POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Siapa, Apa, Kapan dan Bagaimana: Penjelasan Dasar tentang Usulan Pajak Perolehan Modal di Malaysia

Siapa, Apa, Kapan dan Bagaimana: Penjelasan Dasar tentang Usulan Pajak Perolehan Modal di Malaysia

Saat menyampaikan Anggaran pertama Pemerintah Persatuan untuk tahun 2023, Perdana Menteri dan Menteri Keuangan, Dato’ Seri Anwar Ibrahim, mengumumkan bahwa salah satu langkah yang akan diambil untuk memperluas basis pajak Malaysia adalah penerapan pajak keuntungan modal (“Pajak Keuntungan Modal ”).CGT”) tentang pelepasan saham yang tidak dicatatkan mulai tahun 2024. Usulan pengenalan CGT ditegaskan kembali oleh Dato’ Seri Anwar dalam pidato Anggaran Malaysia 2024.

Usulan perubahan Undang-Undang Pajak Penghasilan tahun 1967 untuk memudahkan pengenaan CGT tertuang dalam RUU Keuangan (No. 2) Tahun 2023, yang telah disahkan oleh Dewan Rakyat (majelis rendah) dan Dewan Negara (majelis tinggi) dan saat ini menunggu persetujuan kerajaan setelah itu RUU tersebut akan menjadi undang-undang Ketika diterbitkan dalam Lembaran Negara Resmi.

Tentu saja, CGT menimbulkan banyak pertanyaan, seperti apa itu CGT, siapa yang harus membayarnya, kapan mulai berlaku, berapa tarif pajaknya dan bagaimana keuntungannya ditentukan. Pada artikel kali ini, kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan umum seputar usulan pajak baru ini.

Kecuali dinyatakan lain, semua referensi dalam materi ini terhadap ketentuan perundang-undangan adalah referensi terhadap ketentuan atau usulan ketentuan Undang-Undang Pajak Penghasilan 1967.

1. Apa CGT yang diusulkan?

CGT merupakan pajak yang dikenakan atas keuntungan atau keuntungan yang timbul dari pelepasan aset modal. Lihat FAQ 3 untuk diskusi lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan aset modal untuk tujuan CGT.

2. Kapan kewajiban membayar CGT mulai berlaku?

Kewajiban membayar CGT ini mulai berlaku pada 1 Januari 2024.

3. Aset apa saja yang dikenakan CGT?

CGT berlaku untuk pelepasan aset berikut:

a) Saham suatu perusahaan yang didirikan di Malaysia dan tidak tercatat di bursa; Dan

b) Sesuai dengan ketentuan, saham perusahaan yang diatur yang didirikan di luar Malaysia yang memiliki real estat di Malaysia atau saham perusahaan yang diatur lainnya, atau keduanya

Sehubungan dengan ayat (b) di atas, keuntungan atau keuntungan yang timbul dari pelepasan saham suatu perusahaan yang diatur yang didirikan di luar Malaysia akan dikenakan PPN jika perusahaan asing tersebut memiliki properti pada tanggal perolehan saham perusahaan berbadan hukum asing tersebut. (termasuk hak atau kepentingan apa pun di dalamnya) di Malaysia atau saham perusahaan yang dikendalikan lainnya, atau kedua-duanya, apabila nilai tertentu dari properti di Malaysia, saham perusahaan yang dikendalikan lainnya, atau keduanya, tidak kurang dari 75% dari nilai total aset berwujudnya. Untuk tujuan CGT, “saham” mempunyai arti yang lebih luas dan mencakup:

a) Saham dan saham dalam perusahaan;

b) Saham pinjaman dan surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau badan hukum lain yang didirikan di Malaysia;

c) Kepentingan anggota dalam suatu perseroan tidak terbatas pada saham, baik perseroan itu mempunyai modal saham maupun tidak; Dan

d) setiap opsi atau hak lain dalam, atas, atau sehubungan dengan Saham sebagaimana disebutkan dalam ayat (a) sampai (c) di atas.

READ  Korea Selatan melaporkan 1.100 kasus virus corona baru, pembatasan terberat yang berlaku di Seoul

4. Siapa yang harus membayar CGT?

Suatu perusahaan, persekutuan tanggung jawab terbatas, perwalian atau asosiasi koperasi (disebut secara terpisah sebagai ‘entitas tertentu’) yang melepaskan suatu aset modal harus membayar CGT atas pendapatan yang dapat dikenakan yang diperoleh dari pelepasan tersebut. Individu tidak tunduk pada CGT tetapi tunduk pada ketentuan Undang-Undang Pajak Keuntungan Properti tahun 1976 tentang pelepasan properti nyata atau saham di perusahaan real estat.

5. Apakah ada pengecualian?

Diumumkan pada Pidato Anggaran Malaysia 2024 bahwa pemerintah akan mempertimbangkan pemberian pengecualian dari CGT atas pelepasan saham yang berkaitan dengan kegiatan berikut, dengan ketentuan yang ditentukan:

a) Penawaran umum perdana (IPO) disetujui oleh Bursa Malaysia;

b) Restrukturisasi saham dalam grup yang sama. Dan

c) Investasi yang berkaitan dengan modal ventura.

Karena pengecualian CGT ini tidak termasuk dalam RUU Keuangan (No. 2) tahun 2023, kemungkinan besar pengecualian tersebut akan diatur dalam undang-undang tambahan yang akan diterbitkan di kemudian hari.

6. Bagaimana disposisi aset modal?

“Pembuangan” berarti penjualan, pemindahtanganan, penyerahan, pengalihan, penyelesaian atau pelepasan, baik karena persetujuan atau karena hukum, dan termasuk pengurangan modal dan pembelian saham sendiri oleh perseroan. Pelepasan aset modal dianggap telah terjadi:

a) Jika terdapat perjanjian tertulis untuk melepaskan aset modal, pada tanggal perjanjian tersebut. atau

b) Jika tidak ada perjanjian tertulis, pada tanggal selesainya pelepasan aset modal.

itu Tanggal kadaluarsa Eliminasi berarti mana yang mendekati:

A) Tanggal dimana kepemilikan aset modal yang dilepaskan dialihkan oleh orang yang melepaskan aset modal tersebut. atau

b) Tanggal diterimanya seluruh jumlah atau nilai imbalan (uang atau yang setara dengannya) untuk pengalihan tersebut oleh orang yang melepaskan aset modal.

Jika kontrak pelepasan suatu aset modal bersifat kondisional dan syarat-syaratnya terpenuhi, maka kepemilikan dan pelepasan aset modal dianggap telah terjadi pada saat penutupan kontrak, kecuali dalam hal-hal berikut:

a) Apabila suatu akuisisi atau disposisi memerlukan persetujuan Pemerintah atau Pemerintah Negara Bagian, tanggal disposisi adalah tanggal persetujuan tersebut; atau b) apabila persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (a) bersifat bersyarat, maka tanggal disposisi adalah tanggal terpenuhinya syarat terakhir.

7. Berapa tarif CGTnya?

Tarif CGT adalah sebagai berikut:

a) Untuk melepaskan aset modal yang ada di Malaysia yang diperoleh sebelum 1 Januari 2024, dengan tarif 10% dari pendapatan yang dikenakan dari pelepasan aset modal tersebut, atau 2% dari total harga pelepasan aset modal, sesuai pilihan entitas tertentu yang melakukan pelepasan; Dan

b) untuk melepaskan aset modal yang berlokasi di Malaysia dan diperoleh pada atau setelah tanggal 1 Januari 2024, dengan tarif 10% dari pendapatan yang dapat dibebankan dari pelepasan aset modal tersebut; Dan

c) Untuk melepaskan suatu aset modal selain yang dimaksud pada ayat (a) dan (b), tarif pajak penghasilan yang berlaku yang berlaku pada entitas tertentu.

READ  Amerika Serikat sedang dilanda cuaca ekstrem dengan gelombang panas mematikan dan Badai Beryl yang memecahkan rekor

8. Apakah ada pengurangan yang diperbolehkan yang dapat diklaim oleh entitas tertentu ketika menentukan keuntungan yang dihasilkan dari pelepasan aset modal?

Ya. Keuntungan atau keuntungan yang diperoleh dari pelepasan suatu aset modal pada periode dasar tahun penilaian adalah:

a) Diverifikasi dengan mengacu pada setiap tindakan individu; Dan

b) Diperlakukan sebagai sumber keuntungan atau laba tersendiri yang dihasilkan dari pelepasan aset modal pada tahun penilaian tersebut.

Pendapatan yang disesuaikan suatu entitas tertentu dipastikan dari sumber yang terdiri dari keuntungan atau keuntungan dari pelepasan aset modal dengan:

A) Dikurangi dari jumlah atau nilai pertukaran atas pelepasan aset modal pada saat pelepasan:

  • Setiap pengeluaran yang dilakukan seluruhnya dan secara eksklusif atas Aset Modal setiap saat setelah perolehannya oleh atau atas nama suatu entitas tertentu untuk meningkatkan atau mempertahankan nilai Aset Modal;
  • Setiap pengeluaran yang timbul seluruhnya dan secara eksklusif setiap saat setelah perolehan Aset Modal oleh Entitas Yang Ditunjuk untuk mendirikan, memelihara atau mempertahankan kepentingannya atau kepentingannya dalam Aset Modal; Dan
  • Biaya insidental dari entitas tertentu.

b) Setelah itu, didebit untuk imbalan perolehan aset modal (bersama dengan biaya-biaya yang terkait dengan entitas yang teridentifikasi) dikurangi:

  • Setiap jumlah yang diterima oleh Entitas Yang Ditunjuk sebagai kompensasi atas setiap kerusakan atau cedera pada Aset atau atas kehancuran atau hilangnya Aset atau atas berkurangnya nilai Aset atau risiko berkurangnya nilainya;
  • Setiap jumlah yang diterima oleh entitas tertentu berdasarkan polis asuransi untuk segala jenis kerusakan, cedera, kehilangan, kehancuran atau penyusutan aset; Dan
  • Setiap jumlah yang dibebankan kepada entitas yang ditetapkan sebagai setoran yang dilakukan sehubungan dengan pengalihan aset modal yang dimaksudkan.

Perlu dicatat bahwa pengurangan di atas tidak berlaku dalam memastikan pendapatan yang dapat dibebankan suatu entitas tertentu dari keuntungan atau keuntungan yang timbul dari pelepasan aset modal dimana entitas tertentu telah memilih untuk membebankan CGT sebesar 2% dari jumlah bruto. harga pelepasan pelepasan aset modal.21

9. Apa yang terjadi jika suatu entitas tertentu mengalami kerugian atas pelepasan aset modal?

Entitas tertentu yang mengalami kerugian atas pelepasan aset modal diperbolehkan menggunakan kerugian tersebut sebagai pengurang untuk mengurangi pendapatan yang disesuaikan. SAYAn Pelepasan aset modal selanjutnya pada periode dasar yang sama Untuk periode tahun penilaian pada saat disposisi dilakukan.

Namun, jika pendapatan yang disesuaikan tidak mencukupi atau tidak ada pada pelepasan aset modal selanjutnya pada periode dasar yang sama pada tahun penilaian dimana pendapatan yang disesuaikan tersebut muncul, dampak penuh dari hal-hal di atas tidak dapat diberikan, jumlah kerugian yang disesuaikan untuk itu. tidak ada penyisihan yang dibuat (atau jumlah yang tidak diperbolehkan untuk tahun itu) sebagai pengurang untuk mengurangi pendapatan entitas tertentu yang disesuaikan dari pelepasan aset modal untuk suatu periode Sepuluh tahun berturut-turut Setiap jumlah atau saldo dari jumlah yang tidak dapat dikurangkan pada akhir periode tersebut harus dibuang.

READ  Upaya terbaru China untuk menggalang dunia melawan nilai-nilai Barat | berita Dunia

10. Bagaimana disposisi aset modal dilaporkan?

Setiap entitas tertentu yang melepaskan aset modal harus mengajukan pengembalian dalam bentuk yang ditentukan kepada Direktur Jenderal Pendapatan Dalam Negeri di dalamnya Enam puluh (60) hari (atau jangka waktu yang diperpanjang yang diizinkan oleh Direktur Jenderal) sejak tanggal pelepasan aset tersebut. Formulir diserahkan melalui sarana elektronik atau penyerahan elektronik.

11. Kapan pajak CGT dibayar?

Tanggal jatuh tempo pembayaran CGT adalah Enam puluh (60) hari Sejak tanggal pelepasan aset modal.

12. Apakah entitas tertentu yang memiliki saham di “perusahaan real estat” diharuskan membayar pajak keuntungan real estat ketika melepaskan saham di perusahaan tersebut?

Dengan diperkenalkannya CGT, Undang-Undang Pajak Keuntungan Properti tahun 1976 tidak lagi berlaku untuk akuisisi atau pelepasan saham apa pun oleh entitas tertentu. Namun, entitas yang menjalankan bisnis di Labuan berdasarkan Undang-Undang Pajak Bisnis Labuan tahun 1990 tetap harus menjalani penilaian berdasarkan Undang-Undang Pajak Keuntungan Real Estat tahun 1976 untuk pelepasan aset kena pajak.

komentar

Ruang lingkup CGT yang diusulkan dapat dikatakan merupakan pionir di Malaysia karena ini adalah pertama kalinya “Basis lebarPajak telah dikenakan atas pelepasan saham pada perusahaan-perusahaan Malaysia yang terdaftar di Bursa Malaysia, terlepas dari bisnis yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Saat ini, hanya keuntungan dari pelepasan saham di perusahaan properti yang dikenakan pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Keuntungan Properti tahun 1976.

Sedangkan konsep “Basis lebarPajak atas keuntungan atau keuntungan yang timbul dari pelepasan saham mungkin merupakan hal baru di Malaysia, namun ini bukanlah konsep baru. Banyak negara Asia, termasuk negara tetangga ASEAN seperti Thailand, Indonesia, Vietnam, Kamboja dan Myanmar, telah menerapkan CGT dengan tingkat dan cakupan yang berbeda-beda. Oleh karena itu CGT diperkenalkan Dalam dirinya sendiri Hal ini tidak dapat mengurangi daya saing Malaysia dibandingkan negara tetangganya di ASEAN.

Meskipun penerapan CGT atas keuntungan yang timbul dari pelepasan saham yang tidak dicatatkan mungkin berdampak jangka pendek pada merger dan akuisisi karena meningkatnya biaya pajak, diharapkan seiring berjalannya waktu, pasar akan beradaptasi untuk memperhitungkan biaya-biaya tersebut.

Perlu diketahui bahwa perjanjian perpajakan berganda dapat mempengaruhi jumlah sebenarnya pajak penghasilan komprehensif yang terutang, terutama untuk transaksi internasional atau badan asing yang beroperasi di Malaysia. Rincian pastinya bergantung pada spesifikasi masing-masing perjanjian pajak berganda. Karena ini merupakan perkembangan baru, kemungkinan besar rincian dan klarifikasi lebih lanjut akan diberikan oleh pemerintah Malaysia atau otoritas pajak. Saat Malaysia bersiap menghadapi rezim perpajakan baru ini, penting bagi dunia usaha dan investor untuk terus mengikuti perkembangan lanskap perpajakan.