POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah studi kasus dari Indonesia menunjukkan bahwa solusi dLab dapat mengarah ke

Sebuah Melaporkan dari Jaringan Investor Teknologi Bersih Cleantech Scandinavian menunjukkan hal itu Pintar Platform Analisis Jaringan dari Dlaboratory Sweden AB (Umum) Bisa secara dramatis Mengurangi emisi Di negara-negara di mana generator diesel digunakan sebagai pendukung selama pemadaman listrik. Itu tahunan Emisi yang terhindarkan diperkirakan mencapai 1,4 juta ton setara karbon dioksida.

Di banyak negara di dunia, pemadaman listrik didukung oleh generator diesel atau bensin dalam negeri. Sekitar 8% dari kapasitas global terpasang yang disebut generator cadangan (atau BUGS) ada di Indonesia, dan negara ini juga mengalami pemadaman listrik yang sering dan berkepanjangan: durasi tahunan rata-rata adalah 960 menit per pelanggan dan pengulangan rata-rata 10 kali per pelanggan ( Laporan Tahunan Perusahaan Listrik Negara 2018).

Jaringan investor Cleantech Skandinavia telah membuat prediksi tentang dampak iklim dari teknologi yang digunakan dLab, berdasarkan potensi dLab akan diluncurkan di 10 persen jaringan perusahaan energi Indonesia Perusahaan Listrik Negara selama periode lima tahun. Solusi dLab dapat mengurangi pemadaman dan dengan demikian kebutuhan akan bug BUGS, selain memungkinkan utilitas untuk memahami dan dengan demikian mengurangi daya reaktif di jaringan listrik. Ini juga dapat memfasilitasi penambahan sumber energi terbarukan.

Berdasarkan faktor-faktor ini, laporan tersebut menunjukkan bahwa solusi dLab dapat mendukung transisi ke sistem energi berkelanjutan di Indonesia. Dalam angka, ini berarti emisi tahunan yang berpotensi dapat dihindari sebesar 1,4 juta ton CO2eq jika dLab diterapkan di seluruh jaringan, sebagai perkiraan konservatif. Dampak positif lainnya, yang tidak diinvestigasi dalam laporan tersebut, termasuk potensi penghematan karena pemeliharaan dan pengoperasian yang lebih efisien.

Laporan itu sampai pada beberapa kesimpulan pembuka. Menghindari pemadaman, dan dengan demikian meningkatkan keandalan jaringan, dapat menjadi keuntungan langsung, tetapi efek jangka panjang dari penggunaan solusi kami melampaui itu, kata Henrik Winberg, Manajer Operasi.

READ  Amerika Serikat dan Indonesia melakukan latihan pertahanan terbesar untuk pulau itu

Laporan tersebut selanjutnya menyimpulkan bahwa efek sistemik solusi tersebut melebihi emisi yang dapat dihindari. Dengan mempertimbangkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa, solusi dLab menambahkan dampak positif yang signifikan pada berbagai tujuan, di antaranya adalah: SDG 3 – Kesehatan dan kesejahteraan yang baik (kurangi / hilangkan generator); Sasaran 7 – Energi yang Terjangkau dan Bersih (Meningkatkan Keandalan Sistem Tenaga Listrik); Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 8 – Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, dan Tujuan 9 – Industri, inovasi dan infrastruktur (meningkatkan jaringan listrik dapat meningkatkan perekonomian nasional).