POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Singapura adalah salah satu negara dengan paspor terkuat, dan berikut peringkat negara Asia Tenggara lainnya

Tempo.co, JakartaA paspor Dokumen yang sangat penting yang menentukan apakah seseorang dapat memasuki suatu wilayah asing. Beberapa negara di Asia Tenggara diyakini memiliki paspor yang kuat sehingga memungkinkan warga negaranya bebas bepergian ke berbagai negara tanpa visa.

Negara dengan paspor yang kuat mencerminkan hubungan diplomatik dan stabilitas ekonomi yang baik. Dengan memperoleh paspor yang kuat, warga negara dari negara-negara tersebut dapat menikmati perjalanan yang lebih fleksibel dan mudah.

Di bawah ini adalah daftar negara-negara Asia Tenggara berdasarkan kekuatan paspor yang diterbitkan oleh Henley Global. Negara-negara ini diberi peringkat berdasarkan tingkat mobilitasnya atau jumlah negara yang mudah dijangkau dengan paspor yang sangat kuat.

1. Singapura

Singapura saat ini menyandang predikat paspor terkuat di dunia dari 107 negara, yang otomatis menempatkannya pada peringkat pertama sebagai paspor terkuat di Asia Tenggara. Skor mobilitas Singapura adalah 195 yang berarti warga negara ini bebas bepergian tanpa visa atau menggunakan visa on Arrival ke 195 negara.

2.Malaysia

Skor kebebasan bergerak Malaysia adalah 183, menjadikannya paspor terkuat kedua di Asia Tenggara dan terkuat ke-13 di dunia. Hanya 43 negara yang mewajibkan warga negara Malaysia bepergian dengan visa.

3.Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki paspor yang cukup kuat dengan skor mobilitas 168. Sedangkan 58 negara mewajibkan visa bagi warga negara Brunei Darussalam. Negara ini menempati peringkat ke-22 sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia.

4. Timor Timur

Timor Timur menjadi negara keempat di Asia Tenggara yang memiliki paspor terkuat dengan skor mobilitas 97, yang berarti warga negara Timor Timur bebas bepergian ke 97 negara tanpa visa atau dengan visa on Arrival. 98 negara mewajibkan warga negaranya untuk mendapatkan visa sebelum memasuki wilayahnya. Timor Timur berada di peringkat ke-55 dalam peringkat paspor dunia.

READ  Mengapa inovasi teknologi begitu penting bagi pembangunan berkualitas tinggi di China?

5. Thailand

Paspor Thailand memiliki skor mobilitas 83. Pemegang paspor Thailand bebas bepergian ke 83 negara tanpa visa atau menggunakan visa pada saat kedatangan. Thailand menempati peringkat ke-63 dalam peringkat paspor dunia.

6.Indonesia

Warga negara Indonesia berhak melakukan perjalanan ke 78 negara dengan atau tanpa visa on Arrival. Negara ini menempati peringkat ke-68 dalam peringkat paspor dunia.

7. Filipina

Paspor Filipina memiliki skor mobilitas 69. Secara global, negara ini menempati peringkat ke-74 dalam peringkat paspor dunia.

8. Kamboja

Dengan skor mobilitas 56, warga negara Kamboja dapat melakukan perjalanan ke 56 negara tanpa visa atau dengan visa pada saat kedatangan. Paspor Kamboja berada di peringkat 86 dunia.

9. Vietnam

Vietnam memiliki skor mobilitas 55. Artinya, warga Vietnam bebas bepergian ke 55 negara tanpa visa, 41 negara dengan visa on Arrival, dan 129 negara yang memerlukan visa.

10. Laos

Skor mobilitas Laos adalah 51. Secara global, paspor Laos menempati peringkat 91 dalam peringkat paspor dunia.

11. Myanmar

Myanmar memiliki kebebasan akses ke negara lain paling sedikit dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya dengan skor 48. Myanmar berada di peringkat 93 dalam peringkat paspor dunia.

Angeta Viandini Nugroho Putri

Pilihan Editor: 77 negara yang bisa dikunjungi oleh pemegang paspor Indonesia tanpa visa atau dengan visa on Arrival

klik disini ke Mendapat Berita terkini dari Tempo di Google News