POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah planet kerdil yang dekat dengan Mars mungkin memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menopang kehidupan

Sebuah planet kerdil yang dekat dengan Mars mungkin memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menopang kehidupan

Sebuah planet kerdil bernama Ceres dapat memberikan beberapa wawasan mengejutkan tentang upaya kita menemukan kehidupan asing di tata surya kita. Planet kecil ini terletak di dekat Mars, dan sebuah studi baru menunjukkan bahwa planet kerdil tersebut mengandung sejumlah besar bahan organik yang ditemukan di planet tersebut.

Ceres terletak di dalam sabuk asteroid yang terletak di antara Jupiter dan Mars, dan sementara planet kerdil tersebut memainkan peran penting dalam berbagai cerita fiksi ilmiah, seperti PerpanjanganPlanet kerdil ini juga menjadi sasaran penelitian ilmiah karena mengandung sejumlah besar bahan organik di planet tersebut.

Keberadaan senyawa tersebut pertama kali diketahui pada tahun 2017 berkat pesawat luar angkasa Dawn. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa organik di Ceres mungkin tersebar lebih luas dari yang diperkirakan, sehingga menunjukkan bahwa Ceres mungkin menyimpan tanda-tanda kehidupan di luar bumi.

Sumber gambar: Dmitry/Adobe

Bahan organik yang ditemukan di Ceres, dikombinasikan dengan kandungan es air dalam jumlah besar di planet kerdil tersebut, menunjukkan bahwa planet tersebut mungkin mengandung unsur-unsur penting untuk mendukung kehidupan di luar bumi. Para ilmuwan membuat penemuan ini dengan menggabungkan dua kumpulan data berbeda, yang memungkinkan para peneliti memetakan kawasan yang kaya akan potensi bahan organik di Ceres yang dapat mendukung kehidupan.

Jenis penemuan ini terus menggarisbawahi pentingnya peran senyawa dan bahan organik dalam pencarian kita akan kehidupan di luar bumi, terutama karena penjelajah NASA terus menemukan bukti unsur dasar kehidupan di Mars.

READ  Para ilmuwan telah menemukan penjelasan tentang lubang gravitasi masif di Samudera Hindia

Ini adalah bukti yang sangat menarik, apalagi mengingat sudah lama kita mencari tanda-tanda kehidupan di luar angkasa. Mungkin studi masa depan tentang planet kerdil seperti Ceres, serta bahan penyusun kehidupan dan bahan organik di Mars dan planet lain, dapat membantu kita lebih memahami bagaimana kehidupan berkembang di alam semesta kita.

itu Studi baru Pertama kali dipresentasikan pada pertemuan GSA Connects 2023 Geological Society of America bulan ini, pengamatan Ceres di masa depan dapat membantu kita menemukan lebih banyak tentang potensi kehidupan di planet kerdil tersebut.