POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seminggu sebelum pratinjau ekonomi: minggu 2 Mei 2022

Seminggu sebelum pratinjau ekonomi: minggu 2 Mei 2022

Di bawah ini adalah kutipan dari Pratinjau Ekonomi Minggu Depan terbaru dari S&P Global Market Intelligence. Untuk mendapatkan laporan lengkap, silakan klik tautan “Unduh laporan lengkap”.

Unduh laporan lengkapnya

Data PMI Global April, FOMC, pertemuan Bank of England, gaji AS

Paket minggu depan yang sibuk sama Rilis Data IMP Manufaktur dan Jasa April Memberikan update tentang kesehatan ekonomi global beserta pertemuan kebijakan bank sentral di keduanya Federal Reserve AS dan
Bank Inggris. Sementara itu pada bulan April Laporan pasar tenaga kerja AS Ini akan dirilis pada hari Jumat dengan serangkaian angka inflasi Juga dari perekonomian kawasan Asia Pasifik.

Terlepas dari beberapa kejutan pendapatan positif yang dibukukan sejauh ini dari perusahaan-perusahaan AS, pasar saham global masih terbebani oleh kekhawatiran tentang inflasi yang tinggi selama beberapa dekade, suku bunga yang tinggi, dan pertumbuhan global yang melambat (lihat laporan khusus). Masalah perlambatan pertumbuhan permintaan menjadi sangat menonjol dengan gangguan baru COVID-19 di Cina daratan dan perang Rusia-Ukraina. Petunjuk lebih lanjut tentang dampak hambatan ini akan dikumpulkan dari data PMI manufaktur dan jasa April mendatang.

Fokus juga bergeser ke pertemuan bank sentral, di mana pembuat kebijakan di AS, Inggris, dan Norwegia dijadwalkan bertemu. Secara khusus, The Fed dan Bank of England diperkirakan akan melanjutkan siklus kenaikan suku bunga mereka dan setiap pembaruan pada lintasan kebijakan masa depan mereka akan diawasi dengan ketat di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan mengganggu pertumbuhan. Seperti berdiri, flash PMI April telah mengindikasikan perlambatan pertumbuhan ekonomi di AS dan Inggris karena pemulihan pandemi yang kuat menunjukkan tanda-tanda memudar.

Dalam spreadsheet resmi, laporan pekerjaan AS untuk bulan April akan menjadi sorotan. Ekspektasi konsensus menunjukkan penambahan pekerjaan yang kuat untuk April sementara tingkat pengangguran tetap rendah, konsisten dengan Fed melanjutkan jalur kenaikan suku bunganya.

Sementara itu, angka IHK akan dirilis di berbagai negara di kawasan Asia Pasifik antara lain Taiwan, Thailand, dan Filipina. Flashback data PMI awal dari negara tetangga Jepang dan Australia mengindikasikan tekanan harga yang terus memburuk di tengah perang Ukraina dan penutupan China, menambah tekanan pada sentimen bisnis dan menambah kekhawatiran biaya hidup di bulan April.

READ  GMR bermitra dengan Angkasa Pura II untuk Bandara Medan di Indonesia

Fokus pada PMI untuk mendapatkan wawasan tentang kekuatan penawaran dan permintaan pada harga komoditas

IMP manufaktur yang akan dirilis minggu depan akan menjadi arah penting untuk harga komoditas. Kekurangan pasokan terkait pandemi ditambah dengan permintaan yang meningkat telah mengirim harga lebih tinggi, dengan Indeks Harga Bahan (MPI) IHS Markit meningkat 2,2% minggu lalu karena perang di Ukraina dan penguncian di China meningkatkan kekhawatiran akan kekurangan pasokan yang terus-menerus.

Namun, sementara pasokan tampaknya telah memburuk pada bulan April, sisi permintaan dari persamaan lebih tidak pasti: Perhatikan bahwa PMI Maret menunjukkan pertumbuhan produksi industri global turun ke level terendah 18-bulan, didorong oleh melambatnya pertumbuhan pesanan baru dan jatuhnya permintaan. perdagangan global. Anda harus memantau produksi dan indikator permintaan baru dari IMP manufaktur global bersama dengan indeks waktu pengiriman pemasok untuk panduan komprehensif tentang dasar-dasar penawaran dan permintaan untuk harga komoditas.

Makanan tentu saja merupakan salah satu area inflasi yang tidak akan terlalu rentan terhadap pendinginan permintaan industri. Invasi Rusia ke Ukraina memperburuk inflasi harga pangan global. Kedua negara secara tradisional merupakan pengekspor utama komoditas pertanian, tetapi sanksi dan perang itu sendiri telah mengganggu pasokan global gandum, jagung, dan minyak sayur, sehingga menaikkan harga (baca lebih lanjut dalam laporan khusus kami tentang inflasi komoditas pangan dan pertanian). Data PMI sektor yang terperinci menunjukkan inflasi harga jual produsen di industri makanan mencapai titik tertinggi sepanjang masa di bulan Maret, dan setiap kenaikan lebih lanjut dalam inflasi harga pangan global akan menambah tekanan biaya yang sudah mengkhawatirkan untuk tekanan hidup bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan berkembang.

Acara buku harian utama

Senin 2 Mei
Inggris Raya, Cina (daratan), Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, pasar liburan Thailand
Manufaktur PMI di seluruh dunia, termasuk. PMI Global* (April)
Penjualan Ritel Jerman (Maret)
IMP Manufaktur ISM AS (April)

Selasa 3 Mei
China (daratan), Jepang, Singapura, Malaysia, Indonesia, pasar liburan Filipina
IHK Korea Selatan (April)
Tingkat Uang Reserve Bank of Australia (Mei)
Tingkat Pengangguran Jerman (April)
Harga Produsen Zona Euro (Maret)
Tingkat Pengangguran Zona Euro (Maret)
Pesanan Pabrik AS (Maret)
Peluang Kerja di AS (Maret)

READ  New Optimis Indonesia Tumbuh Solid pada tahun 2024 dan Lebih Baik Lagi pada tahun 2025

Rabu 4 Mei
China (daratan), Jepang, pasar liburan Indonesia
Layanan Global dan PMI Komposit* (4-5 Mei)
Penjualan Ritel Australia (Maret)
Perdagangan Jerman (Maret)
Persetujuan dan Pinjaman Hipotek Inggris (Maret)
Penjualan Ritel Zona Euro (Maret)
Rekrutmen Nasional ADP AS (April)
Perdagangan Internasional AS (Maret)
Neraca Perdagangan Kanada (Maret)
PMI Non-Manufaktur ISM AS (April)
Pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal AS, tingkat target dana Federal Reserve

Kamis 5 Mei
Pasar liburan Jepang, Korea Selatan dan Indonesia
IHK Filipina (April)
Neraca Perdagangan Australia (Maret)
IHK Thailand (April)
Pesanan Industri Jerman (Maret)
Harga rumah Halifax Inggris * (April)
IHK Swiss (April)
Tingkat kebijakan utama Norwegia (5 Mei)
Bank of England Bank Rate (Mei)
Klaim pengangguran awal di Amerika Serikat

Jumat 6 Mei
China (daratan), pasar liburan Indonesia
Tingkat pengangguran di Swiss (April)
Output Industri Jerman (Maret)
IHK Taiwan (April)
IMP Konstruksi S&P Global/CIPS Inggris* (April)
Nonfarm Payrolls AS, Tingkat Pengangguran, Penghasilan Rata-Rata (April)
Tingkat Pengangguran Kanada (April)

* Siaran pers indikator yang dikeluarkan oleh S&P Global dan sponsor terkait
Itu bisa ditemukan di sini.

apa yang ingin kamu tonton

IMP Manufaktur dan Jasa Seluruh Dunia untuk April

Angka PMI April akan dirilis minggu depan untuk penilaian mendetail tentang situasi pertumbuhan setelah data Maret mengungkapkan perlambatan pertumbuhan global. Dorongan dari pandemi pembukaan kembali ekonomi barat membantu meredam beberapa pukulan dari Perang Ukraina dan kerusuhan Omicron pada bulan Maret. Namun, data awal April menunjukkan bahwa kenaikan lebih lanjut dalam tekanan harga membebani prospek pertumbuhan global. Rincian lengkap dari pertumbuhan global dan kondisi inflasi diharapkan dengan rilis data minggu depan.

Kembali ke situs kami
Evaluasi
Untuk daftar lengkap data PMI April dan tanggal rilis.

Amerika Utara: Pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal, laporan pekerjaan AS untuk April

Federal Reserve bertemu pada 3 dan 4 Mei untuk memperbarui kebijakan moneternya dengan konsensus saat ini menunjuk ke kenaikan 50 basis poin setelah kenaikan 25 basis poin diterapkan pada Maret. Menurut CME Fed Watch, pasar telah memperkirakan reli sebesar 50 poin per detik untuk bulan Mei dan mengharapkan kenaikan lebih lanjut sebesar 5-6 poin per detik sebelum akhir tahun. Meskipun tidak ada pembaruan prospek ekonomi yang diharapkan pada pertemuan mendatang, pernyataan dan konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell akan diawasi ketat oleh retorika Fed dengan kekhawatiran baru-baru ini tentang inflasi, perlambatan pertumbuhan global, dan implikasi dari pengetatan kebijakan.

READ  Indonesia memiliki peran utama dalam pengembangan ekonomi kreatif: Bapak Presiden

Laporan pasar tenaga kerja April akan mengikuti pada hari Jumat dengan konsensus menunjuk ke tambahan kuat 400.000 untuk non-farm payroll dan tingkat pengangguran tetap tidak berubah di 3,6%.

Eropa: Pertemuan Bank of England dan Bank of Norway

Bank of England (BOE) bertemu untuk ketiga kalinya tahun ini dan akan menerapkan kenaikan keempat berturut-turut sebesar 25 basis poin menurut konsensus. Survei flash PMI Inggris untuk bulan April mengindikasikan meningkatnya tekanan inflasi, mendukung sikap hawkish Bank of England. Namun, tanda-tanda perlambatan pertumbuhan ekonomi juga terlihat, yang dapat lebih ditekan oleh suku bunga yang lebih tinggi.

Asia Pasifik: Inflasi di Filipina, Thailand dan Taiwan

Di kawasan Asia Pasifik, serangkaian angka CPI April akan diharapkan di seluruh Taiwan, Filipina dan Thailand serta angka PMI. Tanda-tanda lebih lanjut dari kenaikan tekanan harga di tengah masalah pasokan yang sedang berlangsung akan diamati saat angka-angka ini dirilis.

Laporan Khusus

Kenaikan tambahan dalam tekanan harga di bulan April memberikan bayangan yang meningkat pada prospek pertumbuhan global – Chris Williamson

Ekonomi Korea Selatan melambat karena gelombang COVID-19 – Rajiv Biswas

Unduh laporan lengkapnya



IHS Markit menyediakan data, perangkat lunak, platform teknologi, dan layanan terkelola terdepan di industri untuk mengatasi beberapa tantangan terberat di pasar keuangan. Kami membantu klien kami lebih memahami pasar yang kompleks, mengurangi risiko, beroperasi lebih efisien, dan mematuhi peraturan keuangan.


Artikel ini diterbitkan oleh S&P Global Market Intelligence dan bukan S&P Global Ratings, sebuah divisi S&P Global yang dikelola secara terpisah.