POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Situs ini menyoroti penguasaan kayu oleh manusia purba, yang sebagian besar telah hilang

Situs ini menyoroti penguasaan kayu oleh manusia purba, yang sebagian besar telah hilang

Zaman Batu, yang dimulai sekitar 3 juta tahun yang lalu, menandai saat pertama kali munculnya peralatan. Manusia purba menggunakan batu untuk memalu, batu untuk menggiling, dan serpihan batu tajam sebagai pisau dan ujung proyektil. Namun Zaman Batu juga bisa disebut Zaman Kayu, kata arkeolog Jerman Thomas Terberger Waktu New York. Meskipun perkakas kayu sulit ditemukan dalam keadaan utuh, perkakas tersebut mungkin “ada sama banyaknya dengan perkakas batu, yaitu 2.5”. [million] Atau 3 juta tahun,” kata Terberger, yang penelitiannya telah menemukan tombak kayu dan tongkat lempar yang kini dianggap sebagai “senjata berburu tertua yang masih ada,” menurut waktu.

Mulai tahun 2021, Terberger dan rekan-rekannya memeriksa lebih dari 700 pecahan kayu yang digali dari gambut dari tambang batu bara terbuka di Jerman utara antara tahun 1994 dan 2008 dan diawetkan dalam air suling. Karena kekurangan oksigen di lahan gambut memperlambat penguraian bahan organik, para peneliti dapat mengidentifikasi setidaknya 20 senjata berburu, termasuk tombak sepanjang 7 kaki dan tongkat lempar berujung ganda, serta 35 senjata non-senjata, termasuk artefak yang diyakini mengandung digunakan untuk mengolah kulit binatang, menurut penelitian yang diterbitkan bulan lalu di Dengan orang-orang. Perkakas tersebut diukir dari pohon cemara, pinus, atau pinus yang keras dan fleksibel, dan kemungkinan besar dikumpulkan dari jarak dua hingga tiga mil. Keahliannya “luar biasa”, dan terdapat juga bukti “pemeliharaan dan daur ulang alat”. Bumi.com.

Alat-alat ini berasal dari 300.000 tahun yang lalu, ketika Neanderthal di Eropa menggantikan nenek moyang langsung mereka, Homo heidelbergensis, menurut waktu. Tidak ada tulang manusia yang ditemukan di situs Spear Horizon di Schöningen. Penelitian ini memberikan 187 contoh manusia purba yang membelah dan mengikis kayu untuk digunakan sendiri. “Sampai saat ini, pembelahan kayu diperkirakan hanya dilakukan oleh manusia modern,” kata Dirk Leder, penulis utama studi tersebut. waktu. Para ahli percaya bahwa manusia purba adalah tukang kayu. Namun dari ribuan situs arkeologi yang berasal dari periode Paleolitikum (Paleolitik Bawah) antara 2,7 juta tahun lalu dan 200.000 tahun lalu, “kayu telah diekstraksi dari kurang dari 10 situs,” menurut British Daily Mail. waktu. (Lebih banyak cerita penemuan.)

READ  Teleskop Webb NASA menangkap gambar 'pilar penciptaan' paling tajam yang pernah ada