POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Skookum Jim, yang penemuannya menyebabkan demam emas di Klondike, memperoleh asteroid dengan nama yang sama

Yukoner yang legendaris menerima penghargaan anumerta yang keluar dari dunia ini.

Skookum Jim, juga dikenal sebagai Jim Mason, menemukan emas di Bonanza Creek pada tahun 1897, yang mengarah ke demam emas Klondike. Ketika dia meninggal pada tahun 1916, dia memasukkan kekayaannya ke dalam dana perwalian untuk membantu meningkatkan kehidupan penduduk asli Yukon.

Pekan lalu, atas rekomendasi Yukon Astronomical Society, sebuah asteroid antara Mars dan Jupiter dinamai menurut namanya.

“Saya rasa itu cukup keren,” kata Zina McClain, keponakan tertua Skookum Jim Mason yang tidak tahu nama leluhurnya telah diperkenalkan.

“Apa pun yang mempertahankan nama Skookum Jim Mason dalam sejarah publik Yukon adalah penting bagi keponakan, keponakan, dan keluarganya yang lain.”

Pusat Persahabatan Skookum Jim di Whitehorse. (Philip Morin/CBC)

Skookum Jim Mason adalah seorang Tagish dari klan Duck La Wede. Kepercayaan yang dia ciptakan dalam wasiatnya masih ada sampai sekarang, menurut Pusat Persahabatan Whitehorse yang menyandang namanya. Bunga yang dihasilkan dari dana tersebut digunakan untuk mengakui masyarakat adat yang telah membantu komunitasnya.

Maria Benoit, Ha Cha Do Hin, atau Presiden Carcross/Tagish First Nation dan mantan CEO Skookum Jim Friendship Center, sangat senang mendengar kabar tersebut. Kakek buyutnya adalah keponakan Skookum, Jim Mason.

“Berasal dari negara pertama,” katanya, “ini adalah sejarah yang sedang dibuat.”

Skookum asteroid Jim

Skookum Jim adalah asteroid besar di sabuk. Ia mengorbit dengan asteroid lain di antara orbit Mars dan Jupiter.

“Dibutuhkan lebih dari lima tahun untuk menyelesaikan orbit lengkap mengelilingi matahari,” jelas Christa van Larhoeven, presiden Yukon Astronomical Society. “Orbitnya tidak melingkar sempurna. Ini bukan apa yang kita sebut eksentrik. Ini tidak terlalu non-lingkaran, tetapi hanya sedikit. Itu miring relatif terhadap orbit Bumi sekitar 15 derajat.”

Sejauh yang diketahui van Larhoeven, itu adalah asteroid kedua yang namanya dikaitkan dengan Yukon.

“Satu-satunya asteroid lain yang dapat saya temukan dengan koneksi Yukon adalah Klondike,” katanya, seraya menambahkan bahwa nama itu diambil dari dua bersaudara yang datang ke demam emas Klondike, menghasilkan banyak uang dan menyumbangkan uang ke sebuah universitas di Finlandia yang membangun perpustakaan. .

Van Larhoeven berkata dengan heran tentang nasib bahwa itu adalah universitas tempat asteroid Skookum Jim pertama kali ditemukan.

Namun, jika Anda berharap untuk melihat asteroid Skookum Jim, van Larhoeven mengatakan bahwa Anda memerlukan teleskop.

“Sesuatu yang agak besar,” katanya, “cukup besar sehingga tidak mudah untuk membawanya keluar di halaman belakang rumah Anda.”

McLean berharap suatu hari nanti sains dapat menentukan komponen asteroid.

“Bukankah itu keren jika diisi dengan emas?” Dia tertawa.

proses penamaan

Penamaan dimulai dengan email dari Royal Canadian Astronomical Society kepada Yukon Astronomical Society yang mengatakan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk mengajukan beberapa nama ke International Astronomical Union (IAU), yang bertanggung jawab untuk penamaan objek di luar angkasa.

Cara email itu diungkapkan, kata van Larhoeven, seolah-olah IAU ingin menghormati seseorang yang telah melayani masyarakat dengan baik.

“Kami benar-benar merasa bahwa jika kami akan menghormati Yukoner, kami ingin menghormati Skookum Jim,” katanya.

“Kami benar-benar merasa bahwa kehadirannya dalam sejarah Yukon cukup besar sehingga jika kami ingin mendapatkan asteroid bernama Yukoner, itu pasti dia.”

9:30riset! tinggi di langit! Ini Skookum Jim .asteroid

Kini ada asteroid yang secara resmi bernama Yukoner Skookum Jim. Krista van Larhoeven dari Yukon Astronomical Society menjelaskan bagaimana ini bisa terjadi. 9:30

Usulan itu diajukan pada 2018.

Masyarakat Astronomi Yukon diberitahu tentang kehormatan ini minggu lalu, pada 11 April.

“Saya cukup terkejut IAU menerima proposal kami,” kata van Larhoeven.

READ  Ilmuwan mengungkap rahasia di balik gigi semut yang super kuat