POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

S&P menurunkan peringkat kredit Pakistan

S&P menurunkan peringkat kredit Pakistan

Lembaga pemeringkat global S&P Global pada hari Kamis menurunkan peringkat utang negara jangka panjang Pakistan menjadi “CCC+” dari “B”, yang mencerminkan berlanjutnya pelemahan metrik eksternal, keuangan, dan ekonomi negara tersebut.

Cadangan devisa Pakistan yang sudah rendah akan tetap berada di bawah tekanan hingga tahun 2023, kecuali jika harga minyak turun atau bantuan asing meningkat, kata badan tersebut.

Untuk semua berita terbaru, ikuti Saluran Berita Google Daily Star.

Bank sentral negara itu mengatakan pada hari Kamis bahwa cadangannya turun $584 juta menjadi $6,11 miliar dalam pekan yang berakhir 16 Desember karena pembayaran utang luar negeri.

Pakistan juga menghadapi risiko politik yang meningkat yang dapat memengaruhi jalur kebijakannya di tahun mendatang, kata badan tersebut.

Banjir parah tahun ini, kenaikan inflasi pangan dan energi, serta suku bunga global diperkirakan akan mengurangi dampak ekonomi dan keuangan Pakistan.

Badan tersebut mempertahankan pandangannya pada “stabil.”

Pakistan sangat membutuhkan pembiayaan eksternal, sambil menunggu persediaan Dana Moneter Internasional (IMF) dan peninjauan yang tertunda sejak September.

READ  Bekas luka konflik Aceh membuka hati masyarakat lokal terhadap penderitaan Rohingya - nusantara