POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Selandia Baru kirim tim medis ke PNG saat virus corona membebani sistem kesehatan

RNZ Pasifik

Tim dukungan medis dan logistik Selandia Baru telah pergi dengan persediaan penting untuk membantu Papua Nugini dengan krisis virus corona.

Asisten Menteri Luar Negeri Obito William Siew mengatakan pemerintah Papua Nugini secara resmi telah meminta dukungan kemanusiaan dan medis dari pemerintah mitra untuk menanggapi krisis kesehatan, dengan jumlah kasus, rawat inap dan kematian meningkat karena gelombang saat ini di delta.

Hingga 9 November, Papua Nugini telah mencatat 415 kematian akibat virus corona, dengan media lokal melaporkan bahwa sistem kesehatan tidak mampu menangani krisis medis.

Obito mengatakan Selandia Baru sangat sedih dengan meningkatnya korban jiwa di Papua Nugini akibat pandemi.

“Selandia Baru tetap berkomitmen untuk mendukung tetangganya di Pasifik dalam menanggapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19,” kata menteri.

“Dengan bekerja sama dengan mitra kami di kawasan ini, kami dapat memberikan kontribusi nyata untuk memerangi COVID-19,” kata Obito.

Komponen logistik yang terdiri dari dua orang logistik Angkatan Pertahanan Selandia Baru dan Petugas Kesehatan Lingkungan Angkatan Pertahanan Selandia Baru akan mendukung Pusat Kontrol Nasional Papua Nugini di Port Moresby.

Sebuah komponen medis yang terdiri dari dua dokter dan tiga perawat dari respon swasta Global, dua spesialis logistik darurat dan kebakaran Selandia Baru dan perwakilan dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan akan ditempatkan di Bougainville untuk mendukung Kementerian Kesehatan Bougainville.

“Sebagian besar tim berangkat Sabtu pagi dengan pesawat Angkatan Pertahanan Selandia Baru dan akan berbasis di Papua Nugini selama sekitar satu bulan,” kata Obito William Siew.

Sudah ada tim medis di lapangan dari Australia dan Inggris yang membantu Papua Nugini dengan krisis medis.

READ  Komodo, dua dari lima spesies hiu menuju kepunahan - The New Indian Express

Artikel ini telah diterbitkan ulang di bawah perjanjian kemitraan komunitas dengan RNZ.