POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekitar 1.300 restoran “Indonesia Membumbui Dunia”: Menteri

Sekitar 1.300 restoran “Indonesia Membumbui Dunia”: Menteri

Jadi, harapan kami adalah mengundang lebih banyak (pesta) pembukaan restoran Indonesia dalam dua atau tiga tahun ke depan.

KUALA LUMPUR (Andara) – 1.300 restoran di berbagai negara di dunia memiliki konsep “Indonesia Spice Up the World”, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaka Uno.

“Saat ini 1.300 restoran di seluruh dunia bertemakan ‘Indonesia Spice Up the World’, jadi kita punya 2.700 lebih konten. Malam ini kita tambah satu lagi, jadi kita punya 2.699 lagi (untuk mencapai target),” di Kuala Lumpur pada Jumat (17/3) malam, kata Uno usai launching Indonesia Spice Up the World dan Ruma Mahan Nusantara di Hotel Sunway Putra.

Pemerintah menargetkan pendirian empat ribu restoran dengan konsep “Indonesia Spice Up the World” pada 2024.

Menurut Menkeu, harus lebih didorong untuk lebih memperkenalkan konsep “Indonesia Spice Up the World” ke seluruh pelosok dunia.

Menurut Uno, pemerintah Indonesia ingin menjadi gerakan yang memfasilitasi konsep ini, namun diharapkan pihak swasta, masyarakat, dunia usaha dan diaspora ikut mengembangkannya.

“Jadi, harapan kami bisa mengundang lebih banyak (pihak) untuk pembukaan restoran Indonesia dalam dua sampai tiga tahun ke depan,” tegasnya.

Uno mengatakan, iklan dan kampanye melalui media sosial dan kekuatan diaspora merupakan strategi untuk menarik lebih banyak pihak untuk membuka restoran dengan konsep “Indonesia Spice Up the World” di berbagai belahan dunia.

Menteri sangat senang Rumah Makan Nusantara yang akan mulai beroperasi pada Agustus 2023 akan menjadi restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia. Lebih dari 20 menu khas Indonesia tersaji pada malam peluncuran tersebut, dan sajian yang disajikan sangat khas Indonesia seiring dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh musisi Indonesia.

READ  Kementerian siap menghadapi hoaks dan ekstremisme menjelang pemilu 2024

Uno memuji pemilihan nama Nusantara, nama ibu kota negara Indonesia yang baru. Restoran tersebut diharapkan benar-benar mewakili Indonesia dan Malaysia sebagai negara sahabat.

“Kami berbagi akar yang sama dan rempah-rempah yang kami gunakan dalam makanan kami juga sama. Jadi, kami berharap dapat memperkenalkannya ke lebih banyak negara,” kata Uno.

Wilfred Yeo Cha, Senior General Manager Sunway Hotels & Resorts, mengatakan Sunway Putra Hotel menerima tantangan untuk menjadi salah satu dari empat ribu restoran Indonesia baru di luar negeri sebagai bagian dari kampanye Indonesia Spice Up the World.

Ia mengatakan, Rumah Makan merupakan restoran asli Indonesia pertama dan satu-satunya di Malaysia yang berlokasi di Hotel Nusantara.

Dia mencatat, restoran yang akan dibuka pada kuartal ketiga 2023 ini akan memiliki 150 kursi dan akan menawarkan berbagai hidangan ala carte Indonesia, termasuk Mie Tek-tek, Nasi Goreng Kambing (nasi goreng kambing) ala Kebon Sirih, Madura. Sathai, Sate Padang, Ketoprak dan Soto Petawi, Dongcheng.

“Para tamu akan merasa seperti berada di Indonesia tanpa memerlukan paspor untuk bepergian,” katanya.

Berita Terkait: Indonesia Membumbui Dunia Bali Promosikan Pariwisata
BERITA TERKAIT: “Indonesia Membumbui Dunia” Untuk Dongkrak Industri Kuliner: Uno
Berita terkait: Jokowi menghadiahkan rempah-rempah Indonesia sebagai oleh-oleh untuk para pembalap MotoGP

Diterjemahkan oleh: Virna B Cediorini, Cindy Frishanti Octavia
Pengarang : Sri Haryati
Hak Cipta © ANTARA 2023