POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX mulai menumpuk menara peluncuran Florida Starship

SpaceX telah mulai membangun menara peluncuran Starship pertama di Florida.

Kurang dari setengah tahun setelah perusahaan melanjutkan pekerjaan di landasan peluncuran Starship yang terletak hanya beberapa ratus meter dari fasilitas peluncuran Falcon saat ini di platform LC-39A Kennedy Space Center NASA, sebuah menara peluncuran besar baru mulai terbentuk. Setelah mencapai ketinggian terakhirnya, menara ini akan menjadi gedung terkait roket tertinggi kedua di Pantai Timur, setelah hanya dilampaui oleh Gedung Perakitan Kendaraan (VAB) NASA yang ikonik dan besar.

Itu juga bisa mencapai ketinggian itu segera.

https://twitter.com/FarryFaz/status/1539310978721992705

Untuk fasilitas Pad 39A Starship, SpaceX menghadapi tantangan unik dalam mengatur operasi konstruksi besar di salah satu situs peluncuran paling aktif dan penting di Amerika Serikat. Hanya pada paruh pertama tahun 2022, LC-39A berada di jalur yang tepat untuk mendukung 10 peluncuran Falcon 9, yang memberlakukan kendala unik dalam membangun platform pesawat ruang angkasa yang berdekatan. Sebagai tanggapan parsial terhadap tantangan-tantangan tersebut, Seperti yang telah dibahas sebelumnya di TeslaratiSpaceX telah mengambil pelajaran dari Starbase, Texas dan meningkatkan proses perakitan untuk sejumlah komponen pad untuk mengurangi jumlah pekerjaan yang perlu dilakukan pada pad itu sendiri.

Untuk menara peluncuran pertama, SpaceX dan kontraktornya bergerak dengan kecepatan luar biasa dan memakan waktu lebih dari tiga bulan setelah pekerjaan dimulai pada bagian prefabrikasi pertama yang menumpuk lambung hingga ketinggian penuh sekitar 146 meter (~480 kaki). Masing-masing dari sembilan bagian pada dasarnya adalah barebone, namun, mengurangi jumlah pekerjaan sebelum menumpuk, tetapi memperumit dan meningkatkan jumlah pekerjaan berikutnya yang diperlukan untuk mengubah menara menjadi sesuatu yang berguna. Untuk menara peluncuran Starship pertama di Florida, SpaceX menghabiskan lebih dari tiga bulan dengan cermat untuk merakit dan melengkapi enam bagian pertama dari sembilan menara pabrikan. Sebelum tumpukan pertama.

READ  Fisikawan MIT menemukan partikel hibrida aneh yang terperangkap bersama oleh 'lem' super padat

Bagian SpaceX mulai menumpuk pada 21 Juni, dan sudah berisi berbagai pegangan tangan, poros elevator, pintu, trotoar, titik padat, pipa ledeng, dan lebih banyak pra-pemasangan. Sementara setiap bagian dan semua pipa ledeng dan peralatan yang diperpendek perlu disambungkan setelah setiap tumpukan, proses ini seharusnya jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada metode yang digunakan di SpaceX di Texas Selatan. Di luar lokasi, SpaceX juga membuat kemajuan luar biasa dalam merakit landasan peluncuran orbital yang terlihat seperti kue dan bagian dari tiga ledakan raksasa yang pada akhirnya akan menempel pada menara peluncuran Florida pertama Starship — dua untuk mengangkat dan menangkap roket dan yang ketiga untuk menstabilkan dan mengisi bahan bakar pesawat ruang angkasa.

Sama seperti bagian turret, ada kemungkinan besar komponen Florida ini akan lebih dekat dengan penyelesaian daripada saudara kandung mereka di Texas ketika mereka akhirnya menuju ke landasan peluncuran untuk pemasangan. Selain itu, jika pengalaman SpaceX di Texas cukup representatif, menara peluncuran Starship pertama di Florida dapat mencapai puncaknya hanya dalam beberapa bulan dari sekarang.

Agar menara benar-benar lengkap, SpaceX perlu menyelesaikan dan memasang tiga boom, dan menghubungkan salah satu lengan ini ke pasokan gas dan bahan bakar pesawat ruang angkasa di Pad 39A. Karena 39A tidak pernah membutuhkan metana, bahan bakar pilihan Starship, langkah tersebut juga memerlukan instalasi dan aktivasi tangki baru dan sistem pipa yang mampu menyimpan, “pendinginan” dengan cepat, dan mendistribusikan setidaknya seribu ton (~ 2,2 juta pon) metana cair (LCH4). Starbase Florida membuat kemajuan besar tetapi masih ada banyak pekerjaan antara SpaceX dan persiapan untuk peluncuran.

SpaceX mulai menumpuk menara peluncuran Florida Starship