemotongan pengeluaran besar-besaran untuk mengatasi defisit

Menteri keuangan Ghana pada hari Kamis mengumumkan pemotongan pengeluaran yang dalam untuk memotong defisit, menahan kenaikan inflasi dan memperlambat penurunan lumpur, karena negara itu menghadapi krisis utang yang menjulang.

READ  Indonesia Jangan Puas dengan Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III: KSP

Produsen emas, minyak dan kakao Afrika Barat telah melihat inflasi konsumen melonjak hingga lebih dari 15 persen, dan cedi telah kehilangan lebih dari 15 persen nilainya terhadap dolar tahun ini. Peringkat kreditnya diturunkan karena kekhawatiran tentang kemampuannya untuk meloloskan undang-undang untuk meningkatkan pendapatan.

Setelah bank sentral mengumumkan kenaikan suku bunga terbesar 250 basis poin pada hari Senin, Menteri Keuangan Ken Ofori-Ata memaparkan serangkaian langkah-langkah fiskal pada konferensi pers di ibukota, Accra.

“Kami yakin bahwa langkah-langkah ini akan mengatasi tantangan jangka pendek yang dihadapi bangsa kita,” katanya.

Pemerintah akan memotong pengeluaran diskresioner dengan tambahan 10 persen, di atas pemotongan 20 persen yang diumumkan awal tahun ini, dan memotong gaji menteri pemerintah sebesar 30 persen.

Bank of Mexico menaikkan suku bunga acuan menjadi 6,5 persen

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan Kamis bahwa Bank of Mexico memilih untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin menjadi 6,5 persen, sebelum bank sentral mengumumkan keputusan terbaru.

Berbicara tentang inflasi, Lopez Obrador mencatat bahwa Federal Reserve AS pekan lalu menaikkan suku bunga pinjaman utamanya untuk pertama kalinya sejak 2018, dan kemudian mengatakan bank sentral Meksiko memilih untuk menaikkan suku bunga acuan lagi sebesar 50 basis poin.

“Kami akan memiliki tingkat bunga 6,5 ​​(persen),” katanya dalam konferensi pers reguler. “Bank of Mexico membuat keputusan dengan suara bulat kemarin, dan kami menghormati independensi Bank of Mexico.”

Bank menolak untuk mengomentari pengumuman yang tidak terduga. Kantor kepresidenan tidak menanggapi permintaan komentar apakah Lopez Obrador salah bicara.

Kenaikan suku bunga di Israel mungkin ‘agak lebih cepat’ dari yang direncanakan

Deputi Gubernur Bank of Israel mengatakan pada hari Kamis bahwa Bank of Israel tidak bisa lagi bersabar dengan kebijakan moneternya sementara inflasi terus meningkat, dan proses menaikkan suku bunga mungkin lebih cepat dari yang diharapkan.

READ  Apakah pertanian kita berkelanjutan? - Akademisi

Untuk mempertahankan suku bunga acuan pada 0,1 persen pada 21 Februari, komite kebijakan moneter bank sentral percaya bahwa kondisi sudah matang untuk memulai proses bertahap menaikkan suku bunga di tengah kenaikan inflasi, pertumbuhan ekonomi yang kuat dan peningkatan lapangan kerja.

Namun, Deputi Gubernur Bank Israel, Andrew Abir, mengatakan bahwa siklus outing sekarang bisa dipercepat.

“Mengingat pemulihan inflasi aktual baru-baru ini dan pergerakan ekspektasi inflasi, prosesnya mungkin agak lebih cepat dari yang kita bayangkan sebelumnya,” katanya pada sebuah konferensi.

Setelah keputusan suku bunga terbaru, Abeer mengatakan kepada Reuters bahwa Bank of Israel tidak akan serius menaikkan suku bunga setelah mulai memperketat kebijakan dalam beberapa bulan mendatang karena inflasi diperkirakan akan tetap terkendali.

Swiss National Bank mengalihkan fokus ke inflasi setelah menggandakan ekspektasi

Presiden Bank Nasional Swiss Thomas Jordan mengatakan Kamis bahwa Bank Nasional Swiss akan mengambil “semua tindakan yang diperlukan” untuk mengatasi kenaikan harga di Swiss, menandakan perubahan nada bagi bank sentral yang telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menjinakkan franc Swiss yang kuat.

Bank Nasional Swiss menggandakan perkiraan inflasi untuk tahun ini, mengutip kenaikan biaya energi, kemacetan produksi dan perang Ukraina.

Sekarang melihat tingkat inflasi pada tahun 2022 sebesar 2,1 persen, yang lebih rendah daripada di banyak negara, tetapi masih di luar tujuannya untuk membatasi kenaikan harga tahunan menjadi 0-2 persen.

Tidak seperti Federal Reserve AS dan Bank of England, Bank Nasional Swiss menahan kenaikan suku bunga, bertahan pada suku bunga terendah di dunia sebesar 0,75% seperti yang diharapkan.

(Kontribusi oleh Reuters)